Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 68 Palembang

Authors

  • annisa fitriani Universitas PGRI Palembang
  • Ilham Arvan Junaidi Universitas PGRI Palembang
  • Imelda Ratih Ayu Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27400

Keywords:

Animation Media, Learning Outcomes, Indonesian

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi experimental design Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu kelas 4a, 4b, dan 4c, sedangkan sampelnya kelas 4a dan 4b. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes soal, sedangkan Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis (Uji-t). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia yang dilihat dari uji hipotesis berupa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan thitung 4,580 > 2,024 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Media Animasi, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah Fadilah, K. R. (2023).

Pengertian Media, Tujuan,

Fungsi, Manfaat Dan Urgensi

Media Pembelajaran. Journal

of Student Research (JSR) .

Fauzan Sulman, T. M. (2021).

Pengaruh Media Animasi

Berkarakter Islami Terhadap

Hasil Belajar. Jurnal

Pendidikan .

Friendha, Y. (2020). Pengembangan

Media Video Pembelajaran

Ilmu Pengetahuan Sosial.

Jurnal Pendidikan Dasar , 91-

100.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2022).

PENGEMBANGAN MEDIA

PEMBELAJARAN. Jakarta:

KENCANA.

Moto, Maklonia Meling. (2019).

Penggunaan media

pembelajaran. Indonesian

Journal of Primary Education,

Vol.3, 20-28.

Novita, L., Sukmanasa, E., &

Pratama, M. Y. (2019).

Penggunaan Media

Pembelajaran Video Terhadap

Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal

Primary Education , 64-72.

Oktaviani, Suwatra, & Murda. (2019).

Pengaruh Model Pembelajaran

Snowball Throwing Berbantuan

Media Audivisual terhadap

Hasil Belajar Bahasa Indonesia

. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar ,

89-97.

Pagarra, H., & dkk. (2022). Media

Pembelajaran. (B. P. UNM,

Ed.) Gunungsari.

Purwono, A. &. (2021). Pengaruh

Media Pembelajaran Audio

Visual Muatan IPA Subtema

Benda Tunggal dan Campuran

Terhadap Hasil Belajar Siswa

Kelas V MI Setia Bhakti trawas.

Jurnal Program Studi PGMI .

Susanto, A. (2019). Teori belajar dan

pembelajaran di sekolah dasar.

Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2025-07-06