Pengaruh Media Video Animasi ‘Energi Panas’ terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27309Keywords:
Writing Skills, Animated Video, Explanation TextAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas V SDIT At-Taubah Smart. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 65,7 saat pretest menjadi 85,2 saat posttest. Temuan ini mengindikasikan bahwa media video animasi efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi di tingkat sekolah dasar.
Downloads
References
Indihadi, D. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Alfabeta.
Kosasih, E. (2019). Jenis dan Struktur Teks dalam Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Lestari, D. D., Sulistyawati, I., & Wardani, I.S. (2022). Pemanfaatan media video animasi terhadap hasil belajar sistem pencernaan manusia sekolah dasar. Jurnal ilmu sosial pendidikan dan humaniora, 1(2), 01-05.
Lestari, R. (2022). "Penggunaan Media Animasi dalam Pembelajaran." Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2).
Palimbong, Y. W. (2020). "Peran Media Video Animasi dalam Pembelajaran Sains." Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1).
Pratiwi, M. (2021). Media Pembelajaran Interaktif. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunami, M.A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis zoom meeting terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1940-1945.
Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















