PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SD NEGERI 1 LUBUK MAKMUR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25952Keywords:
Keywords: Development, interactive video with a demonstration approach, PancasilaAbstract
This study aims to produce interactive learning video products with a demonstration approach on Pancasila education subjects that meet the criteria of valid, practical, and effective. The type of research used is Research and Development development research. The researcher used the 4D development model (Define, Design, Development, Disseminate). The subjects of this study were grade III students of SD Negeri 1 Lubuk Makmur, OKI. The results of several experts stated that the product developed by the researcher was declared very valid, obtaining an average value of 91%, with this the product the researcher made was worthy of use in research, from the results of the questionnaire responses of grade III students, namely at the one-two-one stage, the small group stage, and teacher responses obtained an average score of 90% very practical. The results of the potential effect, the results of the pretest score obtained a percentage score of 63.48% with high criteria, while the results of the posttest obtained a percentage score of 89.46% very high.Downloads
References
Abrar, A. I. (2022). Model Pembelajaran E-Split Cassroom untuk Melatih Keterampilan BerpikirTingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Aisyah, A., Zuliana, F., Aminah, S., & Ananda, R. (2023). Analisis Kompetensi Guru Wali Kelas Terhadap Penggunaan Media Audio Visual Pembelajaran SD. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 709-718.
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 54-72.
Amran, A. (2022). Pendidikan Pancasilah di Perguruan Tinggi. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Andes, D., Hanifah, N., & Syahid, A. A. (2024). Pengembangan Medua Voice E-Book sebagai Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila. IDEGURU: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 540-547.
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5313-5327.
Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 671-680.
Astuti, Endang Puji. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 671-680.
Astuti, S. (2020). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dan Power Point Dalam Mata Pelajaran TIK Kelas VII Di SMP Negeri 1 Gurah. SEEDS: Science, Enginering, Aducation, and Development Studies.
Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Biassari, I., & Putri, K. E. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional dan Pembelajaran), 62-74.
Bila, N. S., Wahyuni, F. D., & Nurgiansah, T. H. (2023). Peran Penting Civics: Pendidikan Ilmu Kewarganegaraan di Era Masyarakat Digital. Jurnal Kewarganegaraan, 1-12.
Boiliu, F. M., & Purba, S. Y. (2024). Pendekatan Demonstrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Shema.
Dewinta, N. K., Raksun, A., & Budiman, M. A. (2024). Implementasi Media Video Interaktif pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN 45 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2235-2241.
Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3799-3813.
Fahri, M. U. (2020). Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran. Preprints.
Fatikasari, R., Matius, B., & Junus, M. (2020). Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Simulasi PhET Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Anggana Materi Fluida Statis. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 65-72.
Febriyanti, N. (2021). Implementasi konsep pendidikan menurut ki hajar dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1631-1637.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1104-1113.
Hasibuan, D. (2022). Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran. Hibrul Ulama, 1-10.
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-media pembelajaran efektif dalam membantu pembelajaran matematika jarak jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 59-69.
Hidayat, D. N., Nugraha, R. G., & Ali, E. Y. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Multimedia menggunakan Canva pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 SDN Sukamaju. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1511-1518.
Hoerudin, C. W. (2023). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 B. IPPEN: Jurnal Ilmu Pendidikan, 52-64.
Ismail, M. I. (2020). Teknologi pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher.
Isnaini, S. N., Firman, & Desyandri. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 42-51.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Prenada Media.
Lestari, N. D., & Pratiwi, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran Ekonomi berbasis Capcut di SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Dunia Pendidikan, 231-242.
Maharuli, F. M., & Zulherman. (2021). Analisis penggunaan media pembelajaran dalam muatan pelajaran ipa di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 265-271.
Mansyur, M. (2021). Manajemen perpustakaan dan signifikansinya bagi peningkatan mutu pembelajaran di sekolah/madrasah. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 12-30.
Marifah, S., & Amaliyah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7563-7572.
Marliani, L. P. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 125-133.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 167-175.
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 173-179.
Mevia, S. M., Murjainah, & Ayurachmawati, P. (2022). Pengembangan Digital Scrapbook Berbantuan Aplikasi Canva untuk Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 169-183.
Muhammad, H., Murtinugraha, R. E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis Moodle pada mata kuliah metodologi penelitian. Jurnal Pensil: Pendidikan teknik Sipil, 54-60.
Munir, M., & Sholehah, H. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal AL-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 28-32.
Mustamiin, M. Z. (2021). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN. Journal Scientific of Mandalika.
Muthmainnah, Fatmawati, M. K., Zamista, A. A., Rahmi, H., Narpila, S. D., Nasution, I. W., et al. (2022). Pemanfaatan dan Pengembangan Media Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.
Norma. (2021). Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui media video pembelajaran pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 101-115.
Nurfadahillah, S. (2021). Nurfadhillah, Septy. MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Tangerang: CV Jejak (Jejak Publisher).
