ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI SIRAH NABAWIYAH BERBASIS PERMAINAN ULAR NAGA DI PKBM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27397Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Sirah Nabawiyah, Permainan Ular NagaAbstract
Penelitian ini menganalisis penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi Sirah Nabawiyah melalui permainan ular naga. Penggunaan metode ceramah yang monoton dan rendahnya minat belajar peserta didik terhadap Pendidikan Agama Islam menjadi latar belakang penelitian ini. Pendekatan deskriptif kualitatif diterapkan dalam penelitian yang dilakukan di PKBM Permata Sunnah Sidoarjo. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan ular naga dapat meningkatkan antusiasme, keterlibatan aktif, dan pemahaman peserta didik tentang Sirah Nabawiyah. Respons positif peserta didik ditunjukkan dengan peningkatkan sikap religius mereka, pemahaman akan nilai-nilai keislaman, dan kemampuan menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Penggabungan lantunan ayat Al Qur’an dalam permainan turut membangun suasana pembelajaran bernuansa religius dan penuh makna. Dapat disimpulkan bahwa permainan ular naga terbukti menjadi strategi inovatif yang efektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di lingkungan Pendidikan nonformal.
Downloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.
and Ria Rahmatul Istiqomah, Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, D. J. S. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. 1st ed. edited by H. Abadi. Yogyakarta: Pustaka Ilmu. 1st ed. edited by H. Abadi. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Dahirin, & Rusmin. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dirasah, 7(2), 762–771. http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v13i1.718
Dasar, S. S., Maryanti, E., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Jurnal basicedu. 5(5), 4212–4226.
Hal, Y., Jurnal, K., & Sosial, I. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Aktif oleh Guru PAI dalam Meningkatkan. 2(1), 174–178.
Hidayat, S. K., Ramadlon, D. A., Astutik, A. P., & Sidoarjo, U. M. (2023). Model Pengembangan Media Poster Dalam Pembelajran Al-Qur’an Materi Surat Al-Ma’un. 4(1), 138–150.
Islam, P. A., Pekerti, B., Pelajaran, B. T., Ix-, K., & Kunci, K. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Diskusi dan Metode Presentasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Perilaku Jujur Kelas IX-4 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2022 / 2023. 3, 110–123.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Mengenal, P., & Bilangan, K. (2024). ISSN 3030-8496 Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 1(2).
Motivation, L. (2024). Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran PAI di Sekolah Negeri. 6(2), 592–608.
Muallifah, H. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pai Pada Siswa Smp Mutiara Bangsa Gunung Kaler Kabupaten …. Jurnal Tahsinia, 5(2), 154–166. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/196%0Ahttp://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/download/196/271
Mursyid, A. A., Setiawan, C., & Solihin, M. (2022). Pengaruh Zikir Lazimah terhadap Ketenangan Jiwa Para Santri yang Terkena Stress. Jurnal Riset Agama, 2(2), 264–275. https://doi.org/10.15575/jra.v2i2.18144
Muttaqin, M. F., & Fauji, I. (n.d.). The Effect of Flashcard Media in Improving Memorization of Daily Prayers at SDN 2 Wringinanom [ Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Hafalan Doa Sehari- hari di SDN 2 Wringinanom ]. 1–8.
Naga, U., Sekolah, D. I., & Pertama, M. (2024). 1 , 2 1,2. 09.
Ningsih, S. O. (2022). Peranan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Guau: Jurnal Pendidikan Profesi Guru …, 2, 281–288.
Nofmiyati, N., Miftahuddin, M., & Zatrahadi, M. F. (2023). Analisis Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Agama Islam: Analisis Studi Literatur. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan, 4(1), 7. https://doi.org/10.24014/japkp.v4i1.24983
Nurdiana, R. (2023). Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Permainan terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2023, 1.2: 53-58. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+pembelajaran+berbasis+permainan&btnG=
Operasionalnya, P. D. A. N. (n.d.). Penelitian kualitatif.
Pendidikan, J., & Volume, I. (2024). Vicratina : Jurnal Pendidikan Islam Volume 9 Nomor 4 Tahun 2024 e-ISSN: 2087-0678X. 9.
Penelitian, J., & Indonesia, P. (2025). Perencanaan pembelajaran. 2(2), 169–177.
Silmi, B., Fariyatul Fahyuni, E., & Puji Astutik, A. (2022). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Sekolah Dasar. Al-Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(2), 135–146. https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.370
Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Studi, P., Agama, P., Studi, P., & Fisika, P. (n.d.). Reza Alivia. 45–55.
Tsaniyatus Sa’diyah. (2022). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Kasta : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan, 2(3), 148–159. https://doi.org/10.58218/kasta.v2i3.408
Zaini Hafidh, D. (2022). metod pengajaran Qiraat Jurnal Pendidikan Agama Islam 2022. Mumtaz:Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1, 99–107.
Zulkhi, M. D. (2021). Perbandingan Permainan Modern dan Permainan Tradisional Terhadap Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. 2(2), 42–46. https://doi.org/10.37251/jber.v2i2.196
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















