ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DONGENG ANAK INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 1 MEKARMULYO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26784Keywords:
kemampuan membaca pemahaman, teks dongeng anak IndonesiaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan peserta didik di kelas IV SD Negeri 1 Mekar Mulya untuk memahami teks dongeng. Empat indikator utama yang digunakan untuk melakukan analisis adalah: (1) menemukan ide utama, (2) memasangkan pertanyaan dan jawaban, (3) menyusun kembali cerita, dan (4) menjawab pertanyaan berdasarkan teks. Penelitian ini adalah studi kasus kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bersumber dari guru kelas IV dan 22 siswa kelas IV dari SD Negeri 1 Mekarmulyo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV SD Negeri 1 Mekarmulyo sangat mampu membaca teks dongeng Anak Indonesia; dari 22 siswa, 12 masuk dalam kategori sangat mampu, 12 masuk dalam kategori mampu dalam membaca pemahaman, dan 1 masuk dalam kategori tidak mampu. Dari keempat indikator yang digunakan dalam penelitian ini, indikator menemukan ide pokok mendapatkan persentase tertinggi sebesar 93%, sedangkan indikator menceritakan kembali cerita mendapatkan persentase terendah sebesar 86%.Downloads
References
Agustina, E. S. (2023). Paradigma Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, Untukmu Guruku.
Berliana, S., Hasan, D. A., & Setiawaty, R. (2024). Studi Eksplorasi Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Menggunakan Cerita Dongeng Kelas V Sdn 4 Dersalam.Hikamatzu Journal of Multidisciplinary, 1(1), 154-165. https://yasyahikamatzu.com/index.php/hjm/article/view/53
Habiburahman, L., & Hadi, M. (2024). ''Pengaruh Media Buku CeritaBergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik Kelas IV SD Negeri 3 Rampek Tahun Akademik 2023/2024. Literasi: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 3(3), 200-207.
Humaira, R. Y., Heriyadi, D., & Sidik, G. S. (2022). Meningkatkan Kemampuan membaca Pemahaman Cerita Dongeng Menggunakan Media Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Professional Elementary Education, 1(1), 17-24. https://doi.org/10.46306/jpee.v1i1.3
Inayah, U. N., Fadhillah, D., Enawar, E., & Sumiyani, S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Di Sdn Cipondoh 5 Kota Tangerang. Prosiding Samasta.
Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3R) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3).
Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal). Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta Press. Yogyakarta.
OECD. (2022). PISA PISA 2022 Results
Riza, Y. N., Rohana, R., & Kuswidyanarko, A. (2024). Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 1047–1052. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.697
Sirait, M., Setiana, D., Yanti, D. E., & Amanda, R. S. (2023). Analisis Penggunaan Metode Mendongeng Untuk Membangun Pemahaman Literasi Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Awal. Jurnal PAUD Emas,2(2), 1-16. https://mail.online-journal.unja.ac.id/jpe/article/view/31675
Tahmidaten. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10 (1) 03 https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.