PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ERA DIGITAL DI SMP IT AL-MUNADI MARELAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26306Keywords:
Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Aarab Di Era Digital, Metode Penelitian, Sekolah Islam TerpaduAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pesatnya perkembangan teknologi digital telah mengubah lanskap pendidikan secara signifikan. Adanya berbagai macam perangkat dan aplikasi pembelajaran bahasa Arab berbasis digital yang dapat dimanfaatkan bagi seorang guru untuk menjaga teknologi ini dalam proses pembelajaran bahasa Arab berlangsung. Bahasa Arab dapat dikatakan sebagai bahasa asing yang mana sering kali dianggap sulit oleh peserta didik.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptifdigunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasilnya peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab pada era digital di SMP IT Al-Munadi Marelan: 1) Peran Guru dalam Mengadaptasi Teknologi dalam Pembelajaran 2) Pemanfaatan Media Sosial Pada Pembelajaran Digital 3) Peningkatan Kemampuan Digital Guru 4) Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab 5) Pembelajaran yang Inovatif dan Kolaboratif 6) Evaluasi Pembelajaran yang Lebih Efektif 7) Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Arab 8) Pentingnya Pembinaan Karakter dalam Pembelajaran Digital.Downloads
References
“BOOK_Tritjahjo Danny_Asesmen Non-Tes Dalam Bimbingan Dan Konseling_Bab 7 (1)
Budiriyanto, A., & Putra, S. (2023). Model Pembelajaran Bahasa Arab di Era Globalisasi Melalui Pendekatan Komunikatif Digital. Prosiding Seminar Internasional Peluang Dan Tantangan Perguruan Tinggi Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0, 1(1), 152–158. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/icon/article/view/10577/5189
Haq, S. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital: Problematika dan Solusi dalam PengembanganMedia. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 211–222. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6937
Ilmi, A. R. M., Junaidi, A., Kase, E. B. ., Safar, M., & Sari, M. N. (2024). Belajar Di Era Digital Memahami Teknologi Pendidikan dan Sumber Belajar Online. Communnity Development Journal, 5(1), 782 -789 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/24799
Isnaini, R. L. (n.d.). Optimalisasi Manajemen Sarana Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Pertemuan Ilmah Internasioanl Bahasa Arab (PINBA) XIV. https://www.prosiding.imla.or.id/index.php/pinba/article/view/431/431
Mahmudi, I., Manca, D. A., & Kusuma, A. R. (2022). Literatur Review: Pendidikan Bahasa Arab Di Era Digital. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(2), 611–624. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i2.396
Nilamsari, Natalina. “Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif.” Wacana 8, no. 2 (2014): 177–1828. http://fisip.untirta.ac.id/teguh/?p=16/.“No Title,” 2017.
Syafii, A., Bahar, Shobicah, & Muharam, A. (2023).Pengukuran Indeks Mutu Pendidikan Berbasis Standar Nasional. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1697–1701. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i7.332
Yestiani, Dea Kiki, Nabila Zahwa, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. “PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN” 4 : 41–47.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.