Pengelolaan Limbah Botol Plastik Menjadi Karya Kreatif Siswa SD

Authors

  • Fitri Fatimah Universitas Trunojoyo Madura
  • yuli astutik Universitas Trunojoyo Madura
  • erin yusr Universitas Trunojoyo Madura
  • rusandi
  • ika rahmawati Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27106

Keywords:

pendidikan lingkungan hidup, , siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pengelolaan sampah botol plastik dalam bentuk karya seni terhadap sikap dan pemahaman siswa pada jenjang sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah metode campuran, dengan penerapan pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan 25 siswa IV dari SDN Tunjung 3 Tunjung Burneh Bangkalan. Data dikumpulkan melalui observasi, koordinasi, tes evaluasi, dan dokumentasi. Hasil angket menunjukkan skor 1.035 dari total maksimal 1.250 (82,8%) yang menunjukkan bahwa siswa memiliki sikap positif terhadap kegiatan ini. Nilai rata-rata evaluasi kognitif siswa tercatat sebesar 74,4. Kegiatan pengelolaan sampah botol plastik menjadi hiasan bunga tidak hanya meningkatkan kreativitas, keterampilan, dan kepedulian lingkungan, tetapi juga memperkuat pemahaman konkret tentang konsep daur ulang. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi alat yang efektif dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan di kalangan siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, N., & Nurmekasari, N. (2024). Penyuluhan Pengelolaan Botol Bekas Menjadi Pot Bunga Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Kesadaran Siswa di SDN 4 Cakranegara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v6i1.335

Aziz, A., Ahyan, S., & Fauzi, L. M. (2016). Implementasi model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui Lesson Study. Jurnal Elemen, 2(1), 83–91. https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.179

Fitriyani, A., & Haris, R. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 23–32.

Handayani, D., & Ramadhan, A. (2023). Pengembangan Kreativitas Siswa melalui Kegiatan Mendaur Ulang Sampah Anorganik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 92–101.

Hidayat, T., & Sari, M. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Ramah Lingkungan dalam Meningkatkan Kesadaran Ekologis Siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 9(1), 64–72.

Jannah, M. (2023). Pengembangan E-Modul Untuk Meningkatkan Level Berpikir Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Siswa SMP (Disertasi tidak dipublikasikan). UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Mulyani, S. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Kegiatan Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 215–225.

Nurhayati, E., & Setiawan, D. (2020). Pembelajaran Kontekstual dalam Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, 29(1), 14–21.

Nursidik, M., & Fitria, H. (2020). Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(2), 111–120.

Pilapitiya, P., & Ratnayake, A. (2024). Dunia sampah plastik: tinjauan. Cleaner Materials. https://doi.org/10.1016/j.clema.2024.100220

Saputri, D., & Arifin, Z. (2020). Project-Based Learning untuk Meningkatkan Problem Solving dan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(3), 139–147.

Wulandari, T., & Nurlaela, L. (2021). Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Lingkungan, 5(2), 77–85.

Yana, A. D., Asmiati, A., Waqiah, F. N., Amaliah, F., Nurhaliza, K., Kasman, M. R., ... & Muniyati, S. (2024). Mencegah Kekerasan Seksual di Lingkungan Sekolah dan Pengembangan Keterampilan P5 Berbasis Daur Ulang Barang Bekas. Madaniya, 5(4), 1754–1760.

Downloads

Published

2025-07-07