EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DASAR: MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI PROGRAM BERORIENTASI TUJUAN (GOAL-ORIENTED EVALUATION APPROACH: RALPH W. TYLER)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26678Keywords:
Evaluasi Program, Pendidikan Dasar, GOE, Tujuan SMART, Akuntabilitas PendidikanAbstract
Rendahnya efektivitas program pendidikan dasar di Indonesia mencerminkan lemahnya sistem evaluasi yang digunakan, yang cenderung tidak berorientasi pada pencapaian hasil. Artikel ini mengkaji relevansi dan penerapan model Goal-Oriented Evaluation (GOE) dalam mengevaluasi program pendidikan dasar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, penelitian ini menelaah literatur terkait evaluasi berbasis tujuan dan praktiknya di sekolah dasar Islam terpadu. Hasil kajian menunjukkan bahwa GOE, melalui lima komponen utamanya—perumusan tujuan SMART, indikator kinerja, teknik pengumpulan data, analisis capaian, dan tindak lanjut—efektif dalam menilai dan meningkatkan mutu program pendidikan. Model ini juga terbukti mendukung akuntabilitas dan pengambilan keputusan berbasis data di tingkat satuan pendidikan. Kajian ini memberikan kontribusi teoretis terhadap pengembangan sistem evaluasi berbasis hasil dan merekomendasikan pengujian lapangan sebagai tindak lanjut penelitian.Downloads
References
Afriyani, M. B., & Kumara, A. (2025). Akuratkah skala kita? Evaluasi instrumen pengukuran kedisiplinan belajar siswa SMP Negeri 1 Anggana. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 4(4).
Al Hasan, I., & Hammad, A. (2025). A systematic and objective framework for evaluating subcontractor performance. Buildings.
Azwari, R., Mustari, M., & Andriani, W. (2025). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan Canva. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.
Bisri, A., Supardi, Heryatun, Y., Hunainah, & Navira, A. (2025). Educational data mining model using support vector machine for student academic performance evaluation. Journal of Education and Learning.
Fauzobihi, R., Annishia, F. B., & Ramadhina, R. (2022). Evaluation of study of research methodology courses. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2).
Jacek, D. (2025). Towards an adaptive framework for goal-oriented strategic management. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/320027392_Towards_an_Adaptive_Framework_for_Goal-Oriented_Strategic_Decision-Making
Novalinda, R., Ambiyar, & Rizal, F. (2020). Pendekatan evaluasi program Tyler: Goal-oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 137–146.
Nurman, M. (2016). Evaluasi program pendidikan: Pendekatan evaluasi program berorientasi tujuan. El-Tsaqâfah, 16(2), 203–212. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v16i2.203
Putra, A. T. A. (2020). Evaluasi program pendidikan: Pendekatan evaluasi program berorientasi tujuan. Institut Agama Islam Negeri Kendari.
Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://peraturan.bpk.go.id/Details/16404/uu-no-20-tahun-2003
Ridwan, & Sunarto. (2020). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan mixed. Alfabeta.
Sadler, D. R. (1998). Formative assessment: Revisiting the territory. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 77–84.
Tabuni, N., Satyawati, S. T., & Ismanto, B. (2024). Evaluasi program beasiswa mahasiswa Kabupaten Pegunungan Bintang. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan.
Tyler, R. W. (1949). Basic principles of curriculum and instruction. University of Chicago Press. https://press.uchicago.edu/ucp/books/book/chicago/B/bo3684475.html
Wandi. (2025). Evaluasi dan akuntabilitas dalam manajemen pendidikan. SciSpace. https://scispace.com/papers/evaluasi-dan-akuntabilitas-dalam-manajemen-pendidikan-4y9jdojomklw
"Implementasi evaluasi program pendidikan di tingkat sekolah." (2025). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/14832
Zed, M. (2014). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=963867
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.