PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG MENGENAL KARAKTERISTIK WILAYAH DI KELAS V SD NEGERI OETETE 1

Authors

  • Yusti Seran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Silvester P. Taneo Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Martha K. Kota Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26010

Keywords:

Team Games Tournament, Karakteristik Wilayah, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal karakteristik wilayah melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) yang dikolaborasikan dengan media pembelajaran Quizizz. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Oetete I dengan subjek sebanyak 25 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, sebanyak 13 siswa (52%) mencapai ketuntasan, sementara 12 siswa (48%) belum tuntas. Siswa yang tuntas menunjukkan fokus dalam pembelajaran, aktif berdiskusi, dan mampu menyelesaikan soal dengan benar. Sementara itu, siswa yang belum tuntas cenderung kurang fokus, sering mengganggu teman, dan kurang terlibat dalam kerja kelompok. Pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan, yaitu 22 siswa (88%) mencapai ketuntasan dan hanya 3 siswa (12%) yang belum tuntas. Peningkatan ini terjadi karena siswa lebih fokus, tidak mengganggu teman, dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament yang dikolaborasikan dengan media Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal karakteristik wilayah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288 5(5), 3109–3116.

Astuti, E. L., & Kristin, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1278–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4932

Firdos, I. I., Permatasari, I., Rahmawati, M., & Wahyono, W. (2023). Peranan Teknologi Dalam Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Pada Pendidikan Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 33. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71026

Hasanah, U., Wijayanti, R., & Liesdiani3, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 104–111. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5334

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Fadillah, A. R., Ayuni, F., Nur’Ani, F. D., Apriliya, M., & Realistiya, R. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita 24 PGSD, 7(3), 557. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i3.41630

Istikhah, I., Alfiansyah, I., & Umam, N. K. (2024). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas II SD. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(1), 241–249. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i1.1114

Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 334–340. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24631

Nikmah, H., Siskawati, F. S., & Mahmudah, M. (2024). PENERAPAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERBANDINGAN DI SMP 01 ISLAM JEMBER. 3(2), 133–138.

Raditya, K. A., I Ketut Gading, & I.G. Ayu Tri Agustiana. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.63116

Razaq, M. Nurhayani, H. Muhiddin, & Paulus, R. (2024). Pemanfaatan Media Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VIIB SMPN 20 Makassar Muliana Razaq ; Nurhayani H . Muhiddin ; Paulus Rante. 6(2), 1656–1660.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Sudjana. (2012). Penerapan Model expert review Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu.

Widiasari, S. (2024). Halaman 225-233 Volume 1 Nomor 1 Tahun. Indonesian Journal of Innovation Science and Knowledge, 225, 225–233.

Downloads

Published

2025-06-11