PERAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEKSTUAL DALAM MENDUKUNG KESEHATAN MENTAL REMAJA GENERASI-Z

Authors

  • Umi Habibah Rahmawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dr. Imam Fauji, Lc.M.Pd Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27090

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Kesehatan Mental, Generasi Z

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi kontribusi pendidikan agama Islam terhadap kesehatan mental, khususnya dalam mengatasi tantangan emosional dan psikologis yang dihadapi oleh Generasi Z. Menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini menganalisis 15 jurnal terindeks SINTA 2 dan 3 yang relevan untuk memahami bagaimana nilai-nilai Islam dapat mempengaruhi ketahanan mental remaja. Tujuan penelitian ini untuk: 1)mengevaluasi peran Pendidikan Islam kontekstual dalam mendukung Kesehatan mental remaja Gen Z. 2)menelaah bagaimana dampak Pendidikan Islam kontekstual dapat mendorong perilaku yang etis dan responsif dalam menghadapi situasi sosial dan psikologis yang kompleks. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam tidak hanya memberikan panduan spiritual, tetapi juga menawarkan solusi praktis untuk masalah seperti stres, kecemasan, dan depresi. Nilai-nilai Islam utama, termasuk sabar, tawakal, dan ikhlas, diidentifikasi sebagai faktor penting dalam membantu remaja menghadapi tekanan sosial dan psikologis. Selain itu, pendidikan agama Islam memainkan peran penting dalam mempromosikan pengembangan karakter positif, yang sangat penting untuk mengelola dampak negatif dari dunia digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Menurut Zakiah Daradjat.” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 4(1):11–24. Doi: 10.48094/Raudhah.V4i1.38.

Al, Perspektif, Q. U. R. An, Erika A. Nahar, And Ahmad Saefudin. 2024. “Islamic Education, Mental Health, Qur’an.” 08(01):1–13. Doi: 10.32616/Pgr.V8.

Andika, M., And Nazaha Ulin Nuha. 2024. “Jurnal Pendidikan Islam Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Pai Dalam Membentuk Moral Remaja Di Mts Ainul Yaqin.” 15(2):112–19.

Anwar, Sufyan, Siti M. F. Siregar, Teuku Alamsyah, Teuku Muliadi, Marniati Marniati, And Khairunnas Khairunnas. 2024. “The Dhikr And The Mental Health Of The Elderly In Aceh, Indonesia.” Health Sa Gesondheid 29:1–7. Doi: 10.4102/Hsag.V29i0.2456.

Arifin, Zaenal, Masykur H. Mansyur, Jaenal Abidin, And Umar Mukhtar. 2022. “Pendidikan Dan Kesehatan Mental Bagi Remaja Dalam Persfektip Islam.” Abdi Moestopo: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 5(2):188–94. Doi: 10.32509/Abdimoestopo.V5i2.1918.

Ayu, Mas, Ainun Nisa, Mohamad Salik, Muhammad Fahmi, And Atika Agustina Tarik. N.D. “Pendidikan Islam Perspektif Buya Hamka : Relevansinya Terhadap Penguatan Kesehatan Mental Gen Z.” Vii(52):170–93.

Darmawan, Deni, And Samsul Marlin. 2021. “Peran Masjid Bagi Generasi Milenial.” Jurnal Kajian Agama Hukum Dan Pendidikan Islam (Kahpi) 2(1):52. Doi: 10.32493/Kahpi.V2i1.P52-64.9372.

Farira Zahra Putri. 2023. “Representasi Kesehatan Mental (Mental Health) Gen Z Dalam Film Serial Euphoria (2019): Analisis Semiotika Roland Barthes Skripsi.” 4(1):88–100.

Hamidah, Rizka Nur, And Noneng Siti Rosidah. 2021. “Konsep Kesehatan Mental Remaja Dalam Perspektif Islam.” Prophetic Guidance And Counseling Journal 2(1):26–33. Doi: 10.32832/Pro-Gcj.V2i1.5122.

Hidayati, Nurul, Anaas Tri, And Ridlo Dina. 2020. “Islamic Education : Building Character And Mental Health For Z-Generation.” Iwos 1(1):205–13.

Higgins, J. P. T., S. Green, And Assem Ben Van Den. 2020. Cochrane Handbook For Systematic Reviews Of Interventions. Vol. 15.

Jamaludin. 2024. “Optimizing The Role Of Mosques In Supporting The Implementation Of Sustainable Development Goals (Sdgs) To Improve The Mental Health Of Generation Z In Mataram City: A Conceptual Research.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 8(2):1286–92. Doi: 10.58258/Jisip.V7i1.6766/Http.

