PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA BERBANTUAN LKPD PADA MATERI BUMI BERUBAH MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26344Keywords:
Diorama learning media, IPAS, LKPDAbstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran diorama berbantuan LKPD pada materi bumi yang mengubah mata pelajaran IPA di sekolah dasar kelas V yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran diorama berbantuan LKPD yang dikembangkan peneliti termasuk dalam kategori “sangat valid” berdasarkan hasil angket 3 orang validator yang meliputi validator media, validator bahasa dan validator materi dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 85,7%, selanjutnya media pembelajaran diorama berbantuan LKPD yang dikembangkan peneliti dinyatakan “sangat praktis” berdasarkan lembar angket respon siswa dengan nilai rata-rata sebesar 86,9%, dan dari soal tes siswa masuk dalam kategori “sangat efektif” berdasarkan nilai rata-rata pretes sebesar 53,18% dan nilai rata-rata postes sebesar 89,09%, dari nilai pretes dan postes diperoleh skor N-gain dengan kategori “tinggi” sebanyak 15 siswa dan kategori “sedang” sebanyak 7 siswa. Kata Kunci: Media pembelajaran Diorama, IPAS, LKPDDownloads
References
Aprilia, H., & Putri, L. I. (2020). Penggunaan Media Diorama: Solusi Pembelajaran Matematika Materi Skala Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Jenjang Dasar. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 143. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3402
Bali, M. M. E. I., & Zahroh, S. F. (2023). Implementasi Media Diorama dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2943–2952. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.700
Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11013
Febrianti, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 667–677. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5737
Hadi Soekamto. (2020). Panduan Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Sistem Pengelolaan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, February, 7. https://www.researchgate.net/publication/349256221_Panduan_Penyusunan_Lembar_Kegiatan_Peserta_Didik_LKPD
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (pp. 29–31).
Herwati. (2016). Pengembangan Modul Keanekaragaman Aves Sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 1(1), 28–36. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/view/90
Lailiyah, N. N., & Widiyono, A. (2023). Pengembangan Media Diorama berbasis STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 95–108. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3678
Ma’sumah, Aini, S. N., & Oktaviana, A. W. (2024). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Buletin Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 09–19. https://doi.org/10.62385/budimul.v2i1.87
Megawatie Sa’bani, A., Nugraha, A., & Muiz Lidinillah, D. A. (2017). Penggunaan Media Diorama pada Pembelajaran Subtema Ayo Cintai Lingkungan di Sekolah Dasar. Pedadidaktika, 4(1), 29–39. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Pagarra H & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.
Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515
Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(1), 16. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.41424
Rani, S., Monanisa, M., Taufik, M., Damayati, N., & Hartono, D. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Kelas Ix Smp N 2 Muara Kuang. JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 7(2), 103–109. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v7i2.6823
Riyanti, H., & Lubis, P. H. M. (2024). Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 13(4), 5165–5174.
Sofyan Iskandar, Primanita Sholihah Rosmana, G. F., Mayanti, I., & Muslimah Apriliya, dan T. S. G. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3(2), 2325.
Taurista, P. S., Zaman, W. I., & Wiguna, F. A. (2024). Pengembangan Media Diorama Siklus Air untuk Siswa Kelas V SDN Sidomulyo 2. 566–574. http://repository.unpkediri.ac.id/13192/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.