EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KENTENG 01
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.26008Keywords:
evaluasi, ekstrakurikuler, Pramuka, model CIPP, sekolah dasar.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar Negeri Kenteng 01 Kabupaten Semarang, dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan Pramuka di sekolah tersebut telah berjalan cukup baik, meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam aspek proses dan input. Kesimpulannya, kegiatan Pramuka memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter siswa, namun perlu peningkatan pada sarana dan pelatihan pembinaDownloads
References
Afdal, A., & Widodo, H. (2020). Analisis Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Di Sd Negeri 004 Samarinda Utara Tahun 2019. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 68-81.
Ambri, S. (2017). PRAMUKA EKSTRAKURIKULER WAJIB DI SEKOLAH. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 13(2), 16–21. https://doi.org/10.24114/jik.v13i2.6090
Arifandi, A. S. D. (2020). Evaluasi Kinerja Guru. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 106-119.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Edisi ke-2, Cet. ke-5). Jakarta: Bumi Aksara.
Damayanti, W. R., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Evaluasi Program Ekstrakurikuler di SDN Candirejo Kabupaten Semarang. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 59-69.
Desfriyati, D., Kholillah, M. K., Aini, N. Q., & Lestari, R. (2024). Analisis Hambatan Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Sekolah Dasar Di Kabupaten Bandung. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(1), 123-131.
Devi, A. S., Hotimah, K., Sakha, R., Karimullah, A., & Anshori, M. I. (2022). Mewawancarai kandidat: Strategi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas. MASMAN: Master Manajemen, 2 (2), 66-78. https://doi.org/10.59603/masman.v2i2
Fadlan, N., MH, M. W., & Sudrajat, A. (2023). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa (Studi Kasus Pada Madrasah Tsanawiyah Darunnajah-Jakarta). Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(3), 1136-1144.
Faizin, K. (2020). Analisis Penggunaan Metode Penelitian Evaluasi Pada Penelitian Bahasa Arab Model Pengembangan. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 39-53.
Fibrianto, A. S., & Bakhri, S. (2017). Pelaksanaan aktivitas ekstrakurikuler paskibra (pasukan pengibar bendera) dalam pembentukkan karakter, moral dan sikap nasionalisme siswa sma negeri 3 surakarta. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 75-93.
Haris Herdiansyah, Wawancara Observasi dan Focus Groups (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015), 31
Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-taqaddum, 8(1), 21-46.
Hasanah, T., & Kartika, A. (2024). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Muhadharah dengan Model CIPP pada Tahap Konteks dan Input di SMP Riadul Fallah Bogor. Jurnal Sahid Da’watii, 3(2), 12–18. http://jurnal-inais.id/index.php/JurnalSD
II, B. A. Ekstrakurikuler 1. Pengertian Ekstrakurikuler Jurnalis (Al-Mukasyafah). TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Oleh: NUHA AJAMI NPM. 1501010283, 11.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
Muharika, D. (2019). Metodologi penelitian evaluasi program. Alfabeta.
Nasa, N. (2023). Evaluasi Implementasi Program Ekstrakurikuler Pramuka di SDN Poris Pelawad 3 Kota Tangerang Banten. Jurnal Syntax Transformation, 4(5), 59-73.
Nasihi, A., & Hapsari, T. A. R. (2022). Monitoring dan evaluasi kebijakan pendidikan. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 1(1), 77-88.
Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Triangulasi Data dalam Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826–833. https://doi.org/10.5281/zenodo.13929272
Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014.pdf - JDIH Kemdikbud
Pratiwi, S. I., Kristen, U., Salatiga, K., & Tengah, J. (2020). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa sd. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62-70.
Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek. (2023, Oktober 12). Profil SD Negeri Kenteng 01. Diakses pada 8 Mei 2025, dari https://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=20320140
Ramdhoni, S. (2019). Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam meningkatkan karakter siswa. Edulead: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 71–82. https://doi.org/10.24176/edulead.v1i1.713
Rusadi, A. A. P., Baiduri, B., & Regina, B. D. (2019). Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler Kepramukaan di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 91-99.
Sadiah, T. L., & DS, Y. N. (2022). Evaluasi Program Ekstrakulikuler di Sekolah MI Ar-Rahmah. P2M STKIP Siliwangi, 9(2), 155-160.
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.
Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2007). Evaluation Theory, Models, and Applications. San Francisco: Jossey-Bass.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suratman, S., Muttaqin, M. F., & Fitriyani, F. N. (2024). Internalisasi Nilai Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 57-66.
Toriqularif, M. (2019). Penelitian evaluasi pendidikan. Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 66-76.
UPTD SPF SD Negeri Kenteng 01 (2024/2025), Kurikulum satuan pendidikan SD Negeri Kenteng 01, 11.
Uswatun Khasanah, Pengantar Mikroteaching, (Yogyakarta : CV Budi Utama, 2020). Hal 25
Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka pengembangan nilai-nilai karakter siswa untuk menjadi warga negara yang baik di SMA KORPRI Banjarmasin. Jurnal pendidikan kewarganegaraan, 6(11).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.