KEMAMPUAN MURID MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Shafiati Muhammad Universitas Tanjungpura
  • Dewi Yuli Trisnawati Universitas Tanjungpura
  • Sanita Sulistiani Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26131

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Analisis soal, belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan murid dalam menyelesaikan soal cerita matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 24 Pontianak Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 70 murid, dengan enam murid dipilih secara acak untuk diwawancarai berdasarkan tingkat kemampuan matematika rentang tinggi ke rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berbentuk soal cerita dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai murid dalam menyelesaikan soal cerita adalah 55,60, yang mengindikasikan bahwa kemampuan mereka masih tergolong rendah. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa kesulitan utama yang dialami murid mencakup memahami soal, merencanakan strategi penyelesaian, melaksanakan perhitungan dengan benar, serta memeriksa kembali jawaban yang diperoleh. Murid dengan kemampuan matematika tinggi cenderung lebih sistematis dalam menyelesaikan soal, sedangkan murid dengan kemampuan rendah sering mengalami kesalahan dalam memahami soal dan menerapkan rumus yang tepat. Penelitian kemampuan murid menyelesaikan soal cerita pada pembelajaran matematika dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian soal cerita matematika, seperti penggunaan metode pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah dan bimbingan lebih intensif dalam memahami konsep dasar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

aily, I. F. (2014). Hubungan

kemampuan membaca

pemahaman dengan

kemampuan memahami soal

cerita matematika sekolah dasar.

EduMa: Mathematics Education

Learning and Teaching†€ €

Ž, 3(1).

Latifah, T., & Afriansyah, E. A.

(2021). Kesulitan dalam

kemampuan pemecahan

masalah matematis siswa pada

materi statistika. Journal of

Authentic Research on

Mathematics Education

(JARME), 3(2), 134–150.

Luthfiyah, I., Simamora, R. E., &

Rahayu, S. W. (2024).

EKSPLORASI PROSES

PEMECAHAN MASALAH

MATEMATIKA SISWA KELAS 8

SEKOLAH MENENGAH

PERTAMA DALAM

MENYELESAIKAN SOAL

CERITA. Mathematics Education

And Application Journal (META),

6(1), 30–47.

Ma’rifah, C., Sa’dijah, C., Subanji, S.,

& Nusantara, T. (2020). Profil

kemampuan komunikasi

matematis peserta didik dalam

pemecahan masalah soal cerita.

Edu Sains: Jurnal Pendidikan

Sains Dan Matematika, 8(2), 43–

56.

Makbul, M. (2021). Metode

pengumpulan data dan

instrumen penelitian.

Mayratih, G. E., Leton, S. I., &

Uskono, I. V. (2019). Pengaruh

disposisi matematis terhadap

kemampuan pemecahan

masalah matematis siswa.

Asimtot: Jurnal Kependidikan

Matematika, 1(1), 41–49.

Nasiba, U. (2022). Brankas rahasia:

Media pembelajaran numerasi

berbasis berpikir komputasi

untuk meningkatkan kemampuan

pemecahan masalah. Jurnal

Didaktika Pendidikan Dasar,

6(2), 521–538.

Nasution, A. S., & Firmansyah, F.

(2022). Efektivitas Model

Pembelajaran Blended Learning

Untuk Meningkatkan

Kemampuan Pemecahan

Masalah Berbasis Pisa dan

Kemandirian Belajar Siswa Mts.

Al-jamiyatul Washliyah Tanjung

Morawa. Jurnal MathEducation

Nusantara, 5(2).

https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.

246

Natsir, N., Tandiayuk, M. B., &

Karniman, T. S. (2016). Profil

kesalahan konseptual dan

prosedural siswa dalam

menyelesaikan soal cerita

himpunan di Kelas VII SMPN 1

Siniu. Jurnal Elektronik

Pendidikan Matematika

Tadulako, 3(4), 440–452.

Paisa, F. Y., Sulangi, V. R., & Tilaar,

A. L. F. (2022). Analisis

Kesalahan Siswa dalam

Menyelesaikan Soal Cerita

Sistem Persamaan Linier Dua

Variabel Berdasarkan Prosedur

Newman. MARISEKOLA: Jurnal

Matematika Riset Edukasi Dan

Kolaborasi, 3(1).

https://doi.org/10.53682/marisek

ola.v3i1.1107

Pradini, W. (2019). Analisis

kesalahan siswa dalam

menyelesaikan soal cerita

persamaan linear dua variabel.

Downloads

Published

2025-06-11