Nurhandayani, E. F., Mulyono, D., & Yanto, Y. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Materi Barisan dan Deret Dengan Pendektan Problem Based Learning (PBL). Judika Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 126-137.
Pamungkas, W. A., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 346-354.
Pratama, R. A. (2022). Monograft Game Android "Menalar" Berbasis Adobe Animation CC. DKI Jakarta: PT. Scifintech Andrew Wijaya.
Pratama, Y. A., & Muftahid, H. (2020). Penerapan Media Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn. CITIZEN VOICE: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 85-93.
Priyono, & Hasyim, A. W. (2023). Riset Manjemen Sumber Daya Manusia. Malang: CV. Literasi nusantara Abadi.
Putri, A., & Fitri, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Video Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas X Tav Smk Negeri 5 Padang. JANGKA: Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti, 1-7.
Rahmah, N. N., & El-Yunusi, M. Y. (2024). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Minat Belajar Siswa Di Mi El-Rahmah Surabaya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6257-6262.
Rakasiwi, I., Safitri, S., Asmi, A. R., Syarifuddin, & Farida. (2020). Pengembangan media pembelajaran menggunakan digital scrapbook berbasis photoshop pada mata pelajaran sejarah di SMA N 6 Palembang. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Ramdani, P. (2021). Media Pembelajaran Animasi. Sukabumi: Fahmi Pustaka.
Rohmah, M. Y., Nuraini, N. L., & Linguistika, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pancakaran (Papan Pecahan Dan Kartu Soal) Dengan Penguatan Karater Rasa Ingin Tahu Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 139-158.
Rulyansah, A., & Wardana, L. A. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematikaberbasis kompetensi 4K Anies Baswedan dan multiple intelligences. Jurnal Basicedu, 1236-1245.
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. ISLAMIKA: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 123-133.
Samoiri, J. (2023). Kreativitas Guru Dan Orang Tua Dalam MeningkatkanMinat Belajar Anak Melalui Pendidikan Agama Kristen. Jutipa: Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama.
Samosir, R. C. (2024). Dampak Media Pembelajaran video pada Materi Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. HUMANTIS: Jurnal Humaniora, Sosial dan Bisnis, 365-369.
Serenata. (2020). Tutorial Dasar Membuat Video Pembelajaran.
Shafa, A. F., & Yunianta, T. N. (2022). Pengembangan video pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Geogebra materi program linear untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1127-1136.
Sinulingga, L. O., Nasution, M. H., & Batubara, B. M. (2019). Implementasi kebijakan pajak progresif bagi kendaraan bermotor. Perspektif, 19-23.
Sittati Musalamah, H. M. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis Moodle pada mata kuliah metodologi penelitian. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 4.
Wahyuningsih, S., Sundari, S., & Husnulwati, S. (2023).
Pembentukan Karateristik Siswa, Melalui Pengembangan Nilai Seni Budaya Sumatera Selatan, Mewujudkan Nilai-Nilai Pancasila Kearah Pembentukan Sikap Nasionalisme. Jurnal Education And Development, 11(3), 294-304.
Suciati, I. (2022). Media Pembelajaran Matematika. Gowa: CV. Ruang tentor.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhendi. (2022). Multimedia interaktif menggunakan unity 2D. Jakarta: Nurul Fikri Press.
Sulaeman, D., Yusuf, R. N., Damayanti, W. K., & Arifudin, O. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 71-77.
Sulfemi, W. (2020). Penggunaan Metode Demonstrasi Dan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Sumantri, M., Marini, A., & Arita, M. H. (2023). Media Pembelajaran Kompherensif. Tangerang: CV. Graha Edu.
Suryadi, A. (2020). Teknologi dan media pembelajaran. Bojong Genteng: CV Jejak.
Sujarweni, V.W. (2024). Mtode Penelitian Kualitatfi dan Kuantitatif Simpel dan Praktis. Jogyakarta: Pustaka Baru.
Ulfah, A. (2022). Ragam Analisis dan Penelitian. Pamekasan: IAIN Madura Press.
Usman, H., & Akbar, P. S. (2022). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Vadilla, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Model Discovery Learning Pada materi termokimia untuk mengukur keterampilan sains peserta didik. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 152-161.
Wicaksana, E. (2020). Efektifitas pembelajaran menggunakan moodle terhadap motivasi dan minat bakat peserta didik di tengah pandemi covid-19. Edu Teach: Jurnal Edukasi dan teknologi Pembelajaran, 117-124.
Widiya, A. W., Oktaviana, V., & Utari, A. D. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Interaktif sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Jendela Pendidikan, 293-299.
Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi perencanaan pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 16-35.
Wulandari, E., Faturrohman, H., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Ningsih, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas II SDIT Insan Mulia Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1415-1424.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran guru dalam pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Fondatia, 41-47.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 91-100.
Yuniastuti, M., & Khoiron, M. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial. Surabaya: Scorpindo Media Pustaka.
Yuniati, I., Suyuthi, H., & Hakim, M. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Media Youtube Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA IT Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.