Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Gelombang Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 85 Maluku Tengah
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26704Keywords:
model inkuiri terbimbing, penguasaan materi, gelombangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi gelombang menggunakan model inkuiri terbimbing. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 85 Maluku Tengah yang berjumlah 20 orang. Data tes kemampuan awal peserta didik sangat rendah dengan skor rata-rata yang diperoleh adalah sebesar 25,85 yang berada pada kualifikasi gagal. Setelah diberi perlakuan berupa diterapkannya model inkuiri terbimbing, hasil belajar peserta didik meningkat. Hal ini terlihat pada data kualifikasi kemampuan kognitif peserta didik selama proses pembelajaran dalam dua kali pertemuan dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 85,16 yang berada pada kualifikasi baik. Rata-rata skor tes akhir yang dicapai peserta didik adalah 88,96 dengan kualifikasi baik. Sementara nilai rata-rata hasil uji N-Gain adalah 0,85 yang berada pada kualifikasi tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan penguasaan materi Gelombang pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 85 Maluku Tengah.Downloads
References
Damawiyah. 2015. Pengaruh Model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Terhadap Hasil Beajar Siswa
pada Materi Pokok Usaha dan
Energi di kelas VIII Semester II
SMP Negeri 1 Pajagahan. Jurnal
Inovasi Pembelajaran Fisika,
(Online), Vol. 3, No. 2,
(https://scholar.google.co.id,
diunduh 2 Mei 2015).
Giancoli, Dauglas C. 2001. Fisika, edisi
ketujuh, jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Jannah, Fathul.2013. Pendidikan Islam
Dalam Sistem Pendidikan
Nasional. Dinamika Ilmu
Vol.13.NO.2.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2017. Ilmu Pengetahuan Alam.
Jakarta: Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan
Miftahul, Huda, 2017. Cooperatif
Learning , Metode, Teknik,
Struktur, Dan Model Tarapan.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rifa’I Ahmad & Khatarina Tri A, 2012.
Psikologo Pendidikan Semarang:
Unnes Press.
Rosser, R. A. 2014. Educational
Psychology, Principles In
Practise. Boston : Litlle Brown
Ruslani. 2012. IPA – Fisika UNTUK
KELAS VIII SMP/MTS. Jakarta:
Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
Siregar. S. 2015. Statistik Terapan untuk
Perguruan Tinggi. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Sohimin, Aris. 2014. 68 Model
Pembelajaran INOVATIF dalam
Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-
RUZZ MEDIA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.