Analisis Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Berdeferensiasi di SDN 230 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27392Keywords:
Learning Outcomes, differentiation methoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa dalam kondisi keaktifan belajar siswa SDN 230 Palembang sekarang mengalami peningkatan terutama pada proses pembelajaran yang diterapkan dalam metode berdeferensiasi, membuat anak – anak lebih banyak berinovasi dan berkreasi saat melakukan proses pembelajaran dikelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa saat melakukan proses pembelajaran dikelas melalui metode berdefrensiasi ini pada siswa kelas 1B SD Negeri 230 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan Teknik pengambilan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa dengan menggunakan metode berdeferensiasi dapat melihat hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dikelas dengan kategori baik.Downloads
References
B Hermansah, (2018). Pengaruh
Latihan Bola Digantung
Terhadap Hasil Shotting pada
Siswa Ekstrakulikuler Bola
Tangan Kelas VIII SMP N 5
Indralaya Utara, Universitas
Pgri Palembang.
Faiz, A.,& Farida, F,. (2022). Program
Guru Penggerak Sebagai
Sumber Belajar.
Konstruktivisme: Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran,
14(1), 82 – 88.
https://doi.org/10.35457/konstr
uk.vI4iI.18756
Herwira, W. (2021). Optimalisasi
Kebutuhan Siswa Dan Hasil
Belajar Denan Pembelajaran
Berdeferensiasi, Jurnal
Perspektif Ilmu Pendidikan,
35(2),. 175-182.
Hartatik, S. (2022). Penerapan
Problem Based Learning
Dalam Meningkatkan Motivasi
Dan Hasil Belajar Siswa Sesuai
Kurikulum Merdeka,
Vocational: Jurnal Inovasi
Pendidikan Kejuruan, 2(4),335-
346.Inayati, U. (2022, August). Konsep
dan Implementasi Kurikulum
Merdeka pada Pembelajaran
Abad-21 di SD/MI. In ICIE:
International Conference on
Islamic Education (Vol. 2, pp.
293-304).
Marcella, N., Putri, S., Guru, P.,
Dasar, S., Pendidikan, F. I., &
Surabaya, U. N. (n.d). Analisis
Pembelajaran Berdeferensiasi
untuk Meningkatkan
Keterampilan Berpikir Kristis
pada Muatan IPS SD Putri
Rachmadyanti Abstrak. 1-15.
Marlina. (2020 ). Strategi
pembelajaran berdeferensiasi
di sekolah insklusif. CV. Afifa
Utama.
Series, F. N. (2020). Implementasi
Pembelajaran Berdeferensiasi
dengan Model Problem Based
Learning pada Siswa Sekolah
Dasar Kelas VI. Tunas
Nusantara, 4(2), 492-498.
https://doi.org/10.34001/jtn.v4i
2.3782.
Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., &
Nasution, G. (2022).
Penerapan Pembelajaran IPS
Berdeferensiasi pada
Kurikulum Merdeka Belajar.
Jurnal Harmony, 7(2).
Urang, R. O. (2020). Persepsi Guru
Sosiologi Terhadap Penerapan
Kurikulum 2013 Di Sman
Negeri 1 Maurole Kabupaten
Ende, Jurnal Ilmu Pendidikan
(JP), 5(2), 27-33.
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya
Mengetahui Gaya Belajar
Siswa Dalam Kegiatan
Pembelajaran di Kelas. Erudio
Journal of Educational
Innovation, 2(1).
https://doi.org/10/18551/erudio
.2-1.2.
Zebua, Y., Zagoto, M. M., & Dakhi, O.
(2022). Upaya Peningkatan
Hasil Belajar Mahasiswa
Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Instruction pada Mata Kuliah
Hidrolika. Edukatif: Jurnal Ilmu
Pendidikan, 4(3), 3761–3770.
https://doi.org/10.31004/edukat
if.v4i3 .2730
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.