ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA PAPAN HITUNG MATERI PENJUMLAHAN MATEMATIKA DI KELAS 1 SD NEGERI 04 BEJEN KARANGANYAR

Authors

  • Aisyah Widyawati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Sri Mulyati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27082

Keywords:

counting board, summation, mathematics

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkap analisis secara lebih dalam penerapan media bantu papan hitung tangga pada proses pengajaran penjumlahan Matematika, secara khusus menyangkut dengan materi penjumlahan kelas 1 SD Negeri 04 Bejen Karanganyar. Latar belakang adanya penelitian ini karena siswa kelas 1 ada beberapa anak yang masih bingung dalam mempelajari konsep materi penjumlahan puluhan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif menjadi landasan dalam pelaksanaan studi ini, dengan metode deskriptif serta menerapkan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sasaran utama dalam pengumpulan data penelitian meliputi siswa kelas 1, dan guru kelas 1 SD Negeri 04 Bejen Karanganyar. Dari temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan papan hitung tangga sebagai alat bantu yang mampu membantu siswa memahami konsep penjumlahan secara visual, dan konkret. Media alat peraga ini memberikan pengalam belajar secara langsung melalui benda nyata yang dapat dimanipulatif, yang menjadikan proses berhitung lebih mudah dipahami, selain itu penggunaan alat peraga ini juga mencipakan suasana belajar yang lebih menarik, interaktif, dan dapat membangun partisipasi siswa di kelas. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa papan hitung tangga merupakan media pembelajaran yang efektif untuk mendukung pemahaman konsep penjumlahan pada siswa kelas 1 SD Negeri 04 Bejen Karanganyar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aisyah Widyawati, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Sri Mulyati, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

References

Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R.,

Maharani/publication/3596527

Septiyani, S. A., & Setiawan,

02_Metodologi_Penelitian_Ku

U. (2023). Konsep Dasar

alitatif/links/6246f08b21077329

Media Pembelajaran.

f2e8330b/Metodologi-

Devi, M. M. Y. (2019). PROGRAM

Penelitian-Kualitatif.pdf

STUDI PENDIDIKAN GURU

Makkawaru, M. (2019). Pentingnya

MADRASAH IBTIDAIYAH

Pendidikan Bagi Kehidupan

JURUSAN PENDIDIKAN

dan Pendidikan Karakter

GURU MADRASAH

dalam Dunia Pendidikan. 8(3).

IBTIDAIYAH FAKULTAS ILMU

noviyanti, cahyono, & adiputra.

TARBIYAH DAN KEGURUAN

(2025). ANALISIS

UNIVERSITAS ISLAM

PENGGUNAAN MEDIA

NEGERI MAULANA MALIK

PEMBELAJARAN PAPAN

IBRAHIM MALANG.

EDUKASI PINTAR (PAKAPI)

Irwansyah, I. (2021). Efektivitas

TERHADAP KEMAMPUAN

Penerapan Alat Peraga Aktual

BERHITUNG PENJUMLAHAN

Terhadap Hasil Belajar Fisika

SISWA KELAS 1 DI SDN 1

Pada Materi Pengukuran.

AWEH. JURNAL

Lensa, 15(2), 46–52.

PENDIDIKAN DASAR SETIA

https://doi.org/10.58872/lensa.

BUDHI (JPDS), 8(2).

v15i2.14

https://jurnal.usbr.ac.id/jpds/art

Jonata. (2022). Metodologi penelitian

icle/view/530

kualitatif. PT. Global Eksekutif.

Downloads

Published

2025-07-06