ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM WISH (DISNEY)

Authors

  • Via Apriliani Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26153

Keywords:

Film, Character Value, Literature

Abstract

ABSTRACT This study was conducted with the aim of analyzing the character education values contained in wait Disney's wish film. This study used A qualitative descriptive method, where data was obtained through observation of scenes, dialogues, and action of the characters in the film. The result of the study showed that the character Asha describe various character values, including (1) respect; (2) responsibility; (3) honesty; (4) mutual Assistance; (5) cooperation; (6) caring for others; (7) courage; (8) hard work; and (9) justice. These findings indicate that the wish film not only function as entertainment. But also as an effective character learning medium for chilldern and Adolescents. Keywords: Film, Character Value, Literature ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Wish karya Walt Disney. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana data diperoleh melalui observasi terhadap adegan, dialog, dan tindakan tokoh dalam film. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh Asha menggambarkan beberapa nilai karakter, antara lain (1) hormat; (2) tanggung jawab; (3) kejujuran; (4) tolong-menolong; (5) kerja sama; (6) peduli sesama; (7) keberanian; (8) kerja keras; dan (9) keadilan. Temuan ini menunjukkan bahwa film Wish tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai salah satu media pembelajaran karakter bagi anak-anak dan remaja.   Kata Kunci: Film, Nilai Karakter, Sastra

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdusssamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Buck, Chris, dan Fawn Veerasunthorn. 2023. Wish. america: Walt Disney.

Didipu, Herman, dan Sitti Rachmi Masie. 2020. sastra anak apresiasi kajian dan pembelajarannya. diedit oleh Salam. Gorontalo: Ideas Publishing.

Hasani, Aceng. 2019. “6231-14554-1-PB.” Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia.

Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. solo: Yuma Pressindo.

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Milenia, Nuriyah. 2024. “Figurative Language Used By The Characters in Disney’s Wish Movie.”

Moleong, Lexy J. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munawaroh, Ririn Layfatul, Singgih Adhi Prasetyo, Jurusan Pendidikan Guru, dan Sekolah Dasar. 2019. “Nilai Karakter dalam Film Animasi ‘Horton Hears A Who’ Sudut Pandang.” IVCEJ 2(1):19–27.

Rosmawati, Eka, Selin Edri Anggelina, Wiga Rahmayanti, dan Tio Tanra Azaria. 2024. “Pemanfaatan Film Sebagai Media Penguatan Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan Tematik 9(2):92–101. doi: 10.22437/jptd.v9i2.38605.

Rusandi, dan Muhammad Rusli. 2021. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah:Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2(1):48–60.

Sudrajat, Ajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Karakter 1(1):47–58.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerrbit Alfabeta.

Syahfitri, Dian. 2018. Teori Sastra: Konsep dan Metode. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu.

Tahapary, H. 2021. “Digital Sinematografi Dalam Produksi Acara Telvisi dan Film. Edisi Revisi.”

Downloads

Published

2025-06-12