PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KLASEMAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27097Keywords:
problematika, implementasi, kurikulum merdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika yang dihadapi guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran IPAS di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Klaseman. Desain penelitian menggunakan studi kasus intrinsik dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode Miles and Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta triangulasi teknik untuk kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Klaseman telah berjalan sejak tahun 2022 dan mencakup perencanaan, pelaksanaan, serta asesmen pembelajaran. Namun, beberapa problematika masih ditemukan. Dalam perencanaan pembelajaran, guru mengalami kendala dalam memahami dan menyusun modul ajar, menentukan metode yang sesuai, serta menggunakan media pembelajaran digital. Pada tahap pelaksanaan, guru kesulitan dalam pemahaman materi IPAS tertentu (misalnya struktur bumi, lapisan atmosfer, energi listrik, dan struktur mata) masih kurang maksimal. Dalam asesmen, guru menghadapi problematika dalam menyusun soal asesmen formatif yang sesuai dengan keberagaman siswa, sehingga asesmen ini jarang dilakukan dalam bentuk post-test. Upaya untuk mengatasi problematika ini meliputi peningkatan pelatihan dan pendampingan guru secara berkelanjutan, optimalisasi kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), serta peningkatan kompetensi digital dan ketersediaan sumber belajar. Meskipun demikian, implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Klaseman secara keseluruhan telah menunjukkan kemajuan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Problematika GuruDownloads
References
Nurafifah, S., Mulyana, A. T., Safaat, S.,
& Ramdani, A. S. (2025).
Problematika Guru Dalam
Menerapkan Kurikulum Merdeka
Belajar Di Sekolah Dasar Swasta
Jakarta. 10, 206–212.
Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam
Pembelajaran. ALACRITY : Journal
of Education, 2(3), 26–34.
https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i
3.108
Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A.
(2021). Kemampuan Komunikasi
Matematis Siswa SMP pada Topik
Penyajian Data di Pondok Pesantren.
Plusminus: Jurnal Pendidikan
Matematika, 1(2), 207–222.
https://doi.org/10.31980/plusminus.v
1i2.1257
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y.
S., & Hernawan, A. H. (2022). Jurnal
basicedu. 6(4), 6313–6319.
Rahman, R., & Fuad, M. (2023).
Implementasi Kurikulum Merdeka
Belajar Dalam Pembelajaran Ipas Di
Sekolah Dasar. DISCOURSE:
Indonesian Journal of Social Studies
and Education, 1(1), 75–80.
https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.
103
Ramdani, A. (2024). Problematika
Penerapan Kurikulum Merdeka pada
Mata Pembelajaran IPAS di Kelas IV
SDN Ciracas 05 Pagi (Vol. 5, Issue
5).
Sri Annisa, I., & Mailani, E. (2023).
Analisis Faktor Penyebab Kesulitan
Siswa Dalam Pembelajaran Tematik.
INNOVATIVE: Journal Of Social
Science Research, 3(2), 6469–6477.
https://j-
innovative.org/index.php/Innovative
%0AAnalisis
Sudarto, O., Jauhar, S., & Fitri Muin, N.
(2024).
http://bajangjournal.com/index.php/J
OEL PROBLEMATIKA GURU
DALAM MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN IPAS DI
KELAS V SD NEGERI 2
MANURUNGE KABUPATEN
BONE. Online) Journal of
Educational and Language
Research, 3(8), 2807–2937.
http://bajangjournal.com/index.php/J
OEL
Sulistiani, I., & Nursiwi Nugraheni.
(2023). Makna Guru Sebagai
Peranan Penting Dalam Dunia
Pendidikan. Jurnal Citra
Pendidikan, 3(4), 1261–1268.
https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.22
22
Syamsudin, & Fitriani, S. L. (2024).
Problematika Pembelajaran IPA
pada Impelementasi Kurikulum
Merdeka di Sekolah Dasar.
At’Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 10(1),
95–106.
Ummah, M. S. (2019). N0 11(1), 1–14.
http://scioteca.caf.com/bitstream/han
dle/123456789/1091/RED2017-
Eng-
8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=
y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.reg
sciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://w
ww.researchgate.net/publication/305
320484_SISTEM_PEMBETUNGA
N_TERPUSAT_STRATEGI_MEL
ESTARI
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M.
(2020). Problematika Pemanfaatan
Media Pembelajaran IPA di Sekolah
Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan
IPA, 6(1), 107–112.
https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.