PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SHALAT GERHANA DAN SHALAT JENAZAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 1 SEI KANAN T.A 2024-2025

Authors

  • Nurhamida Rambe Universitas Al- Washliyah Labuhanbatu
  • Jailani syahputra siregar Universitas Al- Washliyah Labuhanbatu
  • Basyarul ulya Universitas Al- Washliyah Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26143

Keywords:

media, pembelajaran, video, animasi, pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap pemahaman siswa pada materi shalat gerhana dan shalat jenazah mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VIII di UPTD SMP NEGERI 1 SEI KANAN T.A 2024-2025. populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik UPTD SMP NEGERI 1 SEI KANAN kelas VIII yang berjumlah 138 siswa dari 5 kelas yaitu (VIII1 , VIII2 , VIII3, VIII4, VIII5). Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah dengan menggunakan teknik acak, dimana penulis mengambil sampel 20% dari jumlah siswa seluruh kelas VIII. Maka sampel pada penelitian ini 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi rxy  = (6,154) dan nilai Df= 28-2=26 diperoleh  rtabel  pada taraf signifikan 5% sebesar (2,05553) dan uji regresi berganda (R Square) sebesar 0,659 artinya terdapat pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap pemahaman siswa kelas VIII sebesar 65,9% dan 34,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dengan demikian rxy lebih besar dari rtabel   sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap pemahaman siswa pada materi shalat gerhana dan shalat jenazah mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VIII di UPTD SMP NEGERI 1 SEI KANAN T.A 2024-2025.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasan. A.(2019) video animasi dan keterlibatan siswa : Analisis kuantitatif. Jurnal Pendidikan islam internasional . 11 (1), 87-101

Khalid,M. (2018) efektivitas animasi dalam mengajar konsep keagamaan : suatu studi empiris. Jurnal Multimedia dan hypermedia Pendidikan 30 (2), 213 :227

Laily Rahmayanti dan Farida. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukodono Sidoarjo Laily Rahmayanti PGSD FIP Univrsitas Negeri Surabaya Abstrak

Muhson Ali ,(2010), “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi”, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia ,h.2.

Munawaroh,Siti et al., (2021) “Perkembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Meningkatkan Pemahaman Qur’an dan Makna (Qurma) Pada Surat Al-Humazah di MI Narrative Quran Lamongan” Indonesian Journal Of Islamic Education Studies (IJIES),No. 4.1

Sudirman, A. (2018). Penggunaan Multimedia Dalam Pendidikan Agama Islam:studi kasus di sekolah menengah. Jurnal pendidikan islam. 10(2),123-135

Umar, Media Pendidikan, Jurnal Tarbawiyah, vol, 11 (2014)

Wells, P. dan Moore, S. The Fundamental of Animation Second Edition. Bloomsburry. Didapat dari http://dl.booktolearn.com/ebooks2/computer/graphics/9781472575265_The_Fundamentals_of_ Animation_2nd_Edition_071a.pdf

Downloads

Published

2025-06-02