IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KENOKOREJO 02
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27143Keywords:
Project Based Learning (PjBL) , Kreativitas, Hasil Belajar, IPASAbstract
Kurangnya kreativitas dan hasil belajar IPAS kelas 5 disebabkan karena masih menggunakan model pembelajaran yang berbasis ceramah, sehingga membuat pembelajaran menjadi kurang efektif dan membuat siswa mengalami jenuh selama kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan agar bisa menemukan kenaikan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas 5 menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPAS materi keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia pada SD Negeri Kenokorejo 02 Polokarto. Teknik analisis data yang digunakan adalah interaksi dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, angket, dan dokumen. Subjek pada penelitian ini ialah siswa kelas 5 yang terdiri dari 13 siswa. Hasil belajar siklus I mengalami kenaikan dengan hasil persentase kreativitas 38,46% dan hasil belajar 53,84% . Dilanjutkan pada siklus II mengalami kenaikan dengan hasil persentase kreativitas sebesar 76,92% dan hasil belajar 84,61%. Dengan jumlah siswa mengalami kenaikan kreativitas sebanyak 10 siswa dan kenaikan hasil belajar sebanyak 10 dari 13 siswa.Downloads
References
Abdurahman, A., Sri Afira Ruhyadi, S. G., & Binasdevi, M. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas Tinggi MI/SD. Al-Ibanah, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.54801/ibanah.v7i2.107
Hanim, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Tiga Dimensi Terhadap Kreativitas Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di MTsN 3 …. Educator Development Journal. https://www.journal.ar-raniry.ac.id/index.php/edj/article/view/2142
Kartini, N. A. I. (2023). IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SEKOLAH DASAR. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/sbtwm
Mangangantung, J., Pantudai, F., & Rawis, J. A. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1163–1173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4962
Mulyati, S. (2020). Implementasi Model Project Based Learning Pada Siswa Sd Negeri 7 Wonogiri. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(02), 134–142. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i02.598
Nanda, D. J. (2024). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS V Di SD NEGERI 3 KALIAWI BANDAR LAMPUNG. Αγαη, 15(1), 37–48.
Nurul, S., Andi, A. ;, Asiz, A., Nur, E., Hariani, ;, Profesi, P., Prajabatan, G., Universitas, B., Makassar, N., & Biologi, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 1106–1111.
Ruwanda, N. D., & Encep Andriana. (2023). Penerapan Model Pjbl Dalam Meningkatkan Kreatifitas Belajar Peserta Didik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 616–626. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.1945
Sunny, V., Siti Sundari, F., & Kurniasih, M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V E Di Sdn Polisi 1 Kota Bogor. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1070–1079. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.788
Wahidaturrahmah, W. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Min 2 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. http://etheses.uinmataram.ac.id/4802/1/WAHIDATURRAHMAH 190106017.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.