PENGEMBANGAN GAME KAHOOT! BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Qonita Afriyani Program Studi Magister Keguruan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung
  • Munaris Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rangga Firdaus Program Studi Magister Keguruan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26498

Keywords:

Kahoot! Game, Local Wisdom, Critical Thinking Skills

Abstract

games in improving students' critical thinking skills in the Indonesian language subject of grade IV students of SD Negeri 2 Perumnas Way Kandis. The development model used was 4D involving 31 students. The results showed that conventional methods caused boredom and saturation in learning, while local wisdom-based kahoot! games increased student engagement and understanding. Validation by material, language, and media experts ensured the feasibility of local wisdom-based kahoot! games with several revisions to improve the clarity of the display and language. The t-test showed a significant difference between the experimental class and the control class (Sig. 2-tailed = 0.000), N-Gain in the experimental class was 62.96% while in the control class it was 38.99% indicating high effectiveness. The average value increased from 58.25 (pre-test) to 84.77 (post-test). Thus, the kahoot! based on local wisdom has been proven to be an innovative solution in improving students' critical thinking skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Nur Dewi, Aan Widiyono, dan Syailin Nicla Choirin Attalina. 2022. “Pengembangan Media Diorama Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAdi Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(3): 528–33. doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4374

Agustina, Silvia. 2021. “Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Bermuatan Ipa Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Sd Negeri Krebet Bantul.” Jurnal Pendidikan Dasar 2(9): 188–201.

Ainurrahmah, Shofa, dan Erwin. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas V.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8(1): 312–21. doi: 10.36989/didaktik.v8i1.293.

Amalia, Miftah Devi, Ferina Agustini, dan Joko Sulianto. 2018. “Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Paedagogia 20(2): 185. doi: 10.20961/paedagogia.v20i2.9850.

Azizah, Umi Nur, Endang Sri Maruti, Fachriyatu Zahro, Article Info, dan Hasil Belajar. 2024. “Penerapan Media Diosilir (Diorama Siklus Air) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” 18(2): 340–48. Doi: 10.30595/jkp.v18i2.22566

Bali, Muhammad Mushfi El Iq, dan Siti Fatimatuz Zahroh. 2023. “Implementasi Media Diorama Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4(2): 2943–52. doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.700.

Bhaswika, Amirotul Fadlilah. 2019. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Ipa Dengan Menerapkan Media Diorama Kelas 4.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8(14): 1347–58.

Citriadin, Yudin. 2019. Pengantar Pendidikan. ed. Supardi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram. ISBN: 978-623-7090-62-5

Damanik, Aulia Sari, Mela Safitri Situmorang, Khoirun Nisa, Nur Khotimah, dan Fairuza Nur. 2023. “Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5(1): 3696–3702. doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11601

Dewi, Kartika, dan Durinda Puspasari. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pada Mata Pelajaran Administrasi Humas Dan Keprotokolan Kelas XI APK 3 SMK Adhikawacana Surabaya.” Jurnal Administrasi Perkantoran 6(2): 49–57.

Evitasari, Atika Dwi, dan Mariam Sri Aulia. 2022. “Media Diorama Dan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 3(1): 1. doi: 10.30595/jrpd.v3i1.11013.

Fintarre, Delvia Luce, dan Mumun Nurmilawati. 2023. “Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Diorama Pada Materi Siklus Hidrologi Di Kelas V SDN Blabak 3.” Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) 6(1): 1–10. doi.org/10.29407/h3gjn346

Fitriani, Reka Amalia, Dudung Suryana, dan Rizki Hadiwijaya Zulkarnaen. 2023. “Penggunaan Media Diorama Dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Campaka.” JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar 10(2): 94–99.

Hafsah, Ulinnuha Mastuti, Dwi Rohman Soleh, dan Yanti Rosa Dewi. 2023. “Penerapan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN Bangunsari 01.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08(02): 644–56. doi.org/10.23969/jp.v8i2.9709

Hilman, Irfan, dan Suci Zakiah Dewi. 2021. “The Analysis of Primary School Teachers Ability in The Application of ICT-Based Learning Media In Tarogong Kidul District.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 5(2): 755–63. doi: 10.35568/naturalistic.v5i2.1012.

Kisma, Ayu Ddanini, Fina Fakhriyah, dan Imaniar Purbasari. 2020. “Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kelas IV SD Negeri 2 Hadipolo.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 5(1): 635–42. doi: 10.35568/naturalistic.v5i1.861.

Makkawaru, Maspa. 2019. “Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan Dan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal Konsepsi 8(3): 1–4. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/87

Noviana, Angely, Kartika Chdanra Kirana, Umi Astuti, dan Arita Marini. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur).” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora 43(4): 342–46. doi: https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i6.5432

Nugraha, Sobron Adi, Titik Sudiatmi, dan Meidawati Suswdanari. 2020. “Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(3): 1–4. doi: 10.47492/jip.v1i3.74

Nujum, Tis’atun, dan Allinda Hamidah. 2023. “Pengembangan Media Diorama Taman Satwa Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Mi.” IJMS : Indonesian Journal of Mathematics dan Natural Science 1(2): 89–97. doi: 10.61214/ijms.v1i2.170.

Nurfadhillah, Septy, Dwi Aulia Ningsih, Putri Rizky Ramadhania, dan Umi Nur Sifa. 2021. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III.” PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 3(2): 243–55.ISSN: 2686-2824

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3(1): 171. doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

Rahmawati, Sarah Mutia, dan Sati Sati. 2021. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema Ekosistem.” Jurnal PGSD 7(1): 37–44. doi: 10.32534/jps.v7i1.1942.

Sakila, Rohima, Nenni faridah Lubis, Saftina, Mutiara, dan Dedes Asriani. 2023. “Pentingnya Peranan IPA Dalam Kehidupan Sehari-Hari.” Jurnal Adam : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1): 119–23. doi:10.58192/populer.v3i3.2563

Sari, Mawar, Rizky Khaliza, Annisa Annisa, Siti Maulidiyah, dan Nabila Gusti Zahra. 2024. “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Melalui Pemanfaatan Media Diorama.” Warta Dharmawangsa 18(1): 193–204. doi: 10.46576/wdw.v18i1.4265.

Sulthon, Sulthon. 2017. “Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa MI.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 4(1). doi: 10.21043/elementary.v4i1.1969.

Wuldanari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, dan Zakiah Ulfiah. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 5(2): 3928–36. doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.

Zubaidah, Siti, Susriyati Mahanal, Lia Yuliati, I Wayan Dasna, Ardian A. Pangestuti, Dyne R., Puspitasari, et al. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Edisi Revi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ISBN 978-602-282-321-6

Downloads

Published

2025-05-29