MODEL TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Almulk Rizka Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Rafidhah Hanum Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Azmil Hasan Lubis Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27043

Keywords:

Talking stick, Hasil belajar, Pembelajaran matematika, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di sekolah Dasar dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media roda berputar bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang menggunakan model Kurt Lewin. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap disetiap siklusnya, yaitu perencanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 01 Aceh Besar. Data penelitian diperoleh dari Teknik obeservasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan Teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatakan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika dengan ,menggunakan Model talking stick berbantuan media flash Card dengan pendekatan STEM. Peningkatan aktivitas belajar ditinjau dari aktivitas guru dan peserta didik. Hasilnya, terjadi peningkatan aktivitas guru dari 75,02% pada siklus I menjadi 85,7% pada siklus II. Lebih lanjut, peningkatan aktivitas belajar juga terjadi pada peserta didik yaitu meningkat dari 71% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II. Disisi lain, peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik adalah 60,8% pada siklus I meningkat 82,6% pada siklus II. Berdasarkan hasiltersebut, maka Model talking stick berbantuan media flash Card dengan pendekatan STEM dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan rendahnya hasil belajar Matematika peserta didik di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baid, N., Hulukati, E., Usman, K., & Zakiyah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Aritmetika Sosial. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(2), 164–172. https://doi.org/10.34312/euler.v10i2.16342

Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.302

Fredricks, J. A., Filsecker, M., & Lawson, M. A. (2016). Student engagement, context, and adjustment: Addressing definitional, measurement, and theoretical issues. Handbook of Research on Student Engagement.

Hailikari, T., Katajavuori, N., & Lindblom-Ylänne, S. (2016). Motivation and approaches to learning in differentas teaching formats. Higher Education, 72(3), 373-387.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Holubec, E. J. (2019). Cooperation in the classroom. Interaction Book Company.

Kamarudin, K., Irwan, I., & Daud, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(4), 1847–1854.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research.

Krajcik, J., & Delen, I. (2017). STEM education: Integrating all four disciplines. Science and Children, 54(2), 10-13.

Lubis, A. H. (2023). The Interactive Multimedia Based on Theo-Centric Approach as Learning Media during the Covid-19 Pandemic. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 12(2), 210-222.

Maulina, S., Fachrunnisa, O., & Rahmatika, D. (2020). The influence of teacher’s competence on students’ learning motivation. Journal of Educational Sciences, 4(4), 521-530.

Mayer, R. E. (2014). Cognitive theory of multimedia learning. Cambridge handbook of multimedia learning.

Nurhayati, N. D., Wulandari, F., & Rahayu, S. (2020). Implementasi model pembelajaran inovatif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 150-160.

Nurliza, M., Lubis, A. H., & Lubis, S. S. W. (2024). Word Square Model Used by Poster Media to Improve Primary School Student Learning Outcomes. Journal of Indonesian Primary School, 1(1), 19-28.

Putra, M. J., Saleh, M. I. K., & Dedy, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN 225 Palembang. Jurnal …, 4(20), 35–45.

Putri, A., & Ayu, S. (2018). Challenges in implementing new learning models. Journal of Education and Practice, 9(6), 115-120.

Rahayu, S., & Riyadi, R. (2019). The relationship between teacher activity and student learning outcomes. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(1), 30-38.

Rindengan, M. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Inpres Leleko. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(6), 429–438. https://doi.org/10.5281/zenodo.7902366

Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). Learning 21st-century skills requires 21st-century teaching. Phi Delta Kappan.

Silvia, I., Oviana, W., & Lubis, A. H. (2023). Improving Learning Outcomes of Elementary School Students by Using Mind Mapping Models with Audio Visual Media: A Classroom Action Research. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 41-53.

Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 298–308. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448.

Ulfa, N. M. (2020). Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini.

Downloads

Published

2025-07-06