KEMAMPUAN MURID MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26131Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Analisis soal, belajar matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan murid dalam menyelesaikan soal cerita matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 24 Pontianak Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 70 murid, dengan enam murid dipilih secara acak untuk diwawancarai berdasarkan tingkat kemampuan matematika rentang tinggi ke rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berbentuk soal cerita dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai murid dalam menyelesaikan soal cerita adalah 55,60, yang mengindikasikan bahwa kemampuan mereka masih tergolong rendah. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa kesulitan utama yang dialami murid mencakup memahami soal, merencanakan strategi penyelesaian, melaksanakan perhitungan dengan benar, serta memeriksa kembali jawaban yang diperoleh. Murid dengan kemampuan matematika tinggi cenderung lebih sistematis dalam menyelesaikan soal, sedangkan murid dengan kemampuan rendah sering mengalami kesalahan dalam memahami soal dan menerapkan rumus yang tepat. Penelitian kemampuan murid menyelesaikan soal cerita pada pembelajaran matematika dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian soal cerita matematika, seperti penggunaan metode pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah dan bimbingan lebih intensif dalam memahami konsep dasar matematika.Downloads
References
aily, I. F. (2014). Hubungan
kemampuan membaca
pemahaman dengan
kemampuan memahami soal
cerita matematika sekolah dasar.
EduMa: Mathematics Education
Learning and Teaching†€ €
Ž, 3(1).
Latifah, T., & Afriansyah, E. A.
(2021). Kesulitan dalam
kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa pada
materi statistika. Journal of
Authentic Research on
Mathematics Education
(JARME), 3(2), 134–150.
Luthfiyah, I., Simamora, R. E., &
Rahayu, S. W. (2024).
EKSPLORASI PROSES
PEMECAHAN MASALAH
MATEMATIKA SISWA KELAS 8
SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA DALAM
MENYELESAIKAN SOAL
CERITA. Mathematics Education
And Application Journal (META),
6(1), 30–47.
Ma’rifah, C., Sa’dijah, C., Subanji, S.,
& Nusantara, T. (2020). Profil
kemampuan komunikasi
matematis peserta didik dalam
pemecahan masalah soal cerita.
Edu Sains: Jurnal Pendidikan
Sains Dan Matematika, 8(2), 43–
56.
Makbul, M. (2021). Metode
pengumpulan data dan
instrumen penelitian.
Mayratih, G. E., Leton, S. I., &
Uskono, I. V. (2019). Pengaruh
disposisi matematis terhadap
kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa.
Asimtot: Jurnal Kependidikan
Matematika, 1(1), 41–49.
Nasiba, U. (2022). Brankas rahasia:
Media pembelajaran numerasi
berbasis berpikir komputasi
untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah. Jurnal
Didaktika Pendidikan Dasar,
6(2), 521–538.
Nasution, A. S., & Firmansyah, F.
(2022). Efektivitas Model
Pembelajaran Blended Learning
Untuk Meningkatkan
Kemampuan Pemecahan
Masalah Berbasis Pisa dan
Kemandirian Belajar Siswa Mts.
Al-jamiyatul Washliyah Tanjung
Morawa. Jurnal MathEducation
Nusantara, 5(2).
https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.
246
Natsir, N., Tandiayuk, M. B., &
Karniman, T. S. (2016). Profil
kesalahan konseptual dan
prosedural siswa dalam
menyelesaikan soal cerita
himpunan di Kelas VII SMPN 1
Siniu. Jurnal Elektronik
Pendidikan Matematika
Tadulako, 3(4), 440–452.
Paisa, F. Y., Sulangi, V. R., & Tilaar,
A. L. F. (2022). Analisis
Kesalahan Siswa dalam
Menyelesaikan Soal Cerita
Sistem Persamaan Linier Dua
Variabel Berdasarkan Prosedur
Newman. MARISEKOLA: Jurnal
Matematika Riset Edukasi Dan
Kolaborasi, 3(1).
https://doi.org/10.53682/marisek
ola.v3i1.1107
Pradini, W. (2019). Analisis
kesalahan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita
persamaan linear dua variabel.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.