DINAMIKA PERUBAHAN KEBIJAKAN POLITIK DI ERA DIGITAL

Authors

  • reni puji lestari Universitas Tanjungpura
  • yulius yohanes Universitas Tanjungpura
  • kariana noviana Universitas Tanjungpura
  • grace kurniati Universitas Tanjungpura
  • nengsih juniarti Universitas Tanjungpura

Keywords:

Political Policy, Information Technology, Community Participation

Abstract

This article examines changes in political policy in the digital age, influenced by information and communication technology in decision-making. In an era of globalization and more open access to information, political policies have become clearer and more accountable. However, new challenges have emerged, such as the spread of misinformation and divisions in public opinion. Through case analysis and existing data, this article investigates how political parties and governments adapt to these changes and how this impacts public participation. The research findings indicate that policies responsive to needs in the digital world can enhance public participation and strengthen democracy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Druckman, J. N., Peterson, E.,

Slothuus, R. (2013). How Elite Partisan Polarization Affects Public Opinion Formation. American Political Science. Vol. 107(1). Jurnal Opini Publik Dalam Polarisasi Politik di Media Sosial diakses pada

https://pdfs.semanticscholar.org/f238/1bca0fa9b50526

e09106324c4a5cd6689065.pdf.

Fatmawati. (2013) Kampanye Politik Sebuah Pendekatan Fenomenologi. Banyumas : CV. Amerta Media. Jurnal Dinamika Perilaku Politik Partai dalam Pembentukan Strategi Kampanye terhadap Stabilitas Politik di Era Digital diakses pada https://journal.unnes.ac.id/journals/JISSE/article/view/15597

Fuchs, C. (2013). Social Media: A Critical Introduction. SAGA.

Halim,Umar & Jauhari, Kurnia Dyah (2019) Pengaruh Terpaan Media Terhadap Partisipasi Politik dalam Pilkada DKI Jakarta 2017”, Jurnal ASPIKOM, Vol.4, No.1, Edisi Juli.

Josep, (2018) Partisipasi Politik Di Indonesia dan Upaya Pengembangannya, Indocamp, 2018. Jurnal Partisipasi Politik Masyarakat di Era Digital di akses pada

http://www.irje.org/irje/article/view/937.

Judita,Christiany,Darmawan, Josep (2018) Penggunaan Media Digital dan Partisipasi Politik Generasi Milenial”, Jurnal Penelitian Komunikasi dan opini Publik, Vol.22, No.2 (Diakses pada 31 Mei 2025)

Kuada,Celciane Meykristi,dkk (2023) Peran Media Sosial Sebagai Sarana Marketing Politik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Sulawesi Utara.

Jurnal Dinamika Perilaku Politik Partai dalam Pembentukan Strategi Kampanye terhadap Stabilitas Politik di Era Digital diakses pada https://journal.unnes.ac.id/journals/JISSE/article/view/15597.

Mudjiyanto, B., & Dunan, A. (2020). Media Mainstream Jadi Rujukan Media Sosial.

Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 1(1), 21–34. diakses pada

https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/mkm/article/view/3244 .

Sasmita (2011) Jurnal Media dan Perubahan Sosial Studi Kasus: Tentang Penggunaan Media Sosial Dalam Kampanye Politik dan Dampaknya Terhadap Partisipasi Politik diakses pada

https://ojs.ruangpublikasi.com/index.php/jpim/article/view/260 .

Muhtar, M., Setiyono, B.,

Fitriyah, F., & Sardini, N. H. (2025). Political Polarization In The 2024 Local Elections: An Analysis Of Its Impact And Implications For Local Democracy In Indonesia. JWP (Jurnal Wacana Politik), 10(1), 41–51. https://doi.org/10.24198/jwp.v10i1.58474 Jurnal Industri Buzzer dan Polarisasi Politik di Era Digital: Perspektif Ekonomi Politik Media diakses pada

https://tuturlogi.ub.ac.id/index.php/tuturlogi/article/view/18128.

Wilson, J. Q. (2005). The Tanner Lectures on Human Values: I. Politics and Polarization II. Religion and Polarization Jurnal Opini Publik Dalam Polarisasi Politik di Media Sosial diakses pada

https://pdfs.semanticscholar.org/f238/

1bca0fa9b50526e09106324c4a5cd6689065.pdf .

Jurnal Tantangan Etika Politik Dalam Era Digital : Perspektif Sosial dan Teknologi diakses pada

http://liternote.com/index.php/ln/article/view/129.

Jurnal Peran Komunikasi Digital dalam Pembentukan Opini Publik: Studi Kasus Media Sosial diakses pada https://www.jurnal.iapa.or.id/proceedings/article/view/1059

Downloads

Published

2025-07-09