PERAN CAMERAMAN DALAM MEMPRODUKSI FOTO DAN VIDEO DI PRODUCTION HOUSE BUKA PROJECT

Authors

  • FERDI MAULANA FERDI Institut Pertanian Bogor
  • Andriyono Kilat Adhi Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25953

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran cameraman dalam memproduksi foto dan video di Production House Buka Project. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, serta mengacu pada teori proses produksi media oleh Gerrald Millerson yang menekankan tiga tahap utama dalam produksi media: pra-produksi, produksi dan pascaproduksi. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan tim produksi di Buka Project. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cameraman memainkan peran krusial dalam setiap tahapan produksi. Penelitian juga mengidentifikasi berbagai tantangan dalam proses produksi. Temuan ini mempekuat penerapan teori proses produksi media dalam konteks media sosial.            

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. AIN Palangka Raya.

Al Jufri, M. (2023). Proses Produksi Pembuatan Video Cinematography Wedding Di Studio Ivory Photography Pekanbaru. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim: Riau.

Fadhallah, R.A. (2021). Wawancara Jakarta Timur: UNJ Press.

Hendy Tannady. (2017) Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Expert.

Helaluddin, & Hengki W., (2019), Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik.

Indrawan, M. A., et.al. (2024). Penguatan Konten Instagram Sebagai Media Promosi Bisnis Foto Prewedding di Dinarastika Films. Jurnal Fotografi, Institut Seni Indonesia Denpasar. Vol 3, No.1.

Millerson G, Jim Owens. 2009. Televison Production. London: Focal Press.

Mustopa, A. B., & Irawan, R. E., (2023). Peran Camera Person Dalam Pembuatan Program Feature “Backstage” Episode “di Balik Layar Kesenian Teater” Journal of Communication Empowerment. STIKOM InterStudi. Vol 5, No.2.

Nanda, R. D., & Arya, D. (2022). Peran Kameramen Dalam Pembuatan Karya Dokumenter Berjudul “Terbawa”. Journal of Communication Empowerment. STIKOM Interstudi. Vol 4, No.2.

Patmawati, et.al. (2024). Pengaruh Penggunaan Fotografi dan Videografi Terhadap Penyebaran Informasi Melalui Instagram Di Tembilahan. Jurnal Analisis Manajemen. Universitas Islam Indragiri. Vol. 10, No.1.

Sekaran, Uma. (2011). Research Methods For Business (Metode Penelitian Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.

Thifalia N, Susanti S. (2021). Produksi Konten Visual dan Audiovisual Media Sosial Lembaga Sensor Film. Jurnal Common. 5(3):39-55.

Yasin, M., Garancang, S., & Hamzah, A. A., (2024). Metode dan Instrumen Pengumpulan Data (Kualitatif dan Kuantitatif). Journal of International Multidisciplinary Research. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Downloads

Published

2025-06-07