PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN MULTIPLE INTELLIGENCE SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26549Keywords:
Model Pembelajaran SAVI, Motivasi Belajar, Multiple IntelligenceAbstract
Dalam proses pembelajaran pengoptimalan penggunaan indra yang dimiliki siswa harus lebih diperhatikan, hal itu berkaitan dengan kecerdasan siswa yang berdampak pada cara siswa mengolah dan menyerap materi pelajaran, karena sebagian siswa tidak hanya memiliki satu jenis kecerdasan tetapi bisa beberapa kecerdasan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran SAVI terhadap pembelajaran IPA, serta untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dan peningkatan multiple intelligence siswa. Metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas dengan III siklus yang terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas V tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan perolehan skor akhir observasi penerapan SAVI sebesar 127 dengan persentase 88,19% yang termasuk kategori sangat baik. Perolehan skor akhir motivasi belajar siswa sebesar 2169 dengan persentase 86,07% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Perolehan skor akhir multiple intelligence siswa sebesar 2178 dengan persentase 77,79% yang termasuk kategori tinggi, serta perolehan persentase ketuntasan belajar sebesar 89% atau 25 siswa yang mencapai KKM. Berdasarkan hasil dan analisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran SAVI ini terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan peningkatan multiple intelligence siswa kelas V UPTD SD Negeri 2 Majakerta serta dapat mencapai indikator keberhasilan yang ditargetkan.Downloads
References
Abi, H., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Arikunto, Suharsimi., Suhardjono., S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (Revisi). Bumi Aksara.
Aris Shoimin. (2017). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 / Aris Shoimin ; editor, Rose KR. In Ar-Ruzz Media (Issue Yogyakarta).
Devinah, D., Khoimatun, K., & Kumala Dewi, R. A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Savi Pada Siswa Kelas V DI UPTD SDN 1 Jayalaksana. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(3). https://doi.org/10.24114/jgk.v7i3.46948
Fahrudin, F., & Ulfah, M. (n.d.). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Kholil, M., & Sholeh, M. (2021). nalisis Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih. FONDATIA, 5(2), 197–209.
Muhammad Ikhsan, & Muhammad Syafiq Humaisi. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i1.45
Musfiroh, T. (2018). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences). In Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences) (Vol. 60). Universitas Terbuka.
Nurmaya G, A. L., Irsan, I., Suarti, S., Gawise, G., & Siompu, H. (2022). Analisis Multiple Intelegensi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6).https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4061
Putri, N. A. F., & Hzsyim, B. A. (2019). enerapan Model Pembelajaran Tipe SAVI pada Pembelajaran Gambar Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tpm di SMKN 1 Kalitengah Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(2).
Rahman, M., & Amri, S. (2014). Model Pembelajaran Arias Terintegratif Dalam Teori Dan Praktek Untuk Menunjang Penerapan Kurikulum 2013. PT Prestasi Pustakaraya.
Rahmawati, R., Kasdi, A., & Riyanto, Y. (2020). Pengaruh Model Arias Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Dalam Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(1). https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n1.p1-10
Ratunguri, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatis, Auditori, Visual Dan Intelektual) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edu Primary Journal, 2(2), 171–177.
Abi, H., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Arikunto, Suharsimi., Suhardjono., S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (Revisi). Bumi Aksara.
Aris Shoimin. (2017). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 / Aris Shoimin ; editor, Rose KR. In Ar-Ruzz Media (Issue Yogyakarta).
Devinah, D., Khoimatun, K., & Kumala Dewi, R. A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Savi Pada Siswa Kelas V DI UPTD SDN 1 Jayalaksana. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(3). https://doi.org/10.24114/jgk.v7i3.46948
Fahrudin, F., & Ulfah, M. (n.d.). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Kholil, M., & Sholeh, M. (2021). nalisis Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih. FONDATIA, 5(2), 197–209.
Muhammad Ikhsan, & Muhammad Syafiq Humaisi. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i1.45
Musfiroh, T. (2018). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences). In Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences) (Vol. 60). Universitas Terbuka.
Nurmaya G, A. L., Irsan, I., Suarti, S., Gawise, G., & Siompu, H. (2022). Analisis Multiple Intelegensi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6).https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4061
Putri, N. A. F., & Hzsyim, B. A. (2019). enerapan Model Pembelajaran Tipe SAVI pada Pembelajaran Gambar Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tpm di SMKN 1 Kalitengah Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(2).
Rahman, M., & Amri, S. (2014). Model Pembelajaran Arias Terintegratif Dalam Teori Dan Praktek Untuk Menunjang Penerapan Kurikulum 2013. PT Prestasi Pustakaraya.
Rahmawati, R., Kasdi, A., & Riyanto, Y. (2020). Pengaruh Model Arias Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Dalam Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(1). https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n1.p1-10
Ratunguri, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatis, Auditori, Visual Dan Intelektual) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edu Primary Journal, 2(2), 171–177.
Said, A., & Budimanjaya, A. (2015). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Sesuai Kinerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Prenadamedia Group.
Sari, R. K., Chan, F., Kurnia, D. H., Syaferi, A., & Sa’diah, H. (2020). Analysis of the Low Students Motivation in the Science. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(2), 63–79.
Simamora, L., & Simamora, H. J. (2022). UPAYA GURU MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra).https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i2.1617
Siregar, T., Hilda, L., & Amir, A. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualisation Intellectualy Untuk Meningkatkan Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sinunukan Pada Materi Fungsi Logaritma. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 75–80.
Susanti, R. H., & Isa, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatis, Audio, Visual dan Intelektual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. 6(4).
Tiyas, D. (2019). Keefektifan Model SAVI Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA SDN Lawatan 01 Kabupaten Tegal. Ndonesian Journal of Conservation, 8(1).
Wahidah, N., Asnawan., Afida. (2023). SAVI (Somatis, Auditori, Visual Dan Intelektual) Sebagai Alternatif Pembangkit Kecerdasan Terpadu Siswa Di Era Society 5.0. International Conference on Humanity Education and Sosial, 2(1), 11. https://proceedingsiches.com/index.php/ojs/article/download/302/290
Wahyuni, S. (2021). Pengaruh Metode Kodaly terhadap Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Education Research (IJoER), 2(1). https://doi.org/10.37251/ijoer.v2i1.519
Widodo, G. (2021). Penggunaan Bahasa Ibu Sebagai Alat Komunikasi Pengantar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1). https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7960
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.