PENGARUH INFLUENCER MARKETING SEBAGAI STRATEGI DIGITAL MARKETING TERHADAP IMPLEMENTASI RENCANA USAHA

Authors

  • Takdirmin Takdirmin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Septianingsih Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Justika Sukri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Reski Nurasmi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Azizah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27307

Keywords:

Kata Kunci: Influencer Marketing, Rencana Usaha, Promosi Digital

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam dunia usaha, terutama dalam hal perencanaan dan pelaksanaan strategi pemasaran. Salah satu strategi yang banyak digunakan saat ini adalah influencer marketing, yaitu promosi produk atau jasa melalui tokoh di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh influencer marketing sebagai bagian dari strategi digital marketing terhadap pelaksanaan atau implementasi rencana usaha, khususnya pada pelaku usaha mikro dan kecil (UMKM) di sektor kuliner. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari delapan pelaku usaha dan empat influencer lokal di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer marketing dapat membantu meningkatkan visibilitas merek dan menarik minat konsumen. Namun efektivitas strategi ini sangat bergantung pada keselarasan antara karakteristik influencer dengan target pasar. Selain itu, sebagian besar pelaku usaha belum merencanakan dan memutar strategi ini secara sistematis. Hambatan lainnya adalah kerja sama dengan influencer biasanya hanya berlangsung dalam jangka pendek, sehingga tidak memberikan dampak berkelanjutan terhadap loyalitas konsumen dan pertumbuhan usaha. Penelitian ini menyimpulkan bahwa influencer marketing bisa menjadi strategi promosi yang efektif, jaminan diterapkan dengan perencanaan yang matang, pemilihan influencer yang tepat, serta evaluasi yang terukur dan berkelanjutan. .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erwansyah, E., Saragih, R., & Purba, T. O. H. (2022). Penguatan Digitalisasi Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Pelaku Umkm Perempuan Di Kota Medan, Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat METHABDI, 2(2), 137–144. https://doi.org/10.46880/methabdi.vol2no2.pp137-144

Marlina Leni, D. (2020). Digital Marketing. In Ridwan (Ed.), Widina bhakti Persada Bandung (p. 30). Widina.

Muti, T. N., Frimansyah, F., & Malang, I. (2025). Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Digital Marketing , dan Product Quality Terhadap Purchse Decision : Studi Produk Make Over di E- Commerce Shopee Kota Malang. 6(3), 1264–1277. https://doi.org/1047467/elmal.v6i3.6698

Ni kadek Rhisma Yudiyana Pratiwi, I. M. A. (2025). Penggunaan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pendapatan pada Startup Kerta Sari Utama Transport. Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 227–236. https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.47164

Oktaviyana, A. (2023). Analisis Dan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen. Circle Archive, 01(06). http://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/21%0Ahttp://circle-archive.com/index.php/carc/article/download/21/16

Radiansyah, E. (2022). Peran Digitalisasi Terhadap Kewirausahaan Digital Tinjauan Literatur Dan Arah Penelitian Masa Depan. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI Unsrat), 9(23), 828–837. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.41351

Raharjo, V. S., Sukoco, I., Safa’atul Barkah, C., Jamil, N., & Novel, A. (2023). Penerapan Strategi Influencer Marketing melalui Media Sosial The Implementation of Influencer Marketing Strategy Through Social Media. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 10(1), 86–99. https://doi.org/10.31289/jkbm.v10i1.9979

Ramadaey Bangsa, J., Indah Isnawati, S., Fauzi, I., Siswati, A., & Aziz, A. (2024). Implications of the Influence of Digital Marketing in Increasing MSME Product Sales. Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 34–42. http://jibaku.unw.ac.id

Rasida Salwa, Noor Adinda S.F Lubis, D. lestari. (2020). Peran Internet dalam Transformasi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 528–542. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jiem.v3i1.3745

Sanjaya, A. F., & Rudianto, B. (2023). Implementasi Metode V_Shape Dalam Perancangan Sistem Informasi Influencer Marketing. Journal of Information System, Informatics and Computing, 7(1), 97. https://doi.org/10.52362/jisicom.v7i1.1095

St. Rukaiyah, Rahmat Laan, Y. L. B. (2025). PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT , DIGITAL MARKETING , DAN INOVASI TERHADAP KINERJA USAHA KECIL DI KOTA. JOMEL, 5(1), 1321–1333. https://doi.org/https://doi.org/10.58191/jomel.v5i1.377

Susilo, A. S. H. (2020). Penggunaan Web Sebagai Salah Satu Pendukung Strategi Pemasaran Produk Oleh Perusahaan Kusuma Agro Industri Batu. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 5(2), 76459. https://www.neliti.com/publications/76459/penggunaan-web-sebagai-salah-satu-pendukung-strategi-pemasaran-produk-oleh-perus

Timoty Agustian Berutu, Dina Lorena Rea Sigalingging, Gaby Kasih Valentine Simanjuntak, & Friska Siburian. (2024). Pengaruh Teknologi Digital terhadap Perkembangan Bisnis Modern. Neptunus: Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(3), 358–370. https://doi.org/10.61132/neptunus.v2i3.258

Wirapraja, A., Hariyanti, N. T., & Aribowo, H. (2023). Kajian Literatur Dampak dan Pengaruh Digital Influencer Marketing terhadap Perkembangan Strategi Bisnis. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i1.7098

Downloads

Published

2025-07-06