OPTIMALISASI PROSES PENGHAFALAN AL-QUR’AN MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DAN KOGNITIF SANTRI DI PPI DARUSSALAM JEMBER

Authors

  • Misbahul Arifin Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26748

Keywords:

: pengahafalan al-Qur’an, pendekatan behavioristik dan kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui optimalisasi proses pengahafalan al-Qur’an melalui pendekatan behavioristik dan kognitif santri di PPI Darussalam Jember. dengan menggunakan purposive sampling dalam pemilihan sampel pada tempat penelitan. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kuantitatif dan analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon dengan d esain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one grup pretest- posttest. Berdasarkan hasil perhitungan uji wilcoxon menggunakan SPSS ver 25.0 diperoleh nilai Z sebesar -1,826 dengan simpotik signifikansi untuk uji dua arah sebesar 0,068. Dari hasil pengujian di atas, diketahui nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,068. <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya hipotesis dalam penelitian pengahafalan al-Qur’an melalui pendekatan behavioristik dan kognitif santri di PPI Darussalam Jember.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ibrahim, (2018), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta,Cv, 67-72

Janah, M. (2019). Kodifikasi Al-Qur‟an: Studi Atas Pemikiran John Burton. At-Ta’wil 1(01), 1–12.

Junaedi, D. (2015). Living Qur‟an: Sebuah Pendekatan Baru Dalam Kajian Al-Qur‟an (Studi Kasus Di Pondok Pesantren As-Siroj Al-Hasan Desa Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon). Journal of Qur’an and Hadith Studies, 4(2), 169–90.

Khaeroni, C. (2017). Sejarah al-Qur‟an (Uraian Analitis, Kronologis, dan Naratif tentang Sejarah Kodifikasi Al-Qur‟an). HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 5(2), 195–206.

Khaliq, Abdurrahman Abdul. (2006), Bagaimana Menghafal Al-Qur‟an, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Khodijah, Nyayu, 2014, Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kurniawan. Muhammad, Muslim. Moh, Hakim. Dian Mohammad, (2022), Peran Pendidikan Pesantren Untuk Membentuk Kemandirian Penghafalan Al-Qur’an (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Nur Muhammad), (Vol.7, No.9).

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian, 330.

Lubis, Namora Lumongga. (2013), Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori DanPratik, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mahmud. (2010), Psikologi Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia.

Downloads

Published

2025-06-02