KONSEP DASAR FILSAFAT PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN ‎LANDASAN BERPIKIR KRITIS

KONSEP DASAR FILSAFAT PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN ‎LANDASAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Desika Handayani uinfas bengkulu
  • Zapia Gustina UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Ririn Rizki Apdasuli UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26141

Keywords:

Philosophy, Education, Critical

Abstract

Filsafat pendidikan kritis adalah konsep dasar dari pendidikan yang relevan untuk mengajarkan generasi sekarang untuk belajar memahami dan menganalisis masalah atau isu viral secara kritis. Dengan konsep dasar filsafat yang kuat, pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai penyampai pengetahuan semata tetapi juga sebagai sarana untuk membangun pola pikir kritis yang siap menghadapi berbagai tantangan zaman. metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan kepustakaan. Penelitian ini mengumpulkan data dengan membaca literatur yang relevan tentang filsafat pendidikan, konsep dasar filsafat pendidikan, dan pengembangan berpikir kritis. , filsafat pendidikan sangat penting untuk membangun kemampuan berpikir kritis Gen Z dan Alpha. Agar suasana belajar menjadi kritis dan interaktif, guru harus membiarkan siswa berbicara dan tidak membatasi pertanyaan mereka. Metode pengajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan generasi saat ini, seperti menggunakan media visual dan contoh menarik daripada hanya menuntut siswa membaca buku. Dengan memasukkan prinsip-prinsip filsafat ilmu ke dalam pendidikan, literasi siswa, kemampuan mereka untuk menganalisis data, dan kemampuan mereka untuk membuat keputusan rasional meningkat. karena itu, siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga mampu berpikir kritis dan membuat pilihan yang rasional akan dihasilkan jika guru mengintegrasikan filsafat ilmu dan menyesuaikannya dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga mampu berpikir kritis dan membuat pilihan yang rasional akan dihasilkan jika guru mengintegrasikan filsafat ilmu dan menyesuaikannya dengan perkembangan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, S., & Syukur, M. (2024). Analisis ‎Peran Filsafat Pendidikan dalam ‎Pengembangan Berpikir Kritis ‎dan Kreatif Mahasiswa. 4, 2164–‎‎2174.‎

AR, A. S. H., & Ismail, I. (2024). ‎Menggali Peran Filsafat ‎Pendidikan Dalam Membentuk ‎Pemikiran Kritis Di Era ‎Teknologi. JUPEIS : Jurnal ‎Pendidikan Dan Ilmu Sosial, ‎‎3(1), 27–34. ‎https://doi.org/10.57218/jupeis.vol3.iss1.969‎

Aulia, D. D., Maulidi, R. P., Marjohan, ‎M., Hidayat, S., & Dewi, R. S. ‎‎(2022). Landasan Filosofis ‎Pendidikan. Journal on ‎Education, 5(1), 432–441. ‎https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.‎‎630‎

Cahya, I., Hartati, I., Indriyani, T. S., ‎Indonesia, P., Wetan, C., & ‎Barat, J. (2025). Membangun ‎Karakter Siswa Melalui Integrasi ‎Filsafat Ilmu Dalam Kurikulum ‎Merdeka: Studi Kasus di Sekolah ‎Dasar 1. 12(1), 217–228.‎

Conference, P. N., Education, C., ‎Theme, T., & Theological, C. ‎‎(2024). Membangun Strategi Misi ‎Kontekstual Bagi Generasi Z: ‎Memanfaatkan Teknologi ‎Informasi dan Komunikasi. 2(2), ‎‎45–57.‎

Endi Rochaendi Akhsanul, D. ‎‎(2024). fisafat pendidikan fondasi ‎pemikiran dalam pendidikan (E. ‎R. Desain (ed.)). ITERA Press.‎

Falah, R. Z. (2017). Landasan ‎FilosofisPendidikan Perspektif ‎FilsafatPragmatisme Dan ‎Implikasinya DalamMetode ‎Pembelajaran. Elementary, 5(2), ‎‎1–19.‎

Fensi, F. (2020). Menganalisis ‎Patologi Media Sosial Dari ‎Perspektif. Commed : Jurnal ‎Komunikasi Dan Media, 4(2), ‎‎158–169.‎

Hasanah, A., Anggraini, A. E., & ‎Suciptaningsih, O. A. (2024). ‎Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan ‎Analisis Filsafat dalam Proses ‎Berpikir Kritis pada Peserta ‎Didik. 6(6), 6666–6681.‎

Hendar Ahmad Wibisono, D. (2024). ‎Filsafat Pendidikan. In Y. D. B. ‎Doho (Ed.), Paper Knowledge . ‎Toward a Media History of ‎Documents. Widina Media ‎Utama.‎

Izzah, I. N., & Nugraha, M. S. (2025). ‎Filsafat Ilmu dan Pengaruhnya ‎terhadap Pengembangan ‎Kurikulum dalam Pendidikan ‎Islam. 5, 4400–4414.‎

Kusumasanthi, D., Wiguna, I. B. A. ‎A., & Puspawati, S. (2023). ‎Eksistensi Filsafat Komunikasi ‎Di Era Digital. Samvada : Jurnal ‎Riset Komunikasi, Media, Dan ‎Public Relation, 2(1), 22–37. ‎https://doi.org/10.53977/jsv.v2i1.9‎‎81‎

Mochtar, N., Madura, U. T., & Inda, P. ‎T. (2024). Peran filsafat dalam ‎mengembangkan pola pikir kritis ‎siswa di era ai. 2(12).‎

‎ Nugroho, J., & Ismail, D. H. (2024). Strategi ‎Membangun Keterampilan Berpikir Kritis ‎untuk Generasi Alpha Z. Transparansi: ‎Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 7(1), 46-‎‎55.‎

Prasetyo, A. B. (2018). Strategi ‎berpikir kritis dalam penggunaan ‎media sosial di kalangan jamaah ‎masjid Gunungsari Indah ‎Surabaya (Studi deskriptif ‎tentang kemampuan berpikir ‎kritis para pengguna smartphone ‎ketika menerima berita Hoax).‎

Sari, A. P. (2024). Peran Filsafat Ilmu ‎dalam Membangun Karakter ‎Pendidikan di Era Digital dan ‎Teknologi. 4(September), 952–‎‎958.‎

Sekar Arum, L., Amira Zahrani, & ‎Duha, N. A. (2023). Karakteristik ‎Generasi Z dan Kesiapannya ‎dalam Menghadapi Bonus ‎Demografi 2030. Accounting ‎Student Research Journal, 2(1), ‎‎59–72. ‎https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.‎‎5812‎

Sitepu, E. B., & Alhudawi, U. (2025). ‎Kontribusi Filsafat Pendidikan ‎Kritis Terhadap Pendidikan ‎Demokrasi di Indonesia.‎

Utami, I. S., & Alfian, A. (2017). ‎Konsep Critical Pedagogy Henry ‎a. Giroux. Jurnal Pendidikan ‎Kewarganegaraan, 4(2), 145. ‎https://doi.org/10.32493/jpkn.v4i2‎‎.y2017.p145-154‎

Downloads

Published

2025-06-06