Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Gelombang Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 85 Maluku Tengah

Authors

  • Dewiyanti Ersaprossy UNIVERSITAS PATTIMURA
  • Dr. A. Latununuwe, M.Si Universitas Pattimura
  • S. Malawau, S.Pd., M.Pd Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26704

Keywords:

model inkuiri terbimbing, penguasaan materi, gelombang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi gelombang menggunakan model inkuiri terbimbing. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 85 Maluku Tengah yang berjumlah 20 orang. Data tes kemampuan awal peserta didik sangat rendah dengan skor rata-rata yang diperoleh adalah sebesar 25,85 yang berada pada kualifikasi gagal. Setelah diberi perlakuan berupa diterapkannya model inkuiri terbimbing, hasil belajar peserta didik meningkat. Hal ini terlihat pada data kualifikasi kemampuan kognitif peserta didik selama proses pembelajaran dalam dua kali pertemuan dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 85,16 yang berada pada kualifikasi baik. Rata-rata skor tes akhir yang dicapai peserta didik adalah 88,96 dengan kualifikasi baik. Sementara nilai rata-rata hasil uji N-Gain adalah 0,85 yang berada pada kualifikasi tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan penguasaan materi  Gelombang pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 85 Maluku Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damawiyah. 2015. Pengaruh Model

Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Terhadap Hasil Beajar Siswa

pada Materi Pokok Usaha dan

Energi di kelas VIII Semester II

SMP Negeri 1 Pajagahan. Jurnal

Inovasi Pembelajaran Fisika,

(Online), Vol. 3, No. 2,

(https://scholar.google.co.id,

diunduh 2 Mei 2015).

Giancoli, Dauglas C. 2001. Fisika, edisi

ketujuh, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Jannah, Fathul.2013. Pendidikan Islam

Dalam Sistem Pendidikan

Nasional. Dinamika Ilmu

Vol.13.NO.2.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

2017. Ilmu Pengetahuan Alam.

Jakarta: Kementrian Pendidikan

dan Kebudayaan

Miftahul, Huda, 2017. Cooperatif

Learning , Metode, Teknik,

Struktur, Dan Model Tarapan.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rifa’I Ahmad & Khatarina Tri A, 2012.

Psikologo Pendidikan Semarang:

Unnes Press.

Rosser, R. A. 2014. Educational

Psychology, Principles In

Practise. Boston : Litlle Brown

Ruslani. 2012. IPA – Fisika UNTUK

KELAS VIII SMP/MTS. Jakarta:

Pusat Perbukuan, Departemen

Pendidikan Nasional.

Siregar. S. 2015. Statistik Terapan untuk

Perguruan Tinggi. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Sohimin, Aris. 2014. 68 Model

Pembelajaran INOVATIF dalam

Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-

RUZZ MEDIA.

Downloads

Published

2025-06-13