Tantangan Evaluasi Pembelajaran PAI Berbasis IT di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27075Keywords:
Tantangan, Evaluasi Pembelajaran, Era DigitalAbstract
Perkembangan teknologi informasi di era digital telah membawa dampak besar terhadap sistem pendidikan, termasuk dalam evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pemanfaatan teknologi memberikan kemudahan dalam pelaksanaan evaluasi yang lebih efisien, fleksibel, dan akurat melalui berbagai platform digital. Namun demikian, penerapan evaluasi berbasis IT tidak terlepas dari berbagai tantangan, seperti kesenjangan akses teknologi, rendahnya literasi digital guru dan siswa, serta potensi penurunan integritas akademik akibat kecurangan dalam evaluasi daring. Evaluasi PAI juga dituntut untuk tetap memperhatikan dimensi spiritual, sosial, dan moral, yang sering kali terpinggirkan dalam pendekatan digital murni. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif untuk mengidentifikasi tantangan-tantangan tersebut serta solusi strategis yang dapat diterapkan. Hasil kajian menunjukkan bahwa diperlukan pelatihan guru, kebijakan pendidikan yang adaptif, serta pengembangan platform digital yang sesuai dengan karakteristik PAI. Evaluasi digital harus dirancang secara bijak agar tidak hanya menilai kognisi, tetapi juga membentuk akhlak dan karakter siswa sesuai nilai-nilai Islam. Dengan pendekatan holistik dan kolaboratif, evaluasi berbasis IT dapat menjadi instrumen efektif dalam mewujudkan pendidikan PAI yang berkualitas dan kontekstual di era digital.Downloads
References
Evaluasi Pembelajaran Berbasis
Teknologi Informasi Dan
Komunikasi. Humanis : Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat,
19(1), 1–5.
Anisa, N., & Usman. (2025).
Lemahnya Integrasi Literasi
Digital dalam Pembelajaran PAI:
Tinjauan Pustaka pada Lingkup
Sekolah. Advances In Education
Journal, 1(5).
Asriani, A., Nurdin, N., & Askar, A.
(2024). Tantangan Pendidikan
Islam di Era Digital. Jurnal
Uindatokarama (Prosiding Kajian
Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era
Society 5.0), 1(1), 89–101.
https://doi.org/10.58578/anwarul.
v1i1.37
Baraka. (2024). Mendeteksi
Kecurangan dengan AI _ Solusi
untuk Mencegah Kecurangan
Akademik - Biro Perencanaan
Sumber Daya Manusia dan Karir.
Baraka.
Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam
di Era Digital: Tantangan dan
Peluang pada Abad 21. Al-Mikraj
, 4(1), 33–41. Retrieved from
https://ejournal.insuriponorogo.ac
.id/index.php/almikrajDOI:https://
doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.30
06
Harahap, A. H. (2025). Strategi
Pembelajaran Berbasis
Teknologi Untuk Guru Pendidikan
Agama Islam di Era Digital. Jurnal
Edukatif, 3(1), 112–118.
Hidayat, A., & Abdullah, A. (2025).
Pengaruh Penggunaan Teknologi
dlm Evaluasi Pendidikan Agama
Islam di Era Digital. Journal
Islamic Education And Law, 1(1),
23–33.
Khasanah, M. (2024). Tantangan
Penerapan Teknologi Digital
dalam Pendidikan Islam :
Memanfaatkan Inovasi untuk
Meningkatkan Mutu
Pembelajaran. Leader: Jurnal
Manajemen Pendidikan Islam,
2(2), 282–289.
https://doi.org/10.32939/ljmpi.v2i
2.4240
Linda Novitasari. (2023). Pendidikan
Dan Pembelajaran Di Era Digital.
Perpustakaan Universitas Jambi,
p. 1. Retrieved from
https://librarynew.unja.ac.id/pend
idikan-dan-pembelajaran-di-era-
digital/
Marzuki, I., & Soraya, F. (2024).
Transformasi Model Evaluasi
Pembelajaran Berbasis
Teknologi Di Era Society.
Tadarus Tarbawy, 6(2), 167–179.
Prayetno, I. (2025). Tantangan Dan
Solusi Dalam Pembelajaran PAI
Di Era Digital. Jurnal Kajian Islam
Dan Sosial Keagamaan, 2(3),
616–622.
Robbi, Z. F. (2025). Pendidikan
Agama Islam Di Era Digital Dan
Tantangan Nya : Tinjauan
Literatur. Jurnal Multidisiplin Ilmu
Akademik, 2(3), 21–28.
Rochim, A. S., & Sutiah. (2023a).
Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran Pai Melalui
Evaluasi Media Digital:
Tantangan Dan Peluang Di Era
Digital. Pendas : Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 09, 17–23.
Rochim, A. S., & Sutiah. (2023b).
Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran Pai Melalui
Evaluasi Media Digital:
Tantangan Dan Peluang Di Era
Digital. Pendas : Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 09(04), 17–23.
San Mikael Sinambela, Joy Novi Yanti
Lumbantobing, Mima Defliyanti
Saragih, Al Firman Mangunsong,
Chairun Nisa, Johan Pardamean
Simanjuntak, & Jamaludin
Jamaludin. (2024). Kesenjangan
Digital dalam Dunia Pendidikan
Masa Kini dan Masa Yang Akan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.