KONSEP DASAR FILSAFAT PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN LANDASAN BERPIKIR KRITIS
KONSEP DASAR FILSAFAT PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN LANDASAN BERPIKIR KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26141Keywords:
Philosophy, Education, CriticalAbstract
Filsafat pendidikan kritis adalah konsep dasar dari pendidikan yang relevan untuk mengajarkan generasi sekarang untuk belajar memahami dan menganalisis masalah atau isu viral secara kritis. Dengan konsep dasar filsafat yang kuat, pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai penyampai pengetahuan semata tetapi juga sebagai sarana untuk membangun pola pikir kritis yang siap menghadapi berbagai tantangan zaman. metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan kepustakaan. Penelitian ini mengumpulkan data dengan membaca literatur yang relevan tentang filsafat pendidikan, konsep dasar filsafat pendidikan, dan pengembangan berpikir kritis. , filsafat pendidikan sangat penting untuk membangun kemampuan berpikir kritis Gen Z dan Alpha. Agar suasana belajar menjadi kritis dan interaktif, guru harus membiarkan siswa berbicara dan tidak membatasi pertanyaan mereka. Metode pengajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan generasi saat ini, seperti menggunakan media visual dan contoh menarik daripada hanya menuntut siswa membaca buku. Dengan memasukkan prinsip-prinsip filsafat ilmu ke dalam pendidikan, literasi siswa, kemampuan mereka untuk menganalisis data, dan kemampuan mereka untuk membuat keputusan rasional meningkat. karena itu, siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga mampu berpikir kritis dan membuat pilihan yang rasional akan dihasilkan jika guru mengintegrasikan filsafat ilmu dan menyesuaikannya dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga mampu berpikir kritis dan membuat pilihan yang rasional akan dihasilkan jika guru mengintegrasikan filsafat ilmu dan menyesuaikannya dengan perkembangan zaman.Downloads
References
Aini, S., & Syukur, M. (2024). Analisis Peran Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa. 4, 2164–2174.
AR, A. S. H., & Ismail, I. (2024). Menggali Peran Filsafat Pendidikan Dalam Membentuk Pemikiran Kritis Di Era Teknologi. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol3.iss1.969
Aulia, D. D., Maulidi, R. P., Marjohan, M., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Landasan Filosofis Pendidikan. Journal on Education, 5(1), 432–441. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.630
Cahya, I., Hartati, I., Indriyani, T. S., Indonesia, P., Wetan, C., & Barat, J. (2025). Membangun Karakter Siswa Melalui Integrasi Filsafat Ilmu Dalam Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di Sekolah Dasar 1. 12(1), 217–228.
Conference, P. N., Education, C., Theme, T., & Theological, C. (2024). Membangun Strategi Misi Kontekstual Bagi Generasi Z: Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2(2), 45–57.
Endi Rochaendi Akhsanul, D. (2024). fisafat pendidikan fondasi pemikiran dalam pendidikan (E. R. Desain (ed.)). ITERA Press.
Falah, R. Z. (2017). Landasan FilosofisPendidikan Perspektif FilsafatPragmatisme Dan Implikasinya DalamMetode Pembelajaran. Elementary, 5(2), 1–19.
Fensi, F. (2020). Menganalisis Patologi Media Sosial Dari Perspektif. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(2), 158–169.
Hasanah, A., Anggraini, A. E., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Filsafat dalam Proses Berpikir Kritis pada Peserta Didik. 6(6), 6666–6681.
Hendar Ahmad Wibisono, D. (2024). Filsafat Pendidikan. In Y. D. B. Doho (Ed.), Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Widina Media Utama.
Izzah, I. N., & Nugraha, M. S. (2025). Filsafat Ilmu dan Pengaruhnya terhadap Pengembangan Kurikulum dalam Pendidikan Islam. 5, 4400–4414.
Kusumasanthi, D., Wiguna, I. B. A. A., & Puspawati, S. (2023). Eksistensi Filsafat Komunikasi Di Era Digital. Samvada : Jurnal Riset Komunikasi, Media, Dan Public Relation, 2(1), 22–37. https://doi.org/10.53977/jsv.v2i1.981
Mochtar, N., Madura, U. T., & Inda, P. T. (2024). Peran filsafat dalam mengembangkan pola pikir kritis siswa di era ai. 2(12).
Nugroho, J., & Ismail, D. H. (2024). Strategi Membangun Keterampilan Berpikir Kritis untuk Generasi Alpha Z. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 7(1), 46-55.
Prasetyo, A. B. (2018). Strategi berpikir kritis dalam penggunaan media sosial di kalangan jamaah masjid Gunungsari Indah Surabaya (Studi deskriptif tentang kemampuan berpikir kritis para pengguna smartphone ketika menerima berita Hoax).
Sari, A. P. (2024). Peran Filsafat Ilmu dalam Membangun Karakter Pendidikan di Era Digital dan Teknologi. 4(September), 952–958.
Sekar Arum, L., Amira Zahrani, & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812
Sitepu, E. B., & Alhudawi, U. (2025). Kontribusi Filsafat Pendidikan Kritis Terhadap Pendidikan Demokrasi di Indonesia.
Utami, I. S., & Alfian, A. (2017). Konsep Critical Pedagogy Henry a. Giroux. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 145. https://doi.org/10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p145-154
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.