Pengaruh Model Cooperative Learning Type STAD Berbantuan Media Puzzle Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD

Authors

  • cholifah Dina Universitas PGRI Palembang
  • Jumroh, Noviati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27415

Keywords:

Cooperative Learning Type STAD , Puzzle , Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model cooperative learning type STAD berbantuan media puzzle terhadap minat belajar siswa SD. Penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen yaitu quasi eksperimental desain nenoquivalent control grup desain. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV.A dan IV.C dengan jumlah 58 siswa dengan Teknik sampel purposive sampling dengan pertimbangan dan kriteria tertentu. Berdasarkan dari hasil analisis data dan pembahasan didapatkan thitung 10.764 dan tabel = 2,003. Dengan ⍺ = 0,05 dan df= 56, maka thitung ≥ ttabel sehingga Hₒ ditolak. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan Model cooperative learning type STAD berbantuan media puzzle terhadap minat matematika siswa SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antoro, B., Meilisa Amelia, M., Hakim, L., & Rozi, F. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Puzzle untuk Meningkatkan Minat

Belajar Siswa SDN 064024 Medan. Madaniya, 4(1), 399–404.

Ayu, R. R., & Sobri, M. (2024). Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. 3(1), 201–210.

Dalimunthe, H. A. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Matematika pada Anak usia dini (6-10 tahun) Komunitas Kampung Aur. Jurnal Social Library, 1(2), 49–53.

Inas Fauziah Farda, & Nurrohmatul Amaliyah. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas 2 SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1346–1357.

Mawanti, N. D., & Cholily, Y. M. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Tunagrahita Menggunakan Model STAD Berbantuan Puzzle di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(1), 28–39.

Musabihatul, K., & Mijahamuddin, A. (2020). Pengembangan Media Puzzle Pecahan Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementary, 3(2), 102–106.

Mutmainah, S. (2022). Model-model pembelajaran. Pt. Literasi nusantara abadi.

Nuraini, Y., Yarmi, G., & Lestari, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 5432–5445.

Nurhanifah, T., & Kholifah, S. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Teknik Pembelajaran Kooperatif Stad pada Materi Statistika di Kelas X Kuliner 5 Smk Negeri 8 Surabaya. 2(2).

Nurhayati, & Nasution, J. S. (2022). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII Smpit Fajar Ilahi Batam. Jurnal AS-SAID, 2(1), 100–115.

Sirait, F. N. S., Panjaitan, M. B., & Thesalonika, E. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Matematika. Sukma: Jurnal Pendidikan, 7(1), 23.

Taprida, I., & Sriyanto. (2024). Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Lerning Type STAD Berbantu Media Papan Pintar Bilangan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Sindoro Cendekia Pendidikan, 5.

Widiati, Sridana, N., Kurniati, N., & Amrullah, A. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 885–892.

Wulansari, W., Anggraeni, P., & Kusnandar, N. (2023). Matematika Pada Materi Operasi Hitung Pecahan. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 2(3), 297–308.

Published

2025-07-06