INOVASI PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS KEWIRAUSAHAAN: STUDI KASUS PRODUKSI KANGEN WATER DI SMP PLUS AL-ISTIQAMAH

Authors

  • Helmawati Universitas Islam Nusantara
  • Maman Suherman Universitas Islam Nusantara
  • Nisa Panca Aziza Universitas Islam Nusantara
  • Rifa Martini Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26290

Keywords:

Inovasi Pembiayaan Pendidikan, Kewirausahaan Sekolah, Kemandirian Sekolah, Kangen Water, PDCA

Abstract

Keterbatasan sumber pendanaan sering menjadi tantangan utama dalam menjamin berkelanjutan dan mutu pendidikan di sekolah swasta. Inovasi pembiayaan berbasis kewirausahaan menjadi alternatif strategis untuk mengatasi persoalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi inovatif pembiayaan pendidikan melalui kegiatan kewirausahaan produksi Kangen Water di SMP Plus Al-Istiqomah, serta mengevaluasi dampaknya terhadap kemandirian dan keberlanjutan pembiayaan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, kepada kepala sekolah, bendahara, komite sekolah, pengawas, dan Dinas Pendidikan, serta studi dokumentasi. Melalui siklus manajemen PDCA (Plan-Do-Check-Action), hasil penelitian menunjukkan bahwa program kewirausahaan ini tidak hanya mampu menopang sebagian kebutuhan operasional sekolah, tetapi juga berkontribusi pada pembentukan karakter kewirausahaan siswa melalui keterlibatan langsung dalam kegiatan ekonomi yang edukatif. Kesimpulannya, inovasi pembiayaan berbasis kewirausahaan di SMP Plus Al-Istiqomah merupakan langkah strategis yang mendukung kemandirian finansial sekolah sekaligus menjadi sarana pendidikan karakter yang aplikatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Deming, W. E. (1986). Out of the Crisis. MIT Press.

Drucker, P. F. (2023). Innovation and entrepreneurship: Practice and principles. Harper Business. (Edisi tahun disesuaikan agar relevan, bila tersedia versi asli tahun 1985, gunakan: 1985).

Fiet, J. O. (2000). The theoretical side of teaching entrepreneurship. Journal of Business Venturing, 16(1), 1–24. https://doi.org/10.1016/S0883-9026(99)00041-5

Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2017). Entrepreneurship (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Kotler, P. (2003). Marketing management (11th ed.). Prentice Hall.

Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Milles, M. B. (2003). The innovation journey. Thousand Oaks: Crown Press.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Shane, S., & Venkataraman, S. (2000). The promise of entrepreneurship as a field of research. Academy of Management Review, 25(1), 217–226. https://doi.org/10.5465/amr.2000.2791611

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Zimmerer, T. W., Scarborough, N. M., & Wilson, D. (2002). Essentials of entrepreneurship and small business management (4th ed.). Prentice Hall.

Downloads

Published

2025-06-07