I IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA PADA ANYAMAN BAMBU: UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI GEOMETRI BANGUN DATAR

Authors

  • Asti Fuji Astuti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra, Sukabumi, Indonesia
  • Rinaldi Yusup Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra, Sukabumi, Indonesia
  • Samsul Fahmi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra, Sukabumi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25954

Keywords:

Bamboo Weaving, Ethnomathematics, Geometry, Learning Outcomes

Abstract

Rendahnya hasil belajar geometri peserta didik kelas V SDN 4 Cisande disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang masih bersifat abstrak serta minimnya media konkret yang kontekstual. Kesenjangan antara konsep matematika dengan pengalaman nyata membuat peserta didik kesulitan memahami materi seperti keliling, luas, dan simetri bangun datar. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan pembelajaran berbasis etnomatematika menggunakan media anyaman bambu sebagai upaya peningkatan hasil belajar geometri bangun datar dan menganalisis pengaruhnya terhadap pemahaman peserta didik. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 4 Cisande sebanyak 32 orang yang mengikuti seluruh tahapan mulai dari pra-siklus hingga siklus II. Instrumen yang digunakan meliputi tes uraian, lembar observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan melihat perubahan skor rata-rata, persentase ketuntasan klasikal, dan distribusi kategori capaian belajar. Hasil menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 22,50 menjadi 70,63, dan ketuntasan klasikal meningkat dari 0% menjadi 75%. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan pembelajaran berbasis etnomatematika dengan media anyaman bambu tidak hanya memfasilitasi pemahaman konsep secara lebih konkret, tetapi juga memberikan dampak nyata terhadap peningkatan hasil belajar geometri bangun datar peserta didik secara signifikan, baik dari segi capaian individu maupun ketuntasan klasikal yang sebelumnya sangat rendah menjadi memenuhi kriteria keberhasilan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives: Complete edition. Addison Wesley Longman, Inc.

Creswell, J. W. (2015). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Pearson.

d'Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.

Dwianjani, N. K. V., Astawa, I. W. P., & Sukajaya, I. N. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada materi BRSD berorientasi etnomatematika untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 69–80.

Hiele, P. M. V. (1986). Structure and insight: A theory of mathematics education.

Kristiamita, A., Maharani, P. A., Astuti, E. P., & Tamur, M. (2022). Eksplorasi etnomatematika kerajinan anyaman bambu sebagai sumber belajar matematika pada materi geometri di Dusun Malangan, Sumberagung, Moyudan, Sleman. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning, 6(3), 265–276.

Kuantitatif, P. P. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., Kelly, D. L., & Fishbein, B. (2020, December). TIMSS 2019 international results in mathematics and science.

Pahmi, S., Priatna, N., Dahlan, J. A., & Muchyidin, A. (2022). Implementation of project-based learning using the context of Batik art in elementary mathematics learning. Jurnal Elemen, 8(2), 373–390.

Piaget, J., & Cook, M. (1952). The origins of intelligence in children (Vol. 8, No. 5). New York: International Universities Press.

Ratnawati, E. (2022). Pengaruh metode pembelajaran kooperatif bernuansa etnomatematika terhadap hasil belajar peserta didik dalam materi geometri ruang. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 60–71.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: The cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática: Perspectivas Socioculturales de la Educación Matemática, 4(2), 32–54.

Saubaki, E. A., Leton, S. I., & Aleksius, M. (2024). Penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis etnomatematika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 475–486.

Taimina, D., & Henderson, D. (2005). Experiencing geometry: Euclidean and non-Euclidean with history.

Van de Walle, J. A., Karp, K. S., & Bay-Williams, J. M. (2016). Elementary and middle school mathematics. London: Pearson Education UK.

Wurdani, W. P. A. K., & Budiarto, M. T. (2021). Etnomatematika usaha kerajinan anyaman rotan masyarakat Gresik dalam perspektif literasi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 94–105.

Downloads

Published

2025-06-06