ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA PAPAN HITUNG MATERI PENJUMLAHAN MATEMATIKA DI KELAS 1 SD NEGERI 04 BEJEN KARANGANYAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27082Keywords:
counting board, summation, mathematicsAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkap analisis secara lebih dalam penerapan media bantu papan hitung tangga pada proses pengajaran penjumlahan Matematika, secara khusus menyangkut dengan materi penjumlahan kelas 1 SD Negeri 04 Bejen Karanganyar. Latar belakang adanya penelitian ini karena siswa kelas 1 ada beberapa anak yang masih bingung dalam mempelajari konsep materi penjumlahan puluhan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif menjadi landasan dalam pelaksanaan studi ini, dengan metode deskriptif serta menerapkan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sasaran utama dalam pengumpulan data penelitian meliputi siswa kelas 1, dan guru kelas 1 SD Negeri 04 Bejen Karanganyar. Dari temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan papan hitung tangga sebagai alat bantu yang mampu membantu siswa memahami konsep penjumlahan secara visual, dan konkret. Media alat peraga ini memberikan pengalam belajar secara langsung melalui benda nyata yang dapat dimanipulatif, yang menjadikan proses berhitung lebih mudah dipahami, selain itu penggunaan alat peraga ini juga mencipakan suasana belajar yang lebih menarik, interaktif, dan dapat membangun partisipasi siswa di kelas. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa papan hitung tangga merupakan media pembelajaran yang efektif untuk mendukung pemahaman konsep penjumlahan pada siswa kelas 1 SD Negeri 04 Bejen Karanganyar.Downloads
References
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R.,
Maharani/publication/3596527
Septiyani, S. A., & Setiawan,
02_Metodologi_Penelitian_Ku
U. (2023). Konsep Dasar
alitatif/links/6246f08b21077329
Media Pembelajaran.
f2e8330b/Metodologi-
Devi, M. M. Y. (2019). PROGRAM
Penelitian-Kualitatif.pdf
STUDI PENDIDIKAN GURU
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya
MADRASAH IBTIDAIYAH
Pendidikan Bagi Kehidupan
JURUSAN PENDIDIKAN
dan Pendidikan Karakter
GURU MADRASAH
dalam Dunia Pendidikan. 8(3).
IBTIDAIYAH FAKULTAS ILMU
noviyanti, cahyono, & adiputra.
TARBIYAH DAN KEGURUAN
(2025). ANALISIS
UNIVERSITAS ISLAM
PENGGUNAAN MEDIA
NEGERI MAULANA MALIK
PEMBELAJARAN PAPAN
IBRAHIM MALANG.
EDUKASI PINTAR (PAKAPI)
Irwansyah, I. (2021). Efektivitas
TERHADAP KEMAMPUAN
Penerapan Alat Peraga Aktual
BERHITUNG PENJUMLAHAN
Terhadap Hasil Belajar Fisika
SISWA KELAS 1 DI SDN 1
Pada Materi Pengukuran.
AWEH. JURNAL
Lensa, 15(2), 46–52.
PENDIDIKAN DASAR SETIA
https://doi.org/10.58872/lensa.
BUDHI (JPDS), 8(2).
v15i2.14
https://jurnal.usbr.ac.id/jpds/art
Jonata. (2022). Metodologi penelitian
icle/view/530
kualitatif. PT. Global Eksekutif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.