Uji Hipotesis Pengaruh Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Maluku Tengah
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26256Keywords:
Model Problem Solving, Kemampuan KognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Maluku Tengah. Tipe penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-2 SMA Negeri 3 Maluku Tengah yang berjumlah 35 orang. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji non parametrik yaitu uji wilcoxom signed test. Berdasarkan hasil uji normalitas nilai Sig. data pretest sebesar 0.072 > 0.05 dan nilai Sig. data posttest sebesar 0.025 < 0.05. Sedangkan hasil uji homogenitas nilai Sig. sebesar 0.498 > 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. pada uji non-parametrik sebesar 0.000. Sig. 0.000 < 0.05. Model problem solving yang dikombinasikan dengan simulasi PhET merupakan pendekatan efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi gerak parabola. Metode ini memfasilitasi pembelajaran bermakna, mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, serta menjembatani antara konsep abstrak dan dunia nyata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem solving berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Maluku Tengah.Downloads
References
Adinurani, P. G. (2022). Statistika Non Parametrik. Yogyakarta: Deepublish.
Amalia, N., & Kurniawan, D. A. (2021). Penerapan model Problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 451-459.
Daryanto, & Karim, S. (2020). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, P. S., & Yulianti, D. (2019). Pengaruh simulasi PhET berbasis problem solving terhadap peningkatan kemampuan kognitif pada materi gerak parabola. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 95-102.
Mubarak, Z. A. (2021). Penelitian Kuantitatif dan Statistika Pendidikan. Tasikmalaya: V, Pustaka Turats Press.
Mulyani, R., Sari, P., & Ramadhan, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 45-52.
Ramadani, R., & Yuliati, L. (2022). Pengaruh model problem solving berbasis PhET terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi gerak. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 8(2), 115-124.
Rokhmawati, Y., & Istiyono, E. (2020). The effectiveness of problem solving learning model on students’ critical thinking and learning achievement. International Journal of Instruction, 13(2), 307-322.
Setyawan, D., & Ristanto, R.H. (2020). Problem Solving Learning Model and Its Impact on Cognitive Learning Outcomes in Physics. Jurnal Pendidikan Sains, 8(3). 123-131.
Wulandari, D., Suyidno, & Saputra, E. (2021). Efektivitas penggunaan simulasi PhET terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar fisika siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 34-41
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.