PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA YANG BERKAITAN DENGAN WUJUD ZAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS IV SDN 1 BONIPOI KOTA KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26199Keywords:
kemampuan menyelesaikan soal cerita, wujud zat, pembelajaran kooperatif, STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan wujud zat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SDN 1 Bonipoi Kota Kupang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi wujud zat karena metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan kurang mendorong partisipasi aktif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas IV yang terdiri dari 15 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang meliputi data observasi dan analisis data hasil tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita terkait wujud zat. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 66,67%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91,67%. Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan dari kategori baik menjadi sangat baik. Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, khususya pada materi wujud zat. Penelitian ini menyarankan agar model STAD dapat digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar.Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).
Ariyanti, N., Marleni, & Prasrihamni, M. (2022). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1450–1455. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5462
Asmedy. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 2, 108–113.
Benu, A. B. N., Samo, D. D., & Cardoso, O. M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sdi Fatukoa Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Blok Pecahan. Journal of Character and Elementary Education, 1(2), 46–53. https://doi.org/10.35508/jocee.v1i2.11871
Camelia Mutiara, R. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Time Achviement Division (Stad) Di Sekolah Dasar Negeri 68 Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 26–36. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.153
Dawis, A. M., Meylani, Y., Heryana, N., Alfathoni, M. A. M., Sriwahyuni, E., Ristiyana, R., Januarsi, Y., Wiratmo, P. A., Dasman, S., Mulyani, S., Agit, A., Shoffa, S., & Baali, Y. (2023). Pengantar Metodologi Penelitian.
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: GAVA MEDIA
I Putu Ade Andre Payadnya, 2022. Panduan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta : CV. Budi Utama
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). STUDI LITERATUR : PROBLEMATIKA EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM MENCAPAI TUJUAN.
Rani, D. E. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. 6(4), 6068–6077.
Zuhdi, A., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). The importance of education for humans. 6(20), 22–34. https://doi.org/10.23916/08742011
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.