Jasmine, Khanza. 2014. “Integrasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pengembangan Psikologis Mirza.” Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu 7:217–28.

Kartika, Windi Candra, And Imam Fauji. 2024. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Untuk Menanamkan Kecerdasan Spiritual Dalam Mematuhi Peraturan Sekolah.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 24(1):408. Doi: 10.33087/Jiubj.V24i1.4280.

Kholifah, Nur, Siti Nurrohmah, Riski Purwiningsih, And Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. 2020. “Eksistensi Motif Batik Klasik Pada Generasi Z.” Jurnal Teknologi Busana Dan Boga 8(2):143.

Laela Nur, Laela. 2023. “Peran Sholat Dalam Mengatasi Depresi.” Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam 4(02):99–110. Doi: 10.24239/Nosipakabelo.V4i02.2476.

Laily, Irene Mardiatul, Anita Puji Astutik, And Budi Haryanto. 2022. “Instagram Sebagai Media Pembelajaran Digital Agama Islam Di Era 4.0.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(2):160–74. Doi: 10.31538/Munaddhomah.V3i2.250.

M. Nauval Hadad Fanani, Rahmad Salahuddin. 2019. “Optimalisasi Kecerdasan Spiritaul Melalui Pembelajaran Btq.” 10(2):71–76.

Mansyur, Yahsyalloh Al, And Hakimuddin Salim. 2023. “Peran Pendidikan Agama Islam ( Pai ) Dalam Menjaga Kesehatan Mental Siswa Di Smp Negeri 2 Wonogiri.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12(E-Issn:2584-1754):1027–42.

Mardinal Tarigan, Zinni Zelda Muniroh, Putri Nadila Lasei, And Safirah Irda Zatayumni. 2024. “Pendidikan Islam Di Era Globalisasi.” Jurnal Dirosah Islamiyah 6(3):1–10. Doi: 10.47467/Jdi.V6i3.2367.

Murnitasari, Ayu Mustika, Khanesia Putri Malika, Latifah Akhlaqiyah W.P, Phasa Amalia, Adinda Rachmadyna, Ibnu Elyasin, And Lharasati Dewi. 2024. “Membangun Kekuatan Mental Pada Gen Z Di Era Digital Di Panti Baitul Walad Samarinda.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia 4(1):183–91. Doi: 10.52436/1.Jpmi.2089.

Musanip, Zaid Al Gifari, Khairil Pahmi, Dedy Iswaini. 2024. “Pemberdayaan Remaja Masjid Riyadusshalihin Cakranegara Barat Melaui Pendidikan Kesehatan Dan Keagamaan Dalam Membangun Generasi Sehat Dan Religius.” 7(2).

Muslimahayati, Muslimahayati, And Hafifatul Auliya Rahmy. 2021. “Depresi Dan Kecemasan Remaja Ditinjau Dari Perspektif Kesehatan Dan Islam.” Demos: Journal Of Demography, Ethnography And Social Transformation 1(1):35–44. Doi: 10.30631/Demos.V1i1.1017.

Nasution, Aqila Khairani, Sri Wahyuni, And Muhammad Fikri. 2024. “Jurnal Fakultas Agama Islam Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Pada Generasi Z.” 2(2):194–205.

Nasution, Rahmadani, Jihan Arrizqi Lubis, Sitiara Aulya Putri, Wan Adelia Adella, Gen Z. Muslim, And Kesehatan Mental. 2024. “Kecemasan Dan Depresi Dikalangan Gen-Z Beragama Islam.” 7:14556–61.

Noviyanty, Hielda. 2024. “Spiritual Psychotherapy As An Intervention For Mental Disorders To Reach The Level Of Self-Awareness Of/Amongst Drug Addicts In Selangor, Malaysia.” Pakistan Journal Of Life And Social Sciences (Pjlss) 22(1):4258–73. Doi: 10.57239/Pjlss-2024-22.1.00312.

Nurkholiq, Agus. 2023. “Asatidzuna Jurnal Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah.” 02(01):91–101.

