Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 68 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27400Keywords:
Animation Media, Learning Outcomes, IndonesianAbstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi experimental design Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu kelas 4a, 4b, dan 4c, sedangkan sampelnya kelas 4a dan 4b. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes soal, sedangkan Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis (Uji-t). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia yang dilihat dari uji hipotesis berupa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan thitung 4,580 > 2,024 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Media Animasi, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaDownloads
References
Aisyah Fadilah, K. R. (2023).
Pengertian Media, Tujuan,
Fungsi, Manfaat Dan Urgensi
Media Pembelajaran. Journal
of Student Research (JSR) .
Fauzan Sulman, T. M. (2021).
Pengaruh Media Animasi
Berkarakter Islami Terhadap
Hasil Belajar. Jurnal
Pendidikan .
Friendha, Y. (2020). Pengembangan
Media Video Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial.
Jurnal Pendidikan Dasar , 91-
100.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2022).
PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN. Jakarta:
KENCANA.
Moto, Maklonia Meling. (2019).
Penggunaan media
pembelajaran. Indonesian
Journal of Primary Education,
Vol.3, 20-28.
Novita, L., Sukmanasa, E., &
Pratama, M. Y. (2019).
Penggunaan Media
Pembelajaran Video Terhadap
Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal
Primary Education , 64-72.
Oktaviani, Suwatra, & Murda. (2019).
Pengaruh Model Pembelajaran
Snowball Throwing Berbantuan
Media Audivisual terhadap
Hasil Belajar Bahasa Indonesia
. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar ,
89-97.
Pagarra, H., & dkk. (2022). Media
Pembelajaran. (B. P. UNM,
Ed.) Gunungsari.
Purwono, A. &. (2021). Pengaruh
Media Pembelajaran Audio
Visual Muatan IPA Subtema
Benda Tunggal dan Campuran
Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas V MI Setia Bhakti trawas.
Jurnal Program Studi PGMI .
Susanto, A. (2019). Teori belajar dan
pembelajaran di sekolah dasar.
Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.