PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MI

Authors

  • Falahatuz Zulfa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anas Salahudin UIN Sunan Gunung Djati
  • Muhammad Rifqi Mahmud UIN Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26727

Keywords:

Hasil Belajar Kognitif, Experiential Learning, Direct Intruction

Abstract

Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah sangat penting untuk membantu siswa memahami lingkungan dan fenomena alam, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Namun, di MI Miftahul Falah Kota Bandung, hasil belajar IPA siswa masih rendah yaitu dengan perolehan rata-rata 64,28, nilai tersebut masih dibawah kriteria ketuntasan maksimum, serta dikarenakan guru jarang menggunakan kegiatan eksperimen, membuat pembelajaran menjadi monoton, sehingga siswa hanya menghafal materi tanpa memahami konsep IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan pertanyaan apakah model pembelajaran Experiential Learning lebih baik dibandingkan dengan model Direct Instruction dalam memperbaiki hasil belajara siswa kelas V. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuan, kemampuan awal siswa di kedua kelompok eksperimen dan kontrol sama-sama rendah yaitu menghasilkan nilai pretest rata-rata 37 dan 38. Namun, setelah penerapan model pembelajaran, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Experiential Learning meningkat drastis menjadi 88 dapat dikategorikan sangat baik, sementara kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction hanya mencapai 58 dikategorikan cukup baik. Hasil uji statistik yaitu dengan T Aksen (t’) < 0,001 artinya menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Berdasarkan temuan ini, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Experiential Learning jauh lebih baik dibandingkan Direct Instruction dalam meningkatkan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, M. (2017). Filasafat Pendidikan. Jakarta: PT Adhitya Anderbina Agung.

Ariani Hrp, N., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar dan pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Ariestama, A. C., & Widayati, M. (2023). Pembelajaran Kolaboratif MODEL PBL DAN EXPERIENTIAL LEARNING Menggunakan Benda Konkret. Klaten: LAKEISHA.

Bhakti, Y. B., Awaludin, A. A. R., Chusni, M. M., Zakwandi, R., Astuti, I. A. D., Mariasih, S. D., Fitrian, A., Okyranida, I. Y., Haryadi, D., & Gumilar, E. B. (2022). Evaluasi pembelajaran Dalam Bidang Pendidikan. Sleman: Bintang Semesta Media.

Damayanti, U. (2020). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 2 Banarjoyo”. Skripsi. Lampung: IAIN Metro Lampung., 63-64.

Depdiknas. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Sabillahrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. 33-39.

Evaria, A., Abbas, A., & Hasyim, M. (2020). Efektivitas Model Direct Instruction Dalam meningkatkan kemampuan Siswa SMA Negeri 1 Batauga Dalam Memahami Folklore Wandiudiu. Jurnal Ilmu Budaya. 8 (1).

Fahima, I. I., & Julianto. (2022). Pengaruh Experiential Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar IPA Peserta Didik Kelas V Tema Panas dan perpindahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Dasar. 10 (2). 442-453.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kolopita, C.P., Katili, M.R., & Thohir Yassin, R. M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. INVERTED: Journal of Information Technology Education. 2 (1).

Kolb, D.A. (2014). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development (2nd ed.). Pearson FT Press.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. Ghaitsa: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.

Maulana, M. F. (2015). “Implementasi Model Expereintal Learning Dalam Pembelajaran IPA Materi Eenergi Dan Perubahannya Siswa Kelas IV MI Miftahus Shibyan Mijen Semarang”. Skrispi. Semarang: UIN Walisongo.

Nuryadi, S., Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Bantul, Yogyakarta: Sibuku Media.

Purwaningsih, I., Oktariani, Hernawati, L., Wardarita, R., & Utami, P.i. (2022). Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan. 10 (1).

Rahmadani, N. (2023). “Pengaruh Model Expereintal Learning terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Bontoramba”. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Riyatuljannah, T. (2020). Peran dan fungsi kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah efektif di lingkungan sekolah dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(2), 1-13.

Salahudin, A., Komarudin, A., & Rahma, A. A. (2019). Sejarah Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Salahudin, A., & Nurhidayah, A. (2022). Analisis kesesuaian bahan ajar dalam buku Senang Belajar Matematika kelas IV Kurikulum 2013 dengan kemampuan pemahaman matematis. Al-Aulad: Journal of Islamic Primacy Education, 26–27.

Salahudin, A., & Sukmawati, N. (2018). Penggunaan Model Learning Cell Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah. Al-Aulad Journal Of Islamic Primary Education, 1(1), 2.

Sembiring, M. E., Simarmata, E. J., & Tanjung, D. S. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada tema Praja Muda Karana di kelas II SD Swasta Advent Timbang Deli. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 78–87.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supartinah, U. T. (2012). “Penerapan Model Expereintial Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas 2 SD Negeri Sumberagung Kec.Ngaringan Kab.Grobogan Tahun 2012/2013”. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.

Sutriana, E. (2019). Deskripsi penerapan Model Pembelajaran Expereintal Learning Dalam Pembelajaran matematika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Sinjai. Journal of Mathematics, Computations and Statistics.

Trisdianti, E., Mangkuwibawa, H., & Mamud, M. R. (2024). Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan quantum learning teknik memori pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 16(1), 29-48.

Downloads

Published

2025-06-13