PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERORIENTASI MASALAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26132Keywords:
Interactive Video, Pancasila EducationAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya pengembangan media pembelajaran video interaktif berorientasi masalah pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah video interaktif berorientasi masalah layak digunakan untuk media pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Subjek penelitian ini yaitu 1 guru kelas V dan 38 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Lenteng Agung 01. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi norma dalam kehidupanku dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Oleh karena itu, siswa memerlukan media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan untuk membantu mereka dalam proses belajar. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan video interaktif berorientasi masalah layak digunakan sebagai media pembelajaran yang membantu siswa dalam memahami materi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan yang bermanfaat dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan siswa Kata Kunci: Video Interaktif, Pendidikan PancasilaDownloads
References
Batubara, H. H. (2021). Media
Pembelajaran Digital.
Diah Pebriyanti, & Irwan Badilla.
(2023). Implementasi Pendidikan
Karakter Siswa Di Kelas Pada
Mata Pembelajaran Pendidikan
Pancasila Kelas IV Di Sekolah
Dasar. Jurnal Elementaria
Edukasia, 6(3), 1325–1334.
https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.
6050
Firmansah, D., & Firdaus, D. F.
(2021). Pengembangan Media
Pembelajaran Video Interaktif
Berbasis Aplikasi Sparkol
Videoscribe pada Tema 3 Kelas
III. TERAMPIL: Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran
Dasar, 7(2), 145–158.
https://doi.org/10.24042/terampil.
v7i2.7386
Gunawan, R. Z., Fatma, &, & Najicha,
U. (2022). Peran Pendidikan
Kewarganegaraan Dalam
Membangun Karakter Moral
Pelajar Di Era Modern. Jurnal
Kewarganegaraan, 6(1), 422–
427.
Mihit, Y. (2023). Dinamika dan
Tantangan dalam Pendidikan
Pancasila di Era Globalisasi:
Tinjauan Literatur.
EDUCATIONIST: Journal of
Educational and Cultural Studies,
2023(1), 357–366.
Rahmawati, R., Khaeruddin, & Amal,
A. (2021). Pengembangan Media
Pembelajaran Video Interaktif
untuk Meningkatkan Hasil
Belajar IPA Siswa Sekolah
Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu
Pendidikan Dasar Indonesia,
1(1), 29–38.
https://doi.org/10.51574/judikdas.
v1i1.163
Siti Rohmah Kurniasih, Mulyawan
Safwandy Nugraha, & Hafid
Muslih. (2023). Pengembangan
Bahan Ajar Video Interaktif
berbasis Edpuzzle dalam
Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam. Jurnal Pendidikan
Agama Islam Al-Thariqah, 8(2
SE-Articles), 245–264.
https://doi.org/10.25299/al-
thariqah.2023.vol8(2).14513
Stefani, S. T., & Haryudo, S. I.
(2023). Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis
Problem Based Learning.
Journal of Vocational and
Technical Education (JVTE),
5(2), 193–200.
https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2
.p193-200
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Zakiah, L., & Komarudin, K. (2024).
The Sundanese Cultural Story
Book As A Learning Media For
Local Wisdom-Based in
Pancasila and Civic Education
Learning For Elementary School
Students In Bandung (Issue
Icep). Atlantis Press SARL.
https://doi.org/10.2991/978-2-
38476-376-4
Zakiah, L., Sarkadi, & Marini, A.
(2023). Teachers’ strategies in
teaching social tolerance to
elementary school students in
Jakarta, Indonesia. Issues in
Educational Research, 33(2),
839–855.
Zakiah, L., Sarkadi, Marini, A., &
Ariatmi, S. Z. (2025). Digital
Storybook Based on Local
Wisdom Representing Students’
Cultural Literacy and Citizenship.
AIP Conference Proceedings,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.