EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBIAYAAN SEKOLAH DALAM PENGGUNAAN DANA BOS DI SDN BABAKAN TANJUNG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25981Keywords:
Manajemen Pembiayaan, Dana BOS, Efektivitas, POAC, Sekolah DasarAbstract
Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang efektif dan akuntabel menjadi tantangan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar. Permasalahan yang sering muncul di lapangan antara lain keterlambatan penyaluran dana, rendahnya literasi keuangan pengelola, serta belum optimalnya penggunaan dana sesuai kebutuhan prioritas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas manajemen pembiayaan sekolah dalam penggunaan dana BOS di SDN Babakan Tanjung dengan menggunakan pendekatan POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penggunaan dana BOS dilakukan secara partisipatif melalui penyusunan RKAS berbasis kebutuhan, namun masih menghadapi kendala pada pemahaman teknis. Pengorganisasian telah melibatkan pembagian tugas yang jelas dalam tim BOS, meskipun masih terbatas pada pelatihan teknis. Pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai rencana namun terhambat oleh keterlambatan pencairan dana dan beban kerja guru. Pengawasan dilaksanakan secara internal dan eksternal, namun penggunaan teknologi informasi dan kompetensi SDM masih menjadi hambatan. Secara keseluruhan, efektivitas pengelolaan dana BOS sangat ditentukan oleh kapasitas manajerial sekolah dalam menerapkan prinsip POAC secara konsisten. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan teknis, optimalisasi sistem digital, dan peningkatan kolaborasi antar pemangku kepentingan.Downloads
References
Arwildayanto, Zubaidah, & Djam’an. (2017). Manajemen Pendidikan dalam Teori dan Praktik. Prenada Media.
Arwildayanto, N., Lamatenggo, N., & Sumar, W. T. (2017). Manajemen keuangan dan pembiayaan pendidikan. Bandung: Widyapadjadjaran.
Brimley, V., Verstegen, D. A., & Garfield, R. R. (2015). Financing education in a climate of change (11th ed.). Pearson.
Callahan, K. R., Stetz, G. S., & Brooks, L. M. (2007). Project management accounting: Budgeting, tracking, and reporting costs and profitability. John Wiley & Sons.
Fattah, N. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
ICW. (2023). Laporan Tahunan: Evaluasi Pengelolaan Dana BOS. Indonesia Corruption Watch.
Kemendikbudristek. (2023). Laman Resmi BOS Kemdikbud. https://bos.kemdikbud.go.id
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022). Permendikbud Nomor 63 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Samiyah. (2015). Evaluasi pengawasan dana BOS pada sekolah dasar. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 10(1), 22–30.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
UNESCO. (2021). Education finance watch 2021. Paris: UNESCO Publishing.
Yin, R. K. (2014). Case study research: Design and methods (5th ed.). SAGE Publications.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.