EFEKTIVITAS METODE TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK DALAM ESTRAKURIKULER BASKET DI SMPN 1 KIBIN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.26809Keywords:
Token Ekonomi, Disiplin, Ekstrakurikuler BasketAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa terdapat beberapa perilaku kurang disiplin yang ditunjukkan oleh beberapa anak saat proses pelatihan basket di sekolah, pelatih memiliki kesulitan dalam menemukan cara untuk mendorong kedisplinan anak, oleh karena itu peneliti dan juga pelatih memiliki inisiatif untuk mengembangkan kegiatan latihan dengan metode token ekonomi agar anak lebih disiplin dan antusias dalam sesi latihan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Kibin di daerah Kabupaten Serang, dengan waktu penelitian selama seminggu dan dalam 3 kali sesi latihan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode token ekonomi dilihat dari kedisiplinan anak sebelum dan sesudah penerapan metode token ekonomi dalam ekstrakurikuler basket di SMPN 1 Kibin. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan one group pretest dan post-test design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 anak terdiri dari 2 laki-laki dan 3 perempuan. Instrument penelitian menggunakan observasi dan dokumentsi, dengan analisis datanya menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Alat ukur yang digunakan menggunakan skala presentase siklus. Dari analisis data yang dilakukan dapat diproleh hasil Pra siklus sebesar 31%, siklus I sebesar 59% dan siklus II sebesar 94%, dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode token ekonomi efektif digunakan, karena adanya peningkatan kedisiplinan anak sesudah penerapan metode token ekonomi dalam ekstrakurikuler basket di SMPN 1 Kibin.Downloads
References
Amalo, Indri Graecela, and Ajeng Ayu Widiastuti. 2020. “Pengaruh Penggunaan Token Ekonomi Dalam Menurunkan Perilaku Disruptif Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 500. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.622.
Aprilia, Fajri, and Junita Dwi Wardhani. 2023. “Efektivitas Penerapan Metode Token Ekonomi Terhadap Tingkat Kedisiplinan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (2): 1787–98. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4069.
Aprilianti, Dwi Heryanto, Effy Mulyasari. 2017. “Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar II (1): 63–75.
Arifin, Andrianto, Baharuddin Sammaila, and Aryati Arfah. 2022. “Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswakelas Xii Smas Muhammadiyah 1 Baubau.” Jurnal Multidisipliner Bharasumba 1 (02): 54–60. https://doi.org/10.62668/bharasumba.v1i02.100.
Assyifa, Nadila, and Luluk Iffatur Rocmah. 2024. “Penerapan Metode Token Ekonomi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK ABA Gondanglegi Sutojayan.” Jurnal Simki Pedagogia 7 (2): 573–85. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i2.806.
Kasmawarni, Kasmawarni. 2018. “Peningkatan Kedisiplinan Anak Melalui Penerapan Teori Neurosains Di Taman Kanak-Kanak Al Hidayah Aia Tabik.” Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 5 (2): 85–98. https://doi.org/10.24036/103739.
Nadar, Wahyuni, Tina Maharani, and Shally Shartika. 2019. “Penerapanan Metode Pembiasaan Token Economy Untuk Peningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini.” Instruksional 1 (1): 56. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.56-65.
Senen, Anwar. 2024. “Penggunaan ‘ Metode Token Ekonomi ’ Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kedisiplinan Siswa Kelas III” 8 (6): 2073–86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6400.
Sobri, Muhammad. 2020. Kontribusi Kemandirian Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar. Guepedia.
Utami, Fadilah. 2021. “Pengasuhan Keluarga Terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2): 1777–86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985.
Yusmita, Fitriatul Masruroh, Riza Faishol. 2022. “EFEKTIVITAS FILM MOTIVASI UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA REMAJA YANG MENGHADAPI UJIAN SBMPTN” 02 (06): 80–90.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.