EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA REKAYASA GUNUNG MELETUS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26905Keywords:
Universitas Pendidikan Indonesia, SumedangAbstract
Media pembelajaran berperan penting dalam membantu peserta didik sekolah dasar memahami materi abstrak, seperti pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS) materi daerahku dan kekayaan alamnya, terutama pada tahap keterampilan kolaborasi dan pemahamannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media Rekayasa Gunung Meletus dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan pemahaman siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Sampel terdiri dari 42 peserta didik kelas IV yang dibagi menjadi kelas eksperimen (21 peserta didik, menggunakan media Rekayasa Gunung Meletus) dan kelas kontrol (21 peserta didik, tanpa media Rekayasa Gunung Meletus). Pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes, dan observasi, dengan analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, independent sample t-test, dan N-Gain dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Rekayasa Gunung Meletus efektif meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik, dibuktikan dengan rata-rata persentase angket pada kelas eksperimen sebesar 78,08% (kategori efektif), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 45,15% (kurang efektif). Uji independent sample t test menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelas dengan perolehan nilai t = 3,338 dengan Sig. One-Sided P = < 0,001 dan Sig. Two-Sided P = < 0,002 (sig < 0,05), dengan rata-rata N-Gain kelas eksperimen 52,6037% (cukup efektif) dan kelas kontrol 17,1617% (kurang efektif). Observasi juga menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 100% dan kelas kontrol 55,84%. Kesimpulannya, media Rekayasa Gunung Meletus efektif digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi daerahku dan kekayaan alamnya untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan pemahaman peserta didik kelas IV SD.Downloads
References
Dalil Rohman, A., Hanifah, H., Ghany Hayudina, H., & Islam Negeri Abdurrahman Wahid Pekalongan, U. K. (n.d.). PENGGUNAAN MEDIA KARTU TRANSFORMASI ENERGI PADA MATA PELAJARAN IPAS DALAM MENINGKATKAN SIKAP BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV MII DEGAYU 02 PEKALONGAN. http://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai
Didik, P., Khairunnisa, K. V, Aeni, A. N., & Ismail, A. (n.d.). PERAN MEDIA INTERAKTIF CLASSPOINT PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF.
Greenstein, L. M. (2012). Assessing 21st century skills: A guide to evaluating mastery and authentic learning. Corwin Press.
Guna, D., Sebagian, M., Mencapai, S., Sarjana, G., Program, K., Fakultas, S. K., & Kesehatan, I. (n.d.). EFEKTIVITAS METODE PELATIHAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI: LITERATURE REVIEW NASKAH PUBLIKASI.
Harahap, K. G., Pradana, H., Iskandar, W., Percut, K., Tuan, S., Serdang, K. D., & Utara, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 06(03), 17218–17223.
Hasyim Asy’ari, U., & Jombang, T. (2018). “Tantangan dan Peluang Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.”
Miarso, Y. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Kencana.
Nur Aeni, A., Nur Nofriani, A., Ayuni Fauziah, I., & Ahmad Fauzi, I. (2022). Pemanfaatan Media Animasi Berbasis Aplikasi Renderforest Dalam Membentuk Kepribadian Islami Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(6), 279–287. https://doi.org/10.52436/1.jpti.183
Putri Pramestia Ningrum, & Dahlan, Z. (2023). Pengembangan Medıa Swıvel Wheel Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa Pada Mata Pelajaran IPS Dı Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 250–262. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5363
Ratna Sari, T. A., Permana, E. P., & Anam, M. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning Dengan Eksperimen Gunung Berapi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1552
Sanjaya, D. H. W. (2006). Strategi pembelajaran berorentasi standar proses pendidikan.
Sukmana, A. P., Iriansyah, H. S., Stkip, E., & Negara, K. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Dampak Globalisasi melalui Pembelajaran Discovery Learning.
Supardi, S. E. (2013). Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Zubaidah, S., & Uliyanti, E. (n.d.). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.