PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG NORMA DAN ATURAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIGITAL WORDWALL DI KELAS IV SDN OESAPA KECIL 2 KOTA KUPANG

Authors

  • Maria Mana UNIVERSITAS NUSA CENDANA
  • Taty Rosiana Koro Universitas Nusa Cendana
  • Netty Elisabeth Antonetha Nawa Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Problem Based Learning, Wordwall Media, Learning Outcomes

Abstract

Skripsi oleh Maria Rosa Mistika Mana Nim 2101140158 dengan judul Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Norma Dan Aturan Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Wordwall Di Kelas IV SDN Oesapa Kecil 2 Kota Kupang. Dengan rumusan masalah adalah: Bagaimana Efek Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Norma Dan Aturan Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Wordwall Kelas IV SDN Oesapa Kecil 2 Kota Kupang?. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Hasil Belajar Siswa Tentang Norma Dan Aturan Sebagai Efek Dari Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Wordwall Di Kelas IV SDN Oesapa Kecil 2 Kota Kupang. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 23 orang terdiri atas 12 orang laki-laki dan 11 orang perampuan.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Oesapa Kecil 2 Kota Kupang, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 23 siswa, yang tuntas hanya berkisar 8 orang saja dengan persentase ketuntasan 34,78% hal ini karena siswa sudah memahami materi yang disampaikan guru, aktif selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung, dan saling bekerjasama dalam berdiskusi saat menyelesaikan LKPD dan mampu menyelesaikan soal tes dengan benar. Sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah 15 orang dengan persentase 65,21% hal ini dikarenakan siswa kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran berlangsung, kurang aktif dalam berdiskusi, lebih suka bercerita dan bermain saat pembelajaran berlangsung sehingga membuat siswa kurang mampu dalam menyelesaikan soal tes.Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 23 siswa, yang tuntas berjumlah 21 orang dengan persentase ketuntasan 91,30% hal ini karena siswa lebih aktif saat mengikuti pembelajaran, konsentrasi dan semangat dalam proses pembelajaran berlangsung, saling berdiskusi dan bekerjasama dalam kelompok, dan siswa mampu menyelesaikan soal tes dengan baik. Sedangkan 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 8,70% akan diberikan pengayaan oleh wali kelas.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas jadi dapat disimpulkan bahwa berdasarkan peningkatan hasil belajar siswa yang terjadi dari siklus I ke siklus II sudah baik. Oleh karena itu Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi norma dan aturan di kelas IV SDN Oesapa Kecil 2 Kota Kupang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Hamjah Diha Foundation. (2022).

Pengantar Model Pembelajaran.

Pringgarata – Lombok Tengah.

Jurnal :

Kusuma, Y. Y. (2020). Meningkatkan

hasil belajar siswa dengan

menggunakan model

pembelajaran problem based

learning di kelas IV Sekolah Dasar.

Journal Basicedu, vol. no. 4, 1460-

1467.

Husnidar, dan Rahmi, H. (2021).

Penerapan model pembelajaran

based learning untuk

meningkatkan hasil belajar

matematika siswa. Jurnal

Pendidikan Matematika dan Sains,

02, 67-72.

Downloads

Published

2025-07-08