PENGGUNAAN KOLOKIAL PADA TUTURAN CONTENT CREATOR KULINER (FOOD VLOGGER) DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI SMP KELAS VIII

Authors

  • farah hasnah imtinan farah hasnah imtinan
  • Dina Nurmalisa Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26889

Keywords:

Bahasa Kolokial, Food Vlogger, Pembelajaran Teks Iklan, Sosiolinguistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan bahasa kolokial dalam tuturan content creator kuliner (food vlogger) dan implikasinya terhadap pembelajaran teks iklan di SMP kelas VIII. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiolinguistik, yang berfokus pada empat channel YouTube, yaitu Shanty Denny, Mgdalenaf, Dyodoran, dan Separuh Aku Lemak. Data dikumpulkan melalui teknik simak dan catat, dengan mengamati tuturan yang mengandung kolokial dalam konten kuliner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima bentuk kolokial yang dominan, yaitu kata tunggal, penggalan kata, polisemi, kontraksi, dan komposisi. Penggunaan bahasa kolokial dalam konten food vlogger menciptakan suasana akrab dan menarik, yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran teks iklan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya bahasa kolokial yang komunikatif dan persuasif dapat meningkatkan keterampilan berbahasa siswa, serta relevansi materi pembelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam kajian sosiolinguistik dan pengembangan materi pembelajaran yang kontekstual di SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Y. (2019). Gereja dan Pengaruh Teknologi Informasi “Digital Ecclesiology.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 270–283. https://doi.org/10.34081/270033

Alfianti, T., Reisya Diva Maharani Putri, Rani Jayanti, & Aditya Nata Widigda. (2024). Penggunaan Bahasa Tradisional Dalam Media Sosial: Representasi Kearifan Lokal Dalam Era Digital. Sasando : Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal, 7(1), 75–85. https://doi.org/10.24905/sasando.v7i1.260

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Diahnisa, T., & Effendri, Y. (2021). Kolokial pada Ujaran Food VLogger Daerah Jabodetabek dan Wonosobo. Bapala, 8(4), 74–87.

Diniarsa, M. R., & Batu, R. L. (2023). Evaluasi Penerapan Kebijakan Diversitas Dan Inklusi Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Organisasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1439–1456. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.2852

Effendy, R., Wulandari, P. A., Setiyaningsih, L. A., & Mariani, A. (2021). Mengglobalkan Makanan Tradisional Lewat Media Sosial Youtube sebagai Budaya Tandingan (Studi Food Vlogger Nex Carlos sebagai Media Promosi Kuliner Lokal). Jurnal Nomosleca, 7(2), 148–159. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v7i2.6581

Febrianita, R. H., Nursanti, S., & Utamidewi, W. (2023). Pengaruh Konten Instagram Food Vlogger @gina_angelia terhadap Minat Kuliner pada Followers. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(2), 687–697. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i2.4876

Febrianti.N, A., & Mujianto, G. (2023). Kolokial Bentuk Representasi Keakraban dalam Pemakaian Bahasa Militer dengan Model Kekuasaan sebagai Fungsi Interaksional. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(2), 108–122. https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i2.20970

Ghiyasah, A. M., Fajar, M., Nurrijki, M., Zidan, M., & Fu, A. (2025). Indonesia Analisis Historis dan Linguistik. 2(2).

Hasanah, R., & Aprilia, R. P. (2024). Pengaruh Interaksi Virtual Terhadap Pembentukan Bahasa Slang Di Komunitas Gamer Indonesia : Perspektif Sosiolinguistik The Impact Of Virtual Interaction On The Formation Of Slang Language In Indonesian Gaming Communities : A. 3821–3829.

Ichsano, A., Mayangsari, A., Nayla, N., Christcanti, R., Zahra, S. F., & Rizkyanfi, M. W. (2024). Bahasa Indonesia Dan Resiliensi Psikologis: Peran Bahasa Meningkatkan Ketahanan Mental Individu Dalam Menghadapi Tantangan Hidup. paedagogy : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 4(2), 206–218. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v4i2.3138

Irawan, K. A., Triana, L., & Riyanto, A. (2024). Jargon Food Vlogger Pada Chanel Youtube Nex Carlos, Hobby Makan, Kubiler dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4392–4397.

Isnaintri, E., Faidhotuniam, I., & Yuhana, Y. (2023). Filsafat Realisme Aristoteles: Mengungkap Kearifan Kuno dalam Implementasi Pembelajaran Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(2), 247–256. https://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.11074

Johan Faladhin. (2024). Food Vlogger vs. e-WoM: Preferensi Kepercayaan Konsumen dalam Memilih Tempat Makan di Pekanbaru. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(3), 205–225. https://doi.org/10.54259/mukasi.v3i3.2928

Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.

Nendriyani, M., & Atiqa Sabardilla. (2023). Kohesi Leksikal Pada Iklan Minuman di YouTube. ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 3(3), 591–600. https://doi.org/10.58218/alinea.v3i3.731

Sari, H. D., Riandi, R., & Surtikanti, H. K. (2024). Bahan Ajar Digital Bermuatan Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Pada Materi Bioteknologi Konvensional. Jurnal Basicedu, 8(1), 263–276. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6503

Sitepu, E., & Sabrin, ). (2020). Strategi Komunikasi Pariwisata Dalam Meningkatkan Minat Berwisata Di Sumatera Utara. Agustus, 9, 28–44.

Spradley, P., & Huberman, M. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif

Yosani, Y. M. A., Ginanjar, B., & Nurjanah, A. F. (2022). Penggunaan Eufemisme Dalam Komentar Di Postingan Instagram Nadiem Makarim. Hasta Wiyata, 5(2), 119–131. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2022.005.02.02

Downloads

Published

2025-06-11