IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI SDN 03 BENGKAYANG

Authors

  • yudiman Institut Shanti Bhuana
  • Siprianus Jewarut Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.26523

Keywords:

Scientific journal, Research, Problem Based Learning

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN 03 Bengkayang. Saran yang diharapkan oleh peneliti, guru diharapkan mampu meningkatkan kerjasama antar sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antar guru kelas, dalam mencari solusi pemecahan masalah yang ada di sekolah, kerjasama untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV khususnya di SDN 03 Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Dalam penelitian ini terdapat hasil tes belajar siswa secara keseluruhan, jumlah nilai 2695, rata-rata 81,67%, jumlah siswa yang memperoleh nilai KKM sebanyak 33 siswa, ketuntasan klasikal 100%. Simpulan berdasarkan data yang diperoleh melalui instrumen pengumpulan data Pre-Test, Observasi, dan Tes, dalam penelitian ini secara keseluruhan menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah di SDN 03 Bengkayang, telah mencapai target seperti yang diharapkan dalam penelitian ini, yang menyatakan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik IPA telah mencapai KKM sebesar 81,67% seperti yang diharapkan oleh peneliti. maka penelitian ini dinyatakan berhasil, dan penelitian dinyatakan tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusdianita N, Supriatna I, Yusnia Y. (2023)

Model Pembelajaran Problem BasedLearning (PBL) Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Soc Humanit Educ Stud Conf Ser; 6: 145–54. hal. 145–54.

Ardianti R, Sujarwanto E, Surahman E. (2021)

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffr J Phys Educ Appl Phys; 3: 27–35. hal. 27–35.

Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagog J Ilm Pendidik; 14: 59–64. hal. 59–64.

Ellitan. (2009) hal. 19. ISBN 9785984520973.

Fristadi R, Bharata H. (2015) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Dengan Problem Based Learning. Semin Nas Mat dan Pendidik Mat UNY 2015; 597–602. hal. 597–602. ISBN 9786027340305.

Gulo A. (2022) Penerapan Model Pembelajaran

Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educ J Pendidik; 1: 334–41. hal. 334–41.

Handayani. (2020) Bab Iii Metode Penelitian.

Suparyanto dan Rosad (2015; 5: 248–

53. hal. 248–53. ISBN 9781119130536.

Helpita L. (2023) Implementasi Problem Based

Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Miskawaih J Sci Educ; 2: 197–216. hal. 197–216.

JASMINE K. (2014) No Title. Penambahan

Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu; 33–59. hal. 33–59. ISBN 1251006011111.

Kemendikbud. (2014) Landasan Filosofis

Pendidikan Nasional Pancasila.1–8. hal. 1–8.

Kurino YD. (2020) Model Problem Based

Learning (Pbl) Pada Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. J Elem Edukasia; 3: 150–4. hal. 150–4.

Mashuri S, Djidu H, Ningrum RK. (2019)

Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras J Pendidik Mat; 14: 112–25. hal. 112–25.

Mudrikah A. (2021) Problem Based Learning

as Part of Student-Centered Learning. Soc Humanit Educ Stud Conf Ser; 3:1. hal. 1.

Mulyani Y. (2021) Metode Problem Based

Learning Pada Pembelajaran Ekonomi Materi Ketenagakerjaan. Sci Eng Educ Dev Stud Conf Ser; 5: 12–6. hal. 12–6.

Nurzannah S. (2022) Peran Guru Dalam

Pembelajaran. ALACRITY J Educ; 2: 26–34. hal. 2634.Pengantar K. (2024) Makalah perencanaan pembelajaran.

Pertiwi FA, Luayyin RH, Arifin M. (2023)

Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE J Sharia Econ; 2: 42–9. hal. 42–9.

Pratiwi ADP. (2017) Analisis permasalahan

dalam penilaian pembelajaran di sekolah. Pros Semin Nas Pendidik; 2: 249–53. hal. 249–53.

Rahayu et. al. (2019) Pentingnya Model

Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Pros Semin Nas Pendidik; 448–54. hal. 448–54.

Rahman A, Munandar SA, Fitriani A, Karlina

Y, Yumriani. (2022) Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa Kaji Pendidik Islam; 2: 1–8. hal. 18.

Rieschka MN. (2020) Problem Based Learning

Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Soc Humanit Educ Stud Conf Ser; 3: 1499–505. hal. 1499–505.

Rifai A, Islam SD, Firdaus A. (2020) Problem

Based Learning Dalam Pembelajaran IPA. Work Nas Penguatan Kompetensi Guru Sekol Dasar SHEs Conf Ser; 3: 2139–44. hal. 2139–44.

Rika Widianita D. (2023) NoAT-TAWASSUTH

J Ekon Islam; VIII: 1–19. hal. 119.

Rokhanah S. (2007) Model Problem Based

Learning (PBL) dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTS. Balai Diklat Keagamaan Semarang; 1–15. hal. 1–15.

Sarie FN. (2022) Implementasi Pembelajaran

Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Tunas Nusant; 4: 492–8. hal. 492–8.

Setiawati SM. (2018) 'HELPER” Jurnal

Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. J Bimbing dan Konseling FKIP UNIPA; 35: 31–46. hal. 31–46.

Somayana W. (2020) Peningkatan Hasil Belajar

Siswa melalui Metode PAKEM. J Pendidik Indones; 1: 283–94. hal. 28394.

Suherti, Euis & Rohimah SM. (2018) Bahan

Ajar Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Universitas Pasundan: PGSD. 10–34. hal. 1034.

Supriadi H. (2016) Peranan Pendidikan Dalam

Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi. J Ilm Prodi Manaj Univ Pamulang; 3: 92–119. hal. 92–119.

Syamsidah, Suryani H. (2018) Buku Model

Peoblem Based Learning (PBL). Buku; 1–92. hal. 1–92.

Ujud S, Nur TD, Yusuf Y, Saibi N, Ramli MR.

(2023) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. J Bioedukasi; 6: 337–47. hal. 337–

Downloads

Published

2025-06-02