PERAN PEMBELAJARAN FIQIH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 INDRAGIRI HILIR

Authors

  • Zaitun Abidin institut agama islam abdullah said batam

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26894

Keywords:

pembelajaran Fiqih, pembentukan karakter, pendidikan Islam.

Abstract

Pembelajaran fiqih memiliki peran penting dalam pendidikan Islam, tidak hanya sebagai sarana untuk memahami hukum-hukum agama, tetapi juga sebagai alat untuk membentuk karakter siswa. Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir, pembelajaran fiqih dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang memiliki potensi besar dalam pembentukan nilai-nilai karakter, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kedisiplinan. Namun, implementasi yang efektif terhadap pembelajaran fiqih dalam membentuk karakter siswa masih perlu dieksplorasi lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pembelajaran fiqih dalam pembentukan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi pembelajaran fiqih dalam proses pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru fiqih dan beberapa siswa, observasi kelas fiqih, serta studi dokumentasi terkait kurikulum dan aktivitas pembelajaran di madrasah. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis tematik untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang peran pembelajaran fiqih dalam membentuk karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir berperan signifikan dalam pembentukan karakter siswa. Karakter-karakter seperti kejujuran, kedisiplinan, dan rasa tanggung jawab berkembang melalui pendekatan pembelajaran yang diterapkan. Penggunaan metode ceramah, diskusi, dan simulasi yang interaktif memungkinkan siswa untuk memahami dan menginternalisasi nilai-nilai fiqih dalam kehidupan sehari-hari mereka. Pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Indragiri Hilir memiliki peran yang penting dalam pembentukan karakter siswa. Penguatan metode pembelajaran yang lebih variatif dan pemberian perhatian terhadap faktor pendukung pembelajaran dapat meningkatkan hasil pembentukan karakter siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2015). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiman, A. (2013). Efisiensi Metode dan Media Pembelajaran dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Efisiensi Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 8(1), 59–82.

Creswell, J. W. (2015). Research Design : Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches (4th ed.). London: SAGE Publications Ltd.

Mahtumah, M. (2023). Peran Guru sebagai Teladan (Modeling the Way) dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 1(5), 17–29.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad, M., Sulaiman, S., & Jabaliah, J. (2019). Antisipatif Penyalahgunaan Narkoba Melalui Pendidikan Karakter Di Kalangan Siswa Madrasah Aliyah Di Provinsi Aceh. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 126–140.

Ningsih, T. (2019). Peran pendidikan islam dalam membentuk karakter siswa di era revolosi industri 4.0 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220–231.

Nurhayati. (2023). DETERMINASI KINERJA GURU : PENGEMBANGAN KURIKULUM, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 165–170.

Nurhayati, N. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Guru di Sekolah Dasar Islam terpadu Kepulauan riau. Jurnal Literasiologi, 11(1).

Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). DETERMINASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM : SISTEM PENDIDIKAN , PENGELOLAAN PENDIDIKAN , DAN TENAGA PENDIDIKAN ( LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ). 3(1), 451–464.

Rizkyani, A., Hermawan, I., & Farida, N. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Membentuk Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh. Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 247–256.

Siregar, Z. A. B. (2024). Implikasi Metode Mentoring Halaqah dalam Pembentukan Akhlak Siswa Madrasah. AHDÃF: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 39–54.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cet. 22). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-06-30