PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KLASEMAN

Authors

  • Anggun Azizah Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Nurrarti Kurnia Sari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27097

Keywords:

problematika, implementasi, kurikulum merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika yang dihadapi guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran IPAS di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Klaseman. Desain penelitian menggunakan studi kasus intrinsik dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode Miles and Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta triangulasi teknik untuk kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Klaseman telah berjalan sejak tahun 2022 dan mencakup perencanaan, pelaksanaan, serta asesmen pembelajaran. Namun, beberapa problematika masih ditemukan. Dalam perencanaan pembelajaran, guru mengalami kendala dalam memahami dan menyusun modul ajar, menentukan metode yang sesuai, serta menggunakan media pembelajaran digital. Pada tahap pelaksanaan, guru kesulitan dalam pemahaman materi IPAS tertentu (misalnya struktur bumi, lapisan atmosfer, energi listrik, dan struktur mata) masih kurang maksimal. Dalam asesmen, guru menghadapi problematika dalam menyusun soal asesmen formatif yang sesuai dengan keberagaman siswa, sehingga asesmen ini jarang dilakukan dalam bentuk post-test. Upaya untuk mengatasi problematika ini meliputi peningkatan pelatihan dan pendampingan guru secara berkelanjutan, optimalisasi kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), serta peningkatan kompetensi digital dan ketersediaan sumber belajar. Meskipun demikian, implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Klaseman secara keseluruhan telah menunjukkan kemajuan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Problematika Guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurafifah, S., Mulyana, A. T., Safaat, S.,

& Ramdani, A. S. (2025).

Problematika Guru Dalam

Menerapkan Kurikulum Merdeka

Belajar Di Sekolah Dasar Swasta

Jakarta. 10, 206–212.

Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam

Pembelajaran. ALACRITY : Journal

of Education, 2(3), 26–34.

https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i

3.108

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A.

(2021). Kemampuan Komunikasi

Matematis Siswa SMP pada Topik

Penyajian Data di Pondok Pesantren.

Plusminus: Jurnal Pendidikan

Matematika, 1(2), 207–222.

https://doi.org/10.31980/plusminus.v

1i2.1257

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y.

S., & Hernawan, A. H. (2022). Jurnal

basicedu. 6(4), 6313–6319.

Rahman, R., & Fuad, M. (2023).

Implementasi Kurikulum Merdeka

Belajar Dalam Pembelajaran Ipas Di

Sekolah Dasar. DISCOURSE:

Indonesian Journal of Social Studies

and Education, 1(1), 75–80.

https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.

103

Ramdani, A. (2024). Problematika

Penerapan Kurikulum Merdeka pada

Mata Pembelajaran IPAS di Kelas IV

SDN Ciracas 05 Pagi (Vol. 5, Issue

5).

Sri Annisa, I., & Mailani, E. (2023).

Analisis Faktor Penyebab Kesulitan

Siswa Dalam Pembelajaran Tematik.

INNOVATIVE: Journal Of Social

Science Research, 3(2), 6469–6477.

https://j-

innovative.org/index.php/Innovative

%0AAnalisis

Sudarto, O., Jauhar, S., & Fitri Muin, N.

(2024).

http://bajangjournal.com/index.php/J

OEL PROBLEMATIKA GURU

DALAM MERENCANAKAN

PEMBELAJARAN IPAS DI

KELAS V SD NEGERI 2

MANURUNGE KABUPATEN

BONE. Online) Journal of

Educational and Language

Research, 3(8), 2807–2937.

http://bajangjournal.com/index.php/J

OEL

Sulistiani, I., & Nursiwi Nugraheni.

(2023). Makna Guru Sebagai

Peranan Penting Dalam Dunia

Pendidikan. Jurnal Citra

Pendidikan, 3(4), 1261–1268.

https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.22

22

Syamsudin, & Fitriani, S. L. (2024).

Problematika Pembelajaran IPA

pada Impelementasi Kurikulum

Merdeka di Sekolah Dasar.

At’Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 10(1),

95–106.

Ummah, M. S. (2019). N0 11(1), 1–14.

http://scioteca.caf.com/bitstream/han

dle/123456789/1091/RED2017-

Eng-

8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=

y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.reg

sciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://w

ww.researchgate.net/publication/305

320484_SISTEM_PEMBETUNGA

N_TERPUSAT_STRATEGI_MEL

ESTARI

Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M.

(2020). Problematika Pemanfaatan

Media Pembelajaran IPA di Sekolah

Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan

IPA, 6(1), 107–112.

https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.

Downloads

Published

2025-07-06