HUBUNGAN PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP REGULASI DIRI SISWA DALAM PERTEMANAN DI KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26096Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi peneliti terhadap keberagaman karakter siswa kelas IV, dengan fokus khusus pada aspek regulasi diri yang tampak kurang optimal. Regulasi diri, sebagai kemampuan individu untuk mengelola emosi, perilaku, dan motivasi dalam konteks pembelajaran, menjadi krusial dalam mendukung perkembangan akademik dan sosial siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dampak pendidikan orang tua di rumah terhadap karakter regulasi diri siswa kelas IV SD Cahaya Bangsa Utama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif semi terstruktur dengan menggunakan wawancara dan hasil observasi terhadap tiga siswa kelas IV. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga anak memiliki ketabahan emosional yang kuat dalam menanti kepuasan atau resolusi, meskipun dipengaruhi oleh konteks seperti keterbatasan orang tua atau dinamika keluarga, mencerminkan kemampuan adaptasi yang kontekstual. Menahan diri bervariasi, dengan anak pertama dan kedua menunjukkan pengendalian emosi yang terbatas oleh frustrasi terhadap orang tua atau saudara, sementara anak ketiga menunjukkan kesadaran kesalahan meskipun impulsif, mengindikasikan tahap perkembangan yang berbeda dalam regulasi emosi.Downloads
References
Bandura, A. (n.d.). Social cognitive theory of self-regulation. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 2(20), 248–287.
Berkowitz, M. W., Bier, M. C., & McCauley, B. (2017). Toward a Science of Character Education: Frameworks for Identifying and Implementing Effective Practices. Journal of Character Education, 1(13), 1–16.
Borba, M. (2008). Membangun KecerdasanMmoral: Tujuh Kebajikan Utama untuk Membentuk Anak Bermoral Tinggi. Gramedia Pustaka Utama.
Duckworth, A. L., & Seligman, M. E. P. (2005). Self-discipline outdoes IQ in predicting academic performance of adolescents. Psychological Science, 12(16), 939–944.
Graziano, P. A., Slavec, J., Hart, K., Garcia, A., & elham, W. E. (2015). Improving School Readiness in Preschoolers with Behavior Poblems: Results from a Randomized Controlled Trial of a Self-Regulation Intervention. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 10(56), 1127–1136.
Radesky, J. S., Schumacher, J., & Zuckerman, B. (2020). Mobile and Interactive Media Use by Young Children: The Good, The Bad, and The Unknown. Pediatrics, 1(145).
Twenge, J. M., & Campbell, W. K. (2018). Associations between screen time and lower psychological well-being among children and adolescents: Evidence from a population-based study. Preventive Medicine Reports, 12, 271–283.
Vohs, K. D., & Baumeister, R. F. (2916). Handbook of self-regulation: Research, theory, and applications. Guilford Press.
Graziano, P. A., Slavec, J., Hart, K., Garcia, A., & elham, W. E. (2015). Improving School Readiness in Preschoolers with Behavior Poblems: Results from a Randomized Controlled Trial of a Self-Regulation Intervention. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 10(56), 1127–1136.
Radesky, J. S., Schumacher, J., & Zuckerman, B. (2020). Mobile and Interactive Media Use by Young Children: The Good, The Bad, and The Unknown. Pediatrics, 1(145).
Twenge, J. M., & Campbell, W. K. (2018). Associations between screen time and lower psychological well-being among children and adolescents: Evidence from a population-based study. Preventive Medicine Reports, 12, 271–283.
Vohs, K. D., & Baumeister, R. F. (2916). Handbook of self-regulation: Research, theory, and applications. Guilford Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.