PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN MELALUI EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SDN SENDANGGUWO 01 SEMARANG

Authors

  • Kuncoro Bayu Utomo Universitas PGRI Semarang
  • Rofian Universitas PGRI Semarang
  • Riris Setyo Sundari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26742

Keywords:

ekstrakurikuler karawitan, Karakter Disiplin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler karawitan serta penanaman nilai karakter disiplin pada siswa di SDN Sendangguwo 01 Semarang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan triangulasi sumber untuk keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler karawitan di sekolah ini berjalan secara terstruktur melalui tiga komponen utama: pendahuluan, inti, dan penutup. Pada tahap pendahuluan, dilakukan perencanaan matang, penyampaian jadwal, aturan, serta pemberian motivasi. Tahap inti berfokus pada pembelajaran teknik instrumen secara langsung dan pemberian kesempatan siswa untuk mempraktikkan kemampuannya. Tahap penutup melibatkan evaluasi, refleksi, dan umpan balik terhadap proses latihan. Penanaman nilai disiplin tercermin melalui kebiasaan datang tepat waktu, kepatuhan terhadap tata tertib, serta pembiasaan menyelesaikan tugas yang diberikan secara tepat waktu. Kegiatan ekstrakurikuler karawitan terbukti efektif sebagai media pembentukan karakter disiplin siswa melalui pengalaman langsung, pembiasaan, dan keteladanan dalam lingkungan sosial sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adesita, D., Rofian, R., & Rahmawati, I. (2019). Persepsi Orang Tua Siswa Kelas IV Terhadap Pentingnya Pembentukan Karakter Peduli Sosial. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 61–68.

Aisara, F., Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan kembali budaya lokal melalui kegiatan ekstrakulikuler untuk anak usia sekolah dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149–166.

Arisyanto, P., Sundari, R. S., & Untari, M. F. A. (2018). Pembelajaran ekstrakurikuler tari untuk penanaman karakter bagi siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 3(1).

Asrul, A., Saragih, A. H., & Mukhtar, M. (2022). Evaluasi pembelajaran.

Dandi, M., & Nurhidayat, N. (2022). Analisis Tingkat Kedisiplinan Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler. Jurnal Porkes, 5(1), 272–282.

Istiana, A., & Pamungkas, J. (2023). Implementasi Nilai Karakter Disiplin pada Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5671–5863.

Izzati, U. A., Rofian, R., & Basyar, M. A. K. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Film Taare Zameen Par. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 3(3), 324–331.

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar pada masa pembelajaran daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071.

Muthmainna, F. A. (2025). Strategi Sekolah Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Sekolah dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Mas At-Taqwa Beru. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 3(1), 317–332.

Nasution, W. N. (2017). Strategi pembelajaran.

Nava Angel Gea, S. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Langsung dalam Meningkatkan Keterampilan Prosedural Siswa (Vol. 16, Nomor 1).

Nurjannah, L., Hamidsyukrie, Z. M., & Jahiban, M. (2018). Penerapan Tata Tertib Sekolah dalam Pembinaan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(1).

Purnomo, N. A., & Demartoto, A. (2022). Akulturasi Budaya dan Identitas Sosial dalam Gending Jawa Kontemporer Kreasi Seniman Karawitan di Surakarta. Jurnal Analisa Sosiologi, 11(3).

Rasyid, R., Fajri, M. N., Wihda, K., Ihwan, M. Z. M., & Agus, M. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285.

Riris, S., Sundari, T. R., Rohidi, S. A., & Sayuti, H. (2020). Barongan As Media For The Conservation Of Ethical Value In Education. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 9, 1. www.ijstr.org

Sari, B. S. (2020). Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Pembentukan Moralitas Siswa Di Smpn 1 Diwek Dan Smpn 2 Jombang. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 85–105.

Siregar, S. A., Anwar, M., & Lubis, A. (2024). Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja. Pembentukan Karakter Disiplin (Syarifah, dkk.) Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12), 170–177. https://doi.org/10.5281/zenodo.14542556

Sundari, R. S. (2016). Pengembangan kepribadian dalam pembelajaran seni tari di sekolah. Imajinasi: Jurnal Seni, 10(1), 61–66.

Sundari, R. S. (2021). Eksotisme Ragam Gerak Tari Dalam Kesenian Barongan Kusumojoyo Demak Sebagai Kesenian Pesisir. Jurnal Seni Tari, 10(2), 112–119.

Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati, H. (2022). Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 460–476.

Wuryandani, W., Maftuh, B., Sapriya, S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar. Cakrawala Pendidikan, 2, 87637.

Downloads

Published

2025-06-29

Most read articles by the same author(s)