Pengaruh Kesehatan Mental dan Perkembangan Emosional Peserta Didik yang Ditinggal Ibu Merantau Di SDN Krasak 03
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26453Abstract
Penelitian ini meneliti pengaruh Kesehatan Mental dan emosional yang dihadapi oleh anak-anak yang ibunya merantau untuk bekerja, mengungkapkan dampak signifikan pada kesehatan mental dan kinerja akademis mereka. Temuan menunjukkan bahwa anak-anak ini sering mengalami kesedihan, kesepian, dan kecemasan, yang mengakibatkan penurunan fokus dan motivasi di sekolah. Faktor sosial-ekonomi memainkan peran penting, karena keluarga dengan status ekonomi yang lebih rendah lebih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak mereka, yang memperburuk masalah psikologis. Penelitian ini menyoroti perbedaan respons emosional yang terkait dengan usia, di mana anak-anak yang lebih muda menunjukkan kesedihan dan kesulitan berkonsentrasi, sementara anak-anak yang lebih tua mungkin merasa terisolasi dan menantang, meskipun tetap mempertahankan empati. Selain itu, beberapa anak mengembangkan strategi koping yang positif, seperti memahami ketidakhadiran ibu mereka, yang membantu mengatasi kesedihan emosional mereka. Secara keseluruhan, studi ini menekankan perlunya dukungan yang terarah bagi keluarga yang terkena dampak migrasi ibu untuk mendorong perkembangan emosional dan sosial yang lebih sehat pada anak-anak.Downloads
References
Andriyani, T., & Setiyoko, D. T. (2020). MAKNA PENDIDIKAN UNTUK PESERTA DIDIK YANG DITINGGAL IBUNYA MERANTAU. Jurnal KONTEKSTUAL, 1, 36–42.
Hamid, A., Badiatul Jamila, W., Mahwiyah, F., Karimah Jurusan Pendidikan Agama Islam, U., Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Kota Probolinggo Jl Sukarno Hatta, S., & Probolinggo, K. (2021). DAMPAK PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK KELUARGA TKW DI PROBOLINGGO. In etc Al-Muaddib.
Lisma Nanda, N. (2025). Peran Keluarga dalam Meningkatkan Kesadaran Tentang Kesehatan Mental. Journal Innovation in Education, 3(1), 54–56. https://doi.org/10.59841/inoved.v4i1.2064
Marus, G. G., Sintiawati, N., Imsiyah, N., Jember, U., Kalimantan, J., 37 -Kampus, N., Tegalboto, B., Jember, K., & Id, N. A. (2024). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kesiapan Kerja Peserta Pelatihan Kejuruan Pengoperasian Mesin Bubut dan CNC Di UPT BLK Jember. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 9(2). https://doi.org/10.37058/jpls.v7i1
Mashar, R. (2022). EMOSI ANAK USIA DINI DAN STRATEGI PENGEMBANGANYA.
Nadiya Putri, R., Anika Marhayani, D., ISBI Singkawang, P., & ISBI Singkawang, B. (2025). HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 27 SINGKAWANG (Vol. 10).
Nasution, A. F. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF (M. Albina, Ed.). CV.Harva Creative.
Nurahma, G. A., & Hendriani, W. (2021). Tinjauan sistematis studi kasus dalam penelitian kualitatif. Mediapsi, 7(2), 119–129. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.02.4
Putri, A., Maria, C., Syahrias, L., & Mustika, I. (2023). PENYULUHAN MENTAL HEALTH UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL REMAJA. In Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 6, Issue 1).
Sujarwanto, & Rofiah, K. (2020). Manajemen Pendidikan Anak dengan Gangguan Emosi Perilaku.
Syukurman, M., Hapid Alatas, U., Luar Sekolah, P., & Merangin, U. (2024). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEDISPILINAN ANAK (Studi Kasus di Lingkungan Mensawang Kelurahan Dusun Bangko ). Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 9. https://doi.org/10.37058/jpls.v7i1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.