PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERORIENTASI MASALAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Childina Rifka Amelia Universitas Negeri jakarta
  • Linda Zakiah, Nidya Chandra Muji Utami Universitas Negeri jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26132

Keywords:

Interactive Video, Pancasila Education

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya pengembangan media pembelajaran video interaktif berorientasi masalah pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah video interaktif berorientasi masalah layak digunakan untuk media pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Subjek penelitian ini yaitu 1 guru kelas V dan 38 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Lenteng Agung 01. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi norma dalam kehidupanku dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Oleh karena itu, siswa memerlukan media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan untuk membantu mereka dalam proses belajar. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan video interaktif berorientasi masalah layak digunakan sebagai media pembelajaran yang membantu siswa dalam memahami materi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan yang bermanfaat dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan siswa   Kata Kunci: Video Interaktif, Pendidikan Pancasila

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batubara, H. H. (2021). Media

Pembelajaran Digital.

Diah Pebriyanti, & Irwan Badilla.

(2023). Implementasi Pendidikan

Karakter Siswa Di Kelas Pada

Mata Pembelajaran Pendidikan

Pancasila Kelas IV Di Sekolah

Dasar. Jurnal Elementaria

Edukasia, 6(3), 1325–1334.

https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.

6050

Firmansah, D., & Firdaus, D. F.

(2021). Pengembangan Media

Pembelajaran Video Interaktif

Berbasis Aplikasi Sparkol

Videoscribe pada Tema 3 Kelas

III. TERAMPIL: Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran

Dasar, 7(2), 145–158.

https://doi.org/10.24042/terampil.

v7i2.7386

Gunawan, R. Z., Fatma, &, & Najicha,

U. (2022). Peran Pendidikan

Kewarganegaraan Dalam

Membangun Karakter Moral

Pelajar Di Era Modern. Jurnal

Kewarganegaraan, 6(1), 422–

427.

Mihit, Y. (2023). Dinamika dan

Tantangan dalam Pendidikan

Pancasila di Era Globalisasi:

Tinjauan Literatur.

EDUCATIONIST: Journal of

Educational and Cultural Studies,

2023(1), 357–366.

Rahmawati, R., Khaeruddin, & Amal,

A. (2021). Pengembangan Media

Pembelajaran Video Interaktif

untuk Meningkatkan Hasil

Belajar IPA Siswa Sekolah

Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu

Pendidikan Dasar Indonesia,

1(1), 29–38.

https://doi.org/10.51574/judikdas.

v1i1.163

Siti Rohmah Kurniasih, Mulyawan

Safwandy Nugraha, & Hafid

Muslih. (2023). Pengembangan

Bahan Ajar Video Interaktif

berbasis Edpuzzle dalam

Pembelajaran Pendidikan

Agama Islam. Jurnal Pendidikan

Agama Islam Al-Thariqah, 8(2

SE-Articles), 245–264.

https://doi.org/10.25299/al-

thariqah.2023.vol8(2).14513

Stefani, S. T., & Haryudo, S. I.

(2023). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis

Problem Based Learning.

Journal of Vocational and

Technical Education (JVTE),

5(2), 193–200.

https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2

.p193-200

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Zakiah, L., & Komarudin, K. (2024).

The Sundanese Cultural Story

Book As A Learning Media For

Local Wisdom-Based in

Pancasila and Civic Education

Learning For Elementary School

Students In Bandung (Issue

Icep). Atlantis Press SARL.

https://doi.org/10.2991/978-2-

38476-376-4

Zakiah, L., Sarkadi, & Marini, A.

(2023). Teachers’ strategies in

teaching social tolerance to

elementary school students in

Jakarta, Indonesia. Issues in

Educational Research, 33(2),

839–855.

Zakiah, L., Sarkadi, Marini, A., &

Ariatmi, S. Z. (2025). Digital

Storybook Based on Local

Wisdom Representing Students’

Cultural Literacy and Citizenship.

AIP Conference Proceedings,

Downloads

Published

2025-07-06