Tantangan Evaluasi Pembelajaran PAI Berbasis IT di Era Digital

Authors

  • Ariibah Radita UIN Walisongo Semarang
  • Nafidatun Nisa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Siti Nurhalisa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Fippy Hidayati Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Shodiq Abdullah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27075

Keywords:

Tantangan, Evaluasi Pembelajaran, Era Digital

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di era digital telah membawa dampak besar terhadap sistem pendidikan, termasuk dalam evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pemanfaatan teknologi memberikan kemudahan dalam pelaksanaan evaluasi yang lebih efisien, fleksibel, dan akurat melalui berbagai platform digital. Namun demikian, penerapan evaluasi berbasis IT tidak terlepas dari berbagai tantangan, seperti kesenjangan akses teknologi, rendahnya literasi digital guru dan siswa, serta potensi penurunan integritas akademik akibat kecurangan dalam evaluasi daring. Evaluasi PAI juga dituntut untuk tetap memperhatikan dimensi spiritual, sosial, dan moral, yang sering kali terpinggirkan dalam pendekatan digital murni. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif untuk mengidentifikasi tantangan-tantangan tersebut serta solusi strategis yang dapat diterapkan. Hasil kajian menunjukkan bahwa diperlukan pelatihan guru, kebijakan pendidikan yang adaptif, serta pengembangan platform digital yang sesuai dengan karakteristik PAI. Evaluasi digital harus dirancang secara bijak agar tidak hanya menilai kognisi, tetapi juga membentuk akhlak dan karakter siswa sesuai nilai-nilai Islam. Dengan pendekatan holistik dan kolaboratif, evaluasi berbasis IT dapat menjadi instrumen efektif dalam mewujudkan pendidikan PAI yang berkualitas dan kontekstual di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Evaluasi Pembelajaran Berbasis

Teknologi Informasi Dan

Komunikasi. Humanis : Jurnal

Pengabdian Kepada Masyarakat,

19(1), 1–5.

Anisa, N., & Usman. (2025).

Lemahnya Integrasi Literasi

Digital dalam Pembelajaran PAI:

Tinjauan Pustaka pada Lingkup

Sekolah. Advances In Education

Journal, 1(5).

Asriani, A., Nurdin, N., & Askar, A.

(2024). Tantangan Pendidikan

Islam di Era Digital. Jurnal

Uindatokarama (Prosiding Kajian

Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era

Society 5.0), 1(1), 89–101.

https://doi.org/10.58578/anwarul.

v1i1.37

Baraka. (2024). Mendeteksi

Kecurangan dengan AI _ Solusi

untuk Mencegah Kecurangan

Akademik - Biro Perencanaan

Sumber Daya Manusia dan Karir.

Baraka.

Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam

di Era Digital: Tantangan dan

Peluang pada Abad 21. Al-Mikraj

, 4(1), 33–41. Retrieved from

https://ejournal.insuriponorogo.ac

.id/index.php/almikrajDOI:https://

doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.30

06

Harahap, A. H. (2025). Strategi

Pembelajaran Berbasis

Teknologi Untuk Guru Pendidikan

Agama Islam di Era Digital. Jurnal

Edukatif, 3(1), 112–118.

Hidayat, A., & Abdullah, A. (2025).

Pengaruh Penggunaan Teknologi

dlm Evaluasi Pendidikan Agama

Islam di Era Digital. Journal

Islamic Education And Law, 1(1),

23–33.

Khasanah, M. (2024). Tantangan

Penerapan Teknologi Digital

dalam Pendidikan Islam :

Memanfaatkan Inovasi untuk

Meningkatkan Mutu

Pembelajaran. Leader: Jurnal

Manajemen Pendidikan Islam,

2(2), 282–289.

https://doi.org/10.32939/ljmpi.v2i

2.4240

Linda Novitasari. (2023). Pendidikan

Dan Pembelajaran Di Era Digital.

Perpustakaan Universitas Jambi,

p. 1. Retrieved from

https://librarynew.unja.ac.id/pend

idikan-dan-pembelajaran-di-era-

digital/

Marzuki, I., & Soraya, F. (2024).

Transformasi Model Evaluasi

Pembelajaran Berbasis

Teknologi Di Era Society.

Tadarus Tarbawy, 6(2), 167–179.

Prayetno, I. (2025). Tantangan Dan

Solusi Dalam Pembelajaran PAI

Di Era Digital. Jurnal Kajian Islam

Dan Sosial Keagamaan, 2(3),

616–622.

Robbi, Z. F. (2025). Pendidikan

Agama Islam Di Era Digital Dan

Tantangan Nya : Tinjauan

Literatur. Jurnal Multidisiplin Ilmu

Akademik, 2(3), 21–28.

Rochim, A. S., & Sutiah. (2023a).

Meningkatkan Kualitas

Pembelajaran Pai Melalui

Evaluasi Media Digital:

Tantangan Dan Peluang Di Era

Digital. Pendas : Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 09, 17–23.

Rochim, A. S., & Sutiah. (2023b).

Meningkatkan Kualitas

Pembelajaran Pai Melalui

Evaluasi Media Digital:

Tantangan Dan Peluang Di Era

Digital. Pendas : Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 09(04), 17–23.

San Mikael Sinambela, Joy Novi Yanti

Lumbantobing, Mima Defliyanti

Saragih, Al Firman Mangunsong,

Chairun Nisa, Johan Pardamean

Simanjuntak, & Jamaludin

Jamaludin. (2024). Kesenjangan

Digital dalam Dunia Pendidikan

Masa Kini dan Masa Yang Akan

Downloads

Published

2025-07-06