REVIEW LITERATUR : PENGGUNAAN SIMULASI FISIKA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27033Keywords:
Physics Simulation, Digital Learning Media, Physics LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mereview literatur terkait penggunaan simulasi fisika dalam pembelajaran fisika di SMA. Metode yang digunakan adalah literature review dengan jenis narrative literature review (NLR) yang disusun secara eksplisit, sistematis dan replicable yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis hasil penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara trianggulasi (gabungan) berupa kajian pustaka dari ilmiah, jurnal dan sumber literatur relevan lainnya. Data dianalisis secara deskriptif-induktif untuk mengevaluasi potensi dan kegunaan media dalam pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan simulasi fisika seperti PhET Simulation, Physic Classroom, Crocodile Physics, Olabs dan Modellus mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa yang abstrak, keterampilan proses sains serta motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, simulasi fisika terbukti menjadi inovasi pembelajaran yang potensial dalam mendukung pembelajaran fisika yang interaktif, menarik dan kontekstual.Downloads
References
Putri Natalia, D., Merry Febriyana, M.,
Tri Ustati, R., & Rahmawati, Y.
(2021). Pengembangan E-Modul
Praktikum Crocodile Physics
Berbasis POE. Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Pendidikan Fisika,
10.
Rahma, F. N., & Kurniawan, E. S.
(2021). Penilaian Kemampuan
Representasi Grafik Mahasiswa
Pada Konsep Gerak Parabola
Berbantuan Video Simulasi
Software Modellus. 7(2).
Rahmah, A., & Yahfizham. (2024).
Studi Literatur : Penggunaan
Software Geogebra untuk
Meningkatkan Kemampuan
Berpikir Komputasi Siswa Pada
Pembelajaran Matematika.
Journal of Student Research
(Jsr), 2(4), 24–40.
Rahman, N. A., Amiroh, D., & Hamid,
F. (2021). Studi Literatur : Analisis
Penggunaan E-Book dalam
Pembelajaran Fisika. 13(2), 20–
26.
Rahmawati, Y., Febriyana, M. M.,
Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., &
Suendarti, M. (2022).
Pengembangan Media
Pembelajaran Fisika Berbasis
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.