Pemanfaatan Metode PECS (Picture Exchange Communication System) untuk Meningkatkan Pemahaman Instruksi Dua Langkah pada Peserta Didik Autis Spektrum Disorder

Authors

  • Zahra Ajid Berlianti Wahyudi Universitas Negeri Surabaya
  • Madeline Pinky Agustin Universitas Negeri Surabaya
  • Morula Kinanthi Universitas Negeri Surabaya
  • Mauliya Universitas Negeri Surabaya
  • Eka Ananda Universitas Negeri Surabaya
  • Febrita Ardianingsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26517

Keywords:

Picture Exchange Communication System, Autism Spectrum Disorder, communication, two-step instruction, special education.

Abstract

This study examines the use of the Picture Exchange Communication System (PECS) method to enhance the understanding of two-step instructions among learners with Autism Spectrum Disorder (ASD). The aim of this research is to provide a comprehensive explanation of the application of PECS as a method to improve communication skills and the ability to follow two-step instructions in children diagnosed with ASD. A descriptive qualitative approach was employed, with data collected through direct observation, interviews, and documentation at Sonokwijenan II/96 Surabaya State Elementary School. The results indicate that the use of PECS is effective in improving students’ ability to comprehend sequential two-step instructions and express their needs.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfi, Q. ’Inayatul, & Ardianingsih, F.

(2021). Penerapan Metode

Picture Exchange

Communication System

Terhadap Keterampilan

(PECS) Komunikasi Anak

Spektrum Autisme. JPI (Jurnal

Pendidikan Inklusi), 4(2), 126.https://doi.org/10.26740/inklusi.vn

2.p12 6-137

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R.

A., & Afgani, M. W. (2022). Metode

studi kasus dalam penelitian

kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains

Dan Komputer, 3(01), 1-9.

Fitriah, I. I. (2019). Impelementasi Metode

Bercerita Pada Pembelajaran

Komunikasi Ekspresif Anak

Dengan Spektrum Autis Di

Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan

Khusus, 1–14.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.

php/jurnalpendidikankhusus/article

/view/31857/28901

Hamidah, N., Sulianto, J., & Sagala, A. C.

(2021). Perkembangan Bahasa

pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal

Kualita Pendidikan, 2(2), 119–123.

https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.4

7

Hidayat, T., & Purwokerto, U. M. (2019).

Pembahasan studi kasus sebagai

bagian metodologi penelitian.

Jurnal Study Kasus, 3(1), 1-13.

Juniayanti, D., & Susila, I. K. D. (2022).

Efektivitas Penggunaan Media

PECS untuk Meningkatkan

Kemampuan Berkomunikasi Anak

Autis di SLB Negeri 1 Gianyar.

Jurnal Pendidikan Dan Konseling

(Jpdk), 4(1), 1–7.

Koesdiningsih, T., Basoeki, L., Febriyana,

N., & Maramis, M. M. (2019).

Hubungan Penggunaan Visual

Support Terhadap Perbaikan. 7,

77–84.

https://doi.org/10.20473/jbe.v7i120

19.

M. Arifin and M. Fahrizal, “Pengenalan

Jenis-Jenis Fauna Sebagai Media

Pembelajaran Dengan Metode AR

(Augmented Reality),” J. Portal

Data, vol. 6, no. 1, pp. 1–22, 2021,

[Online]. Available:

http://portaldata.org/index.php/port

aldata/article/view/8

Maros, H., & Juniar, S. (2016).

Penggunaan Pecs Dalam

Meningkatkan Komunikasi

Verbal Bagi Murid Kelas Dasar

1 Di Slb Autis Bunda Makassar.

1–23.

Murwati, A., & Nisa Rachmah, N. A.

(2013). Meningkatkan

kemampuan komunikasi

meminta pada anak autis

melalui metode PECS (Picture

Exchange Communication

System) (Doctoral dissertation,

Universitas Muhammadiyah

Surakarta).

Mutya Nurkalbi M Taufan1, P. H.

(November 2023). EFEKTIVITAS

PENGGUNAAN METODE

PICTURE

EXCHANGECOMMUNICATION

SYSTEN (PECS) DALAM

MENINGKATKAN KEMAMPUAN

BERKOMUNIKASI PADA ANAK

AUTIS KELAS VI DI SLB

YPAC.JURNAL

METAFORAPENDIDIKAN, Vol 1,

No. 2, hal 158-168.

Puspitaningtyas, A. R., & Pratiwi, V.

(2020). Pengaruh Media Visual

(Gambar) Terhadap

Kemampuan Kosakata Anak

Autis. Al-Aulad: Journal of

Islamic Primary Education,

3(1),

https://doi.org/10.15575/alaula

d.v3i1.6420

Santoso, E. s., Subawa, I. G. B., &

Pascima, I. B. N. (2024).

PENGEMBANGAN

AUGMENTED REALITY

PENGENALAN

PERLENGKAPAN SEKOLAH

DALAM PENERAPAN

FLAHSCARD DENGAN

METODE PECS (PITURE

EXCHANGE

COMMUNICATION SYSTEM)

UNTUK ANAK AUTISME DI

YAYASAN BALI PERMATA

HATI. KARMAPATI (KumpulanArtikel Mahasiswa Pendidikan

Teknik Informatika), 13(3), 129-

139.

Soliha, I., & Laili, N. (2024). Efektifitas

metode PECS terhadap

kemampuan komunikasi pada

anak Autism Spectrum Disorde

(ASD) di Lentera Fajar Indonesia.

JURNAL SOCIAL LIBRARY, 4(3),

447-456.

Sudezia, L., Setyawan, D. A., & Tirtawati,

D. (2025) Peningkatan Kosakata

Ekspresif pada Anak Autism

Spectrum Disorder Melalui

Penggunaan Pop-Up Book dengan

Metode Bercerita. JIK JURNAL

ILMU KESEHATAN, 9(1), 180-186.

Taryadi, T., & Kurniawan, I. (2017,

August). Pembelajaran Anak Autis

Dengan Metode Picture Exchange

Communication System (PECS)

Berbasis Multinedia Augmented

Reality. In Seminar Nasional

Informatika Medis (SNIMed) (pp.

29-34).

Taufan, M. N. M., hadi, P., & Meidina, T.

(2023). Efektifitas Penggunaan

Metode Picture Exchange

Communication System (Pecs)

dalam Meningkatkan Kemampuan

Berkomunikasi Pada Anak Autis

Kelas Vi Di Slb Ypac. Jurnal

Metafora Pendidikan (JMP), 1(2),

158-168.

Downloads

Published

2025-07-08