Analisis Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Berdeferensiasi di SDN 230 Palembang

Authors

  • alda aprillita Universitas PGRI Palembang
  • M Taheri Akbar Universitas PGRI Palembang
  • Bambang Hermansah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27392

Keywords:

Learning Outcomes, differentiation metho

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa dalam kondisi keaktifan belajar siswa SDN 230 Palembang sekarang mengalami peningkatan terutama pada proses pembelajaran yang diterapkan dalam metode berdeferensiasi, membuat anak – anak lebih banyak berinovasi dan berkreasi saat melakukan proses pembelajaran dikelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa saat melakukan proses pembelajaran dikelas melalui metode berdefrensiasi ini pada siswa kelas 1B SD Negeri 230 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan Teknik pengambilan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa dengan menggunakan metode berdeferensiasi dapat melihat hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dikelas dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B Hermansah, (2018). Pengaruh

Latihan Bola Digantung

Terhadap Hasil Shotting pada

Siswa Ekstrakulikuler Bola

Tangan Kelas VIII SMP N 5

Indralaya Utara, Universitas

Pgri Palembang.

Faiz, A.,& Farida, F,. (2022). Program

Guru Penggerak Sebagai

Sumber Belajar.

Konstruktivisme: Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran,

14(1), 82 – 88.

https://doi.org/10.35457/konstr

uk.vI4iI.18756

Herwira, W. (2021). Optimalisasi

Kebutuhan Siswa Dan Hasil

Belajar Denan Pembelajaran

Berdeferensiasi, Jurnal

Perspektif Ilmu Pendidikan,

35(2),. 175-182.

Hartatik, S. (2022). Penerapan

Problem Based Learning

Dalam Meningkatkan Motivasi

Dan Hasil Belajar Siswa Sesuai

Kurikulum Merdeka,

Vocational: Jurnal Inovasi

Pendidikan Kejuruan, 2(4),335-

346.Inayati, U. (2022, August). Konsep

dan Implementasi Kurikulum

Merdeka pada Pembelajaran

Abad-21 di SD/MI. In ICIE:

International Conference on

Islamic Education (Vol. 2, pp.

293-304).

Marcella, N., Putri, S., Guru, P.,

Dasar, S., Pendidikan, F. I., &

Surabaya, U. N. (n.d). Analisis

Pembelajaran Berdeferensiasi

untuk Meningkatkan

Keterampilan Berpikir Kristis

pada Muatan IPS SD Putri

Rachmadyanti Abstrak. 1-15.

Marlina. (2020 ). Strategi

pembelajaran berdeferensiasi

di sekolah insklusif. CV. Afifa

Utama.

Series, F. N. (2020). Implementasi

Pembelajaran Berdeferensiasi

dengan Model Problem Based

Learning pada Siswa Sekolah

Dasar Kelas VI. Tunas

Nusantara, 4(2), 492-498.

https://doi.org/10.34001/jtn.v4i

2.3782.

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., &

Nasution, G. (2022).

Penerapan Pembelajaran IPS

Berdeferensiasi pada

Kurikulum Merdeka Belajar.

Jurnal Harmony, 7(2).

Urang, R. O. (2020). Persepsi Guru

Sosiologi Terhadap Penerapan

Kurikulum 2013 Di Sman

Negeri 1 Maurole Kabupaten

Ende, Jurnal Ilmu Pendidikan

(JP), 5(2), 27-33.

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya

Mengetahui Gaya Belajar

Siswa Dalam Kegiatan

Pembelajaran di Kelas. Erudio

Journal of Educational

Innovation, 2(1).

https://doi.org/10/18551/erudio

.2-1.2.

Zebua, Y., Zagoto, M. M., & Dakhi, O.

(2022). Upaya Peningkatan

Hasil Belajar Mahasiswa

Melalui Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Instruction pada Mata Kuliah

Hidrolika. Edukatif: Jurnal Ilmu

Pendidikan, 4(3), 3761–3770.

https://doi.org/10.31004/edukat

if.v4i3 .2730

Downloads

Published

2025-07-09