Implementasi Model Pembelajaran Diferensiasi Untuk Mengakomodasi Gaya Belajar Siswa Inklusi di SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26042Keywords:
Pembelajaran Diferensiasi, Gaya Belajar, Siswa InklusiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran diferensiasi dalam mengakomodasi gaya belajar siswa inklusi di SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo. Latar belakang penelitian ini adalah semakin beragamnya gaya belajar siswa inklusi, yaitu visual, auditori, dan kinestetik, yang belum sepenuhnya diakomodasi dalam pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara terhadap Guru Pendamping Khusus (GPK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran diferensiasi diterapkan melalui identifikasi gaya belajar siswa, pengelompokan berdasarkan kesiapan dan gaya belajar, serta pemberian tugas dan bimbingan sesuai karakteristik individu. Strategi ini terbukti efektif meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa inklusi. Faktor pendukung implementasi model ini antara lain ketersediaan GPK, dukungan sekolah melalui ruang sumber, serta kompetensi guru dalam menyusun materi bervariasi. Namun, beberapa hambatan yang ditemukan adalah keterbatasan waktu pembelajaran, jumlah GPK yang tidak sebanding dengan jumlah siswa inklusi, serta keterbatasan fasilitas dan media pembelajaran. Kesimpulannya, pembelajaran diferensiasi sangat relevan diterapkan di kelas inklusi karena mampu menyesuaikan proses belajar dengan karakteristik unik setiap siswa. Dengan pendekatan ini, siswa inklusi dapat belajar secara maksimal sesuai dengan gaya belajarnya, sehingga menciptakan proses pembelajaran yang lebih adil, inklusif, dan efektif.Downloads
References
Adi, M. I. F., Rahmah, N. W., & Farhan, F. (2024). Optimalisasi Partisipasi Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Diskusi: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Bilingual Terpadu Junwangi Krian Sidoarjo. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 14(1), 132-148.
Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdireriensasi Di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 2798-2912.
Atikah, I., Fauzi, M. A. R., Firmansya, R. (2024). Penerapan Strategi Difereiensiasi Konten dan Proses Pada Gaya Belajar Berbasis Model Problem Based Learning. PTK: Jurnal Penelitian Tindakan, 1(2), 1-14.
Azizah, S.A., Usman, A., Fauzi, M. A. R., & Rosita, E. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Menerapkan Pembelajaran Berdeferensiasi. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 1-12
Fitriana, E., Nisa, F. A., & Cahyani, B. H. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferiensasi Dengan Model Problem Learning Pada Materi IPAS Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 9(1), 5670-5580.
Liliawati, W., Setiawan A., Rahmah, S., & Dalila, A. A. (2022). Pendekatan Pembelajran Diferiensasi Dalam Model Inkuiri Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 393-401.
Ni’mah, U. N. I., Elhady, A., & Mustofa, T. A. (2024). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Siswa Inklusi di Sekolah Menengah Pertama Kelas Delapan. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 104-114.
Oktaviani, F., & Harsiwi, N. E. (2024). Tantangan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas Inklusi SDN Gebang 1. Journal of Special Education Lectura, 2(1), 24-30.
Permadi, I. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu Kendal. Skripsi, Faakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan Universitas Walisongo Semarang.
Pitaloka, H., Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferiensasi Dalam Kurrikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung, 04, 34-37.
Purwanto, T., A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Padagogy, 2(1), 34-54.
Puspitasari, V., Rufi’I R., & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran Bipa Di Kelas Yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and development, 8(4), 310-319.
Safarudin, R., Zulfamanna, Z., & Sepriyanti, S. (2023). Penelitian Kualitatif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680-9694.
Sari, A. J. (2025). Strategi Diferiensasi Pembelajaran oleh Guru PAI Mengakomodasi Berbagai Gaya Belajar Siswa. Jurnal Kualitas Pendidikan. 3(1), 78-82.
Suwidagho, S., Hananto, I., & Syahroni, M. (2024). Strategi cerdas: pelatihan pemetaan gaya belajar untuk pembelajaran berdiferensiasi di era merdeka belajar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2231-2238
Yunaini, M. (2021). Model Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Journal pf Elementary School Educaton, 1(1), 18-25.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.