PENGARUH INFLUENCER MARKETING SEBAGAI STRATEGI DIGITAL MARKETING TERHADAP IMPLEMENTASI RENCANA USAHA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27307Keywords:
Kata Kunci: Influencer Marketing, Rencana Usaha, Promosi DigitalAbstract
Kemajuan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam dunia usaha, terutama dalam hal perencanaan dan pelaksanaan strategi pemasaran. Salah satu strategi yang banyak digunakan saat ini adalah influencer marketing, yaitu promosi produk atau jasa melalui tokoh di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh influencer marketing sebagai bagian dari strategi digital marketing terhadap pelaksanaan atau implementasi rencana usaha, khususnya pada pelaku usaha mikro dan kecil (UMKM) di sektor kuliner. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari delapan pelaku usaha dan empat influencer lokal di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer marketing dapat membantu meningkatkan visibilitas merek dan menarik minat konsumen. Namun efektivitas strategi ini sangat bergantung pada keselarasan antara karakteristik influencer dengan target pasar. Selain itu, sebagian besar pelaku usaha belum merencanakan dan memutar strategi ini secara sistematis. Hambatan lainnya adalah kerja sama dengan influencer biasanya hanya berlangsung dalam jangka pendek, sehingga tidak memberikan dampak berkelanjutan terhadap loyalitas konsumen dan pertumbuhan usaha. Penelitian ini menyimpulkan bahwa influencer marketing bisa menjadi strategi promosi yang efektif, jaminan diterapkan dengan perencanaan yang matang, pemilihan influencer yang tepat, serta evaluasi yang terukur dan berkelanjutan. .Downloads
References
Erwansyah, E., Saragih, R., & Purba, T. O. H. (2022). Penguatan Digitalisasi Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Pelaku Umkm Perempuan Di Kota Medan, Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat METHABDI, 2(2), 137–144. https://doi.org/10.46880/methabdi.vol2no2.pp137-144
Marlina Leni, D. (2020). Digital Marketing. In Ridwan (Ed.), Widina bhakti Persada Bandung (p. 30). Widina.
Muti, T. N., Frimansyah, F., & Malang, I. (2025). Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Digital Marketing , dan Product Quality Terhadap Purchse Decision : Studi Produk Make Over di E- Commerce Shopee Kota Malang. 6(3), 1264–1277. https://doi.org/1047467/elmal.v6i3.6698
Ni kadek Rhisma Yudiyana Pratiwi, I. M. A. (2025). Penggunaan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pendapatan pada Startup Kerta Sari Utama Transport. Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 227–236. https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.47164
Oktaviyana, A. (2023). Analisis Dan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen. Circle Archive, 01(06). http://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/21%0Ahttp://circle-archive.com/index.php/carc/article/download/21/16
Radiansyah, E. (2022). Peran Digitalisasi Terhadap Kewirausahaan Digital Tinjauan Literatur Dan Arah Penelitian Masa Depan. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI Unsrat), 9(23), 828–837. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.41351
Raharjo, V. S., Sukoco, I., Safa’atul Barkah, C., Jamil, N., & Novel, A. (2023). Penerapan Strategi Influencer Marketing melalui Media Sosial The Implementation of Influencer Marketing Strategy Through Social Media. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 10(1), 86–99. https://doi.org/10.31289/jkbm.v10i1.9979
Ramadaey Bangsa, J., Indah Isnawati, S., Fauzi, I., Siswati, A., & Aziz, A. (2024). Implications of the Influence of Digital Marketing in Increasing MSME Product Sales. Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 34–42. http://jibaku.unw.ac.id
Rasida Salwa, Noor Adinda S.F Lubis, D. lestari. (2020). Peran Internet dalam Transformasi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 528–542. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jiem.v3i1.3745
Sanjaya, A. F., & Rudianto, B. (2023). Implementasi Metode V_Shape Dalam Perancangan Sistem Informasi Influencer Marketing. Journal of Information System, Informatics and Computing, 7(1), 97. https://doi.org/10.52362/jisicom.v7i1.1095
St. Rukaiyah, Rahmat Laan, Y. L. B. (2025). PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT , DIGITAL MARKETING , DAN INOVASI TERHADAP KINERJA USAHA KECIL DI KOTA. JOMEL, 5(1), 1321–1333. https://doi.org/https://doi.org/10.58191/jomel.v5i1.377
Susilo, A. S. H. (2020). Penggunaan Web Sebagai Salah Satu Pendukung Strategi Pemasaran Produk Oleh Perusahaan Kusuma Agro Industri Batu. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 5(2), 76459. https://www.neliti.com/publications/76459/penggunaan-web-sebagai-salah-satu-pendukung-strategi-pemasaran-produk-oleh-perus
Timoty Agustian Berutu, Dina Lorena Rea Sigalingging, Gaby Kasih Valentine Simanjuntak, & Friska Siburian. (2024). Pengaruh Teknologi Digital terhadap Perkembangan Bisnis Modern. Neptunus: Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(3), 358–370. https://doi.org/10.61132/neptunus.v2i3.258
Wirapraja, A., Hariyanti, N. T., & Aribowo, H. (2023). Kajian Literatur Dampak dan Pengaruh Digital Influencer Marketing terhadap Perkembangan Strategi Bisnis. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i1.7098
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.