PENGARUH PROGRAM GERAKAN LITERASI MEMBACA DAN MENULIS (GEMMAS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BACA TULIS SISWA DI SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.27051Keywords:
Program Gemmas, Literasi Baca Tulis, Sekolah DasarAbstract
Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang Pengaruh Program Gerakan Literasi Membaca dan Menulis (Gemmas) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan pra eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang termasuk memiliki nilai kategori rendah pada kemampuan baca tulis sehingga penelitian ini dikatakan sebagai penelitian purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest – posttest), selanjutnya teknik analisis data yang digunakan yaitu berupa uji Paired Sample Test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa program Gemmas memiliki pengaruh yang efektif terhadap kemampuan literasi baca tulis pada siswa kelas V SDN 1 Hegarmanah yaitu persentase N-Gain sebesar 59,13% > 76% memiliki kategori Cukup Efektif yang diperoleh dari hasil perhitungannya. Dan dapat dilihat dari uji korelasi (2 tailed) = 0,000 < 0,05, ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.
Downloads
References
Saryono, D., Gufran, A.I., Ibrahim, L., Muliastuti, Q.S.A., Akbari, N., Hanifah, M., Noorthertya M., Nento, & Efgeni. (2017). Materi pendukung literasi baca-tulis. Gerakan Literasi Nasional.
Sugiyono, Prof. Dr., Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Cet. XI; Bandung: Alfabeta, 2015
Aprilia, T. R., Siyamto, Y., & Nugroho, S. (2022). Peningkatan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerakan 3M dan Pojok Baca. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 130–136. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.42
Azriansyah, Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Analisis hambatan guru dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) di SDN 32 Cakranegara. Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 262–269.
Bastin, N. (2022). Keterampilan Literasi, Membaca, dan Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=maykEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA4&dq=keterampilan+literasi+membaca+dan+menulis&ots=z4A8Tra1FA&sig=5NXRyzkS3M7hnShbejV53NgyMp0&redir_esc=y#v=onepage&q=keterampilan literasi membaca dan menulis&f=false
Cahyanti, A. N., & Nuroh, E. Z. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Photovoice Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 121–130. https://doi.org/10.37150/perseda.v6i2.2070
Creswell,JohnW.(2014).Researchdesign:Qualitative,quantitative,andmixedmethodsapproaches(4thed).LosAngeles:SagePub.
Hidayati, A., Sholeh, M., Fitriani, D., Isratulhasanah, P., Marwiyah, S., Rizkia, N. P., Fitria, D., & Sembiring, A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 75–80. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.381
Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774
Khadijah, N., Puspita, R. D., & Susanti, E. (2024). Penggunaan model picture and picture kelas IV SD untuk meningkatkan kemampuan membaca cerita fiksi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(3), 540–544. https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.19759
Kusumaningpuri, A. R., & Darsinah. (2021). Implementasi Teori Belajar Vygotsky Pada Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sains Lentera, 1(1), 1–6.
Mustika, I., Puspita, R. D., Wardani, D. S., & Satrio, A. (2023). Pemanfaatan Cyberlink PowerDirector Pada Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi (Utilization of Cyberlink PowerDirector in Learning to Write Text Observation Reports). Indonesian Language Education and Literature, 8(2), 333. https://doi.org/10.24235/ileal.v8i2.11346
Mutji, E. J., & Suoth, L. (2021). LITERASI BACA TULIS KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.97
OECD. (2013). Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. In Echinoderms: Durham - Proceedings of the 12th International Echinoderm Conference. https://doi.org/10.1201/9780203869543- c92
Rahmawati, L. W. A., & Etika, L. (2023). Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Kegiatan Lakusi (Latihan Khusus Literasi). Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3, 60–70. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.57
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