Page, Matthew J., Joanne E. Mckenzie, Patrick M. Bossuyt, Isabelle Boutron, Tammy C. Hoffmann, Cynthia D. Mulrow, Larissa Shamseer, Jennifer M. Tetzlaff, Elie A. Akl, Sue E. Brennan, Roger Chou, Julie Glanville, Jeremy M. Grimshaw, Asbjørn Hróbjartsson, Manoj M. Lalu, Tianjing Li, Elizabeth W. Loder, Evan Mayo-Wilson, Steve Mcdonald, Luke A. Mcguinness, Lesley A. Stewart, James Thomas, Andrea C. Tricco, Vivian A. Welch, Penny Whiting, And David Moher. 2021. “The Prisma 2020 Statement: An Updated Guideline For Reporting Systematic Reviews.” The Bmj 372. Doi: 10.1136/Bmj.N71.

Purwanto, Yedi, And Shohib Khoiri. 2016. “Studi Agama & Etika Islam Dan Keberagamaan Mahasiswa ‘Z’ Generation: Kajian Di Lingkungan Kampus Itb Bandung.” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 24(2):423. Doi: 10.21580/Ws.24.2.1182.

Rahman, Danial, And Abu Rizal Akbar. 2021. “Problematika Yang Dihadapi Lembaga Pendidikan Islam Sebagai Tantangan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Nazzama: Journal Of Management Education 1(1):76. Doi: 10.24252/Jme.V1i1.25242.

Rofiqi, Rofiqi, Iksan, And M. Mansyur. 2023. “Melangkah Menuju Kesehatan Mental Yang Optimal: Program Inovatif Di Lembaga Pendidikan Islam.” Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam 4(2):76–99. Doi: 10.19105/Ec.V4i2.9237.

Rosmalina, Asriyanti, Habib Elrahman, Hany Handayani, And Hazrul Affendi. 2023. “Islamic Mental Health Education For Adolescents In The Digital Era.” International Journal Of Educational Qualitative Quantitative Research 2(1):18–26. Doi: 10.58418/Ijeqqr.V2i1.39.

Sabila, Nur, Hilwa Awfa Ziha, Anissa Maghfiroh, Imam Rahmadani, Man Kota Banjarbaru, Jl Mistar Cokrokusumo Bangkal, And Kalimantan Selatan. 2024. “Pendekatan Agama Islam Dalam Menanggulangi Cyberbullying Pada Generasi Z Di Man Kota Banjarbaru Islamic Religious Approaches In Overcoming Cyberbullying In Generation Z In Man Kota Banjarbaru.” Jurnal Kebijakan Pembangunan 19(1):113–24.

Saputra, Awang, And Ahmad Suryadi. 2022. “Prinsip Pengelolaan Pendidikan Kesehatan Mental Berbasis Islam.” Perspektif 1(4):412–27. Doi: 10.53947/Perspekt.V1i4.204.

Sari, D. W., M. S. Putri, And N. Nurlaili. 2023. “Relevansi Pendidikan Islam Di Era Digital Dalam Menavigasi Tantangan Modern.” Science And Education Journal (Sicedu) 2(2):372–80.

Sohrabi, Catrin, Thomas Franchi, Ginimol Mathew, Ahmed Kerwan, Maria Nicola, Michelle Griffin, Maliha Agha, And Riaz Agha. 2021. “Prisma 2020 Statement: What’s New And The Importance Of Reporting Guidelines.” International Journal Of Surgery 88(March):39–42. Doi: 10.1016/J.Ijsu.2021.105918.

Takhfa Lubis, Layla, Laras Sati, Naura Najla Adhinda, Hera Yulianirta, And Bahril Hidayat. 2019. “Al-Hikmah:Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan Peningkatan Kesehatan Mental Anak Dan Remaja Melalui Ibadah Keislaman.” Al-Hikmah:Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 16(2):120–29.

Thaha, Amatillah. 2023. “Problematika Pendidikan Agama Islam Di Era Disrupsi Perspektif Epistemologi.” Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(1):70–87. Doi: 10.61094/Arrusyd.2830-2281.58.

Usman. 2024. “Pengaruh Pendidikan Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Remaja Di Era Globalisasi Usman Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.” 3:67–76.

Y Yasipin, Sa Rianti, N. Hidaya. N.D. “Pengelola Jurnal Ilmiah Nasional.” 72–77.

Yulia, Elva. 2023. “Pendidikan Agama Islam Di Sekolah : Tantangan Dan Peluang Dalam Menghadapi Globalisasi.” 1(2):416–21.

Yusuf, Muhammad, Ayu Lika Rahmadani, Yuni Lestari, And Dwi Setia Kurniawan. 2022. “Urgensi Pendidikan Islam Dalam Menjaga Kesehatan Mental Remaja Di Lingkungan Sekolah Pada Era Media Sosial.” Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 5(01):1–17. Doi: 10.37542/Iq.V5i01.338.

Downloads

Published

2025-07